» » PERJUANGAN SATU KURSI

PERJUANGAN SATU KURSI

diterbitkan pada Artikel, Kisah-Kisah Inspiratif | 0

Biaya Pendidikan di STAN

Apakah masuk PKN STAN harus pintar dulu? Kata Siapa? Saya yang hanya orang biasa seperti ini saja bisa masuk PKN STAN. Yang pasti dibutuhkan untuk masuk ke PKN STAN adalah sebuah usaha keras dan juga taatnya berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Jaminan kerja setelah lulus kuliah, apalagi biaya pendidikan di STAN gratis, membuat orang berlomba untuk masuk kesana. Pengorbanan yang tak sedikit harus dilakukan agar semuanya tercapai.

biaya pendidikan di STAN

 

Tahapan Tes yang Harus Dilalui

H-1, saya harus melakukan survei ke tempat Ujian dilaksanakan agar mengetahui seluk beluk jalan yang saya akan lewati besok. Dan mengukur waktu yang diperlukan untuk melakukan perjalanan dari rumah ke tempat tes USM PKN STAN.  Hari Minggu, hari yang ditunggu-tunggu ratusan ribu orang untuk mengikuti tes USM PKN STA yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Mengingat biaya pendidikan di STAN yang gratis tentu saja menarik minat banyak lulusan SMA.

Saya awali hari itu dengan bangun lebih awal dari biasanya, dari jam 5 menjadi jam 4. Agar badan dan otak lebih siap menghadapi tes USM PKN STAN. Tes dilaksanakan jam 07.30 WIB, jadi saya harus berangkat dari rumah sekitar jam 06.30 WIB karena jauhnya jarak tempat tes dengan rumah saya. Tak lupa meminta doa restu Ibu sebelum berangkat agar mendapat berkah saat mengerjakan soal. Waktu menunjukkan jam 07.30 WIB, semua peserta tes dipersilahkan memasuki ruangan ujian untuk mengisi biodata hingga jam 08.00 WIB. Setelah jam 08.00 WIB barulah dipersilahkan oleh pengawas ujian agar mulai mengerjakan soal-soal USM PKN STAN tersebut. Kita semua harus bertarung dengan waktu, karena jika dilogika kita hanya punya sedikit waktu untuk mengerjakan semua soal yang ada. Alhamdulillah saat itu saya paling tidak bisa mengerjakan sekitar 50% soal. Itu merupakan prestasi tersendiri bagi saya yang hanya orang biasa dan tidak pintar. Hanya saja yang membuat saya kewalahan adalah soal dari mata pelajaran Bahasa inggris, karena saya hanya mengerti sedikit dan tak bisa berbuat banyak. Akhirnya saya mau tidak mau berserah kepada Tuhan, dengan mengerjakan semua soal dan berharap sebuah keajaiban terjadi. Setelah Tes berakhir yang saya lakukan hanya berdoa dan berdoa.

Hari pengumuman telah tiba, saat itu saya rela untuk tidur lebih malam dari biasanya agar bisa melihat langsung pengumumannya. Saya baru bisa membuka situs tersebut jam 00.45 WIB, tapi itu juga masih agak susah untuk masuk. Saya terkejut sekaligus gembira ketika nama saya tercantum di pengumuman tersebut.

Seperti biasa, H-1 tes kedua pun saya melakukan survei tempat agar tidak salah jalan dan bisa memprediksi lamanya saya melakukan perjalanan nantinya. Hari melaksanakan tes kesehatan dan kebugaran,wajib bagi saya untuk menambah motivasi agar bisa melaksanakan tes dengan semangat. Saya tidak pernah mengira bahwa saya akan melakukan tes kebugaran pada tengah hari. Tapi semua itu harus saya lewati demi bisa masuk menjadi mahasiswa di PKN STAN.

Tetap berdoa, itu yang saya lakukan sembari menunggu pengumuman kedua dari tes kesehatan dan kebugaran. Setelah pengumuman keluar dan saya mengecek nama saya ternyata muncul. Saya bersyukur dan merasa bahagia. Hari-hari berikutnya saya mempersiapkan materi dan soal-soal yang diperlukan untuk menghadapi tes ketiga sekaligus tes tahap terakhir USM PKN STAN, yaitu Tes Kemampuan Dasar (TKD). 

Saya tidak melakukan survei tempat pada H-1 karena pernah kesana ketika melakukan verifikasi berkas untuk melakukan pendaftaran. Tes Kemampuan Dasar dilakukan tepat pada saat Bulan Ramadhan sehingga saya yakin bahwa saya akan mendapatkan nasib baik karena saya melakukannya di bulan suci. Hampir sulit buat saya ketika harus berpikir sembari menahan lapar yang menyerang. Tetap mencoba fokus adalah pilihan saya, dan yang pasti adalah untuk berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dan ketika saya selesai dan mellihat nilainya, terkejut bukan kepalang. Nilai saya menyentuh angka 400.

Saat Pengumuman Kelulusan USM

Hari pengumuman, saya menunggu dari jam ke jam. Tetapi pengumuman harus diundur beberapa hari. Ketika saya hampir menyerah karena menunggu lamanya pengumuman, teman saya ada yang memberi kabar bahwa saya ternyata lolos USM PKN STAN. Saya sendiri tidak percaya dengan ucapan teman saya. Lalu saya putuskan untuk membuka pengumuman tersebut dan membacanya dengan mata kepala sendiri. Dan ternyata benar, saya lolos USM PKN STAN semua tahap, sehingga layak menjadi calon mahasiswa disana. Saya mendapatkan hadiah istimewa dari Tuhan Yang Maha Esa yaitu diterima prodi D-1 Pajak, Balai Diklat Keuangan Pontianak. Yang pasti saya bahagia apalagi biaya pendidikan di STAN sudah pasti gratis . Ketika saya menceritakan bahwa saya lolos USM PKN STAN, orang tua bahagia dan rela melepas saya merantau ke tanah orang agar bisa menjadi orang sukses nantinya. Tidak peduli bagaimanapun sulitnya pasti akan saya coba untuk menaklukannya. Tadi adalah sedikit dari pengalaman saya menjadi seorang pejuang yang memperjuangkan satu kursi di PKN STAN. Yang kelak akan memungkinkan untuk menjadikan saya orang sukses. Tak peduli kata orang ketika berkata bahwa saya hanya kuliah dengan prodi Diploma 1. Saya akan tetap fokus untuk menjalankan kewajiban saya sebagai mahasiswa. Menjadi mahasiswa yang baik, patuh, menjalankan perintah dan amanah dari atasan. Sekaligus untuk memenuhi kewajiban sebagai seorang anak yang harus membanggakan orang tua dan membuat mereka tersenyum atas prestasi yang saya dapat ini. Tak akan kubuat orang tua bersedih lagi terhadap kelakuan nakalku pada saat sekolah dulu.**

Cek di Instagram @bimbelbebas karena Banyak banget info terbaru dan tips n trick tentang PKN STAN loh! Tersedia juga program bimbel lengkap dan terjangkau. Go follow @bimbelbebas sekarang juga!

https://www.instagram.com/bimbelbebas/

Buat kamu yang BELUM gabung di grup pejuang STAN, yuk join di sini

http://bimbelbebas.com/join/

Kamu bisa saling berbagi informasi biaya pendidikan di STAN yang gratis dengan teman seperjuanganmu dari berbagai daerah. Juga ada informasi seputar STAN dan  link tryout yang akan diberikan setiap minggunya. Jangan sampai ketinggalan ya 🙂

Leave a Reply