Kenapa memilih PKN STANAda banyak pilihan ketika kita lulus Sekolah Menengah Atas atau sederajat. Mulai dari mendaftar di Universitas Negeri, Universitas Swasta, Perguruan Tinggi Kedinasan, Polisi, TNI, ataupun pilihan laiinya. Nah sangat penting untuk dipertimbangkan apa alasan kita memilih salah satu dari banyak pilihan di atas. Kita harus benar-benar tahu keunggulan dari masing-masing pilihan agar tidak menyesal di kemudian hari.

Salah satu pilihan yang paling diminati oleh lulusan SMA/sederajat adalah PKN STAN. Statistik tahun 2016 menunjukkan bahwa Politeknik Keuangan Negara STAN merupakan perguruan tinggi kedinasan yang paling diminati.

No. Instansi/Sekolah Ikatan Dinas Jumlah pendaftar Kuota
1. Kementerian Keuangan (PKN STAN) 116.339 3650
2. Lembaga Sandi Negara (STSN) 3.952 80
3. Badan Metereologi, Krimatologi, dan Geofisika (STMKG) 6.682 250
4. Kementerian Dalam Negeri (IPDN) 16.884 900
5. Kementerian Hukum dan HAM (AIM dan POLTEKIP) 7.573 260
6. Kementerian Perhubungan (STTD) 1. 2.779 300
7. Badan Pusat Statistik (STIS) 12.648 500

Lalu jika dibanding dengan pendaftar Perguruan tinggi sebanyak 721.314. Namun mereka memiliki pilihan sebanyak 78 Universitas dengan kuota penerimaan sebanyak 99.223. Jadi peluang kuliah di Perguruan Tinggi Negeri sebanyak 13,75% sedangkan peluang kuliah di PKN STAN sebanyak 3,24%.

Pertanyaan terbesar dari fakta tersebut adalah kenapa ratusan ribu lulusan SMA/Sederajat memilih STAN?

Berikut alasannya:

  1. Masih Ikatan Dinas
    Sangat banyak diluar sana yang percaya bahwa PKN STAN sudah tidak ikatan dinas. Kabar palsu ini sudah sejak 2009 beredar dan sampai saat ini belum terbukti kebenarannya. Poiteknik Keuangan Negara masih ikatan dinas dan ini merupakan alasan terkuat bagi para lulusan SMA/Sederajat karena kita tahu sendiri jumlah pengangguran lulusan S1 di Indonesia masih sangat tinggi.
  2. Gratis Biaya Kuliah
    Asalan Kenapa Memilih PKN STANAlasan lain kenapa pilih PKN STAN yaitu karena seluruh biaya kuliah baik itu uang pangkal, uang gedung, biaya spp, bahkan kegiatan kampus seperti ospek, dan outbond kampus dibiayai oleh negara. Jadi kita hanya perlu mengeluarkan biaya untuk kos dan kebutuhan sehari-hari saja.
  3. Gratis Alat Tulis dan Modul serta dipinjami Buku Kuliah
    Selanjutnya, asalan kenapa pilih PKN STAN tidak hanya biaya kuliah, PKN STAN juga menyediakan ATK bagi seluruh mahasiswa PKN STAN baik itu DI maupun DIII. Pada tahun akademik 2015/2016 besaran biaya ATK yang dianggarkan berjumlah Rp350.000,- per mahasiswa.
  4. Fasilitas Kuliah Sangat bagus
    9 Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah di STANAlasan selanjutnya kenapa pilih PKN STAN adalah karena Fasilitas perkuliahan dari meja kursi, kondisi gedung, lab komputer, hingga taman sekalipun terawat dengan baik. Menjadikan kita lebih nyaman dalam menjalani perkuliahan dan pastinya semua penunjang yang diperlukan untuk kegiatan perkuliahan dari Infocus/proyektor, laptop/komputer, hingga pointer sudah disediakan oleh pihak kampus.
  5. Lulus Langsung Kerja (PNS)
    Ketika lulus PKN STAN nanti, secara otomatis kita akan menyandang gelar CPNS. Ini merupakan alasan kenapa pilih PKN STAN yang sangat penting dimana kita tahu bahwa ketika kita lulus S1 di Universitas Negeri terkenal sekalipun belum menjamin kita ketika lulus nanti akan langsung kerja. Tentunya setelah ada pemanggilan dari pihak PKN STAN yang jangka waktunya sangat cepat.
  6. Gaji Sangat Tinggi
    Gaji lulusan PKN STAN merupakan salah satu gaji PNS tertinggi se-Indonesia. Itu karena Lulusan PKN STAN akan ditempatkan di bawah Kementerian Keuangan dimana standar gajinya hingga 3X lipat PNS biasa.
  7. Lulus Kuliahnya Cepat
    Alasan lainnya kenapa pilih PKN STAN karena cuma 1 tahun bisa langsung memiliki penghasilan bulanan yang tetap dan besar, dimana teman-teman kita yang lain masih baru menyelesaikan semester II. Atau mungkin bagi yang diterima DIII, cukup 3 tahun menjalani kuliah dan bisa langsung kerja. Tidak perlu melamar kesana kemari, tidak perlu lama-lama menunggu panggilan yang belum pasti, tidak perlu menjalani masa percobaan sebagai pegawai kontrak yang tidak jelas apakah akan bekerja terus ataukah hanya sementara, pokoknya untuk banget deh bisa kuliah di PKN STAN.
  8. Jadi Anak Kebanggaan Orang Tua
    Gimana gak bangga punya anak kuliah di PKN STAN. Dari seratus ribu pendaftar hanya beberapa ribu yang lolos kan keren. Belum lagi setelah lulus, dengan gaji yang sangat tinggi kta bisa membantu orang tua kita. Membelikan mereka barang-barang yang mereka inginkan. Walaupun sebenarnya mereka bisa membelinya sendiri, akan jauh lebih mengharukan apabila barang-barang tersebut dibelikan oleh hasil jerih payah anak mereka yang sudah sukses.
  9. Calon Menantu Idaman
    Alasan Memilih Kuliah di STANNih salah satu alasan yang gak kalah penting kenapa pilih PKN STAN. Sering sekali ketika kita main ke rumah teman cewek (bagi yang cowok) dan sebaliknya, kita ditanya mengenai tempat kita sekarang menjalani pendidikan. "Kuliah dimana dek?", Kata orang tua teman. Kalo kita anak STAN pasti akan menjawab dengan PDnya, "Di STAN Tante/Om." Siapa yang gak bangga punya calon menantu anak STAN?