» » PENEMPATAN LULUSAN STAN 2017

PENEMPATAN LULUSAN STAN 2017

diterbitkan pada Artikel, Berita Terbaru | 0

Hallo pejuang STANERS! Sesuai judulnya, post kali ini akan membahas penempatan lulusan PKN STAN tahun 2017. Ngomongin soal penempatan alumni PKN STAN, ada yang berbeda nih di tahun 2017 dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Jadi sebelum STAN bertansformasi menjadi PKN STAN, alumninya hanya ditempatkan di lingkungan Kementerian Keuangan, BPK, dan BPKP saja. Namun sejak berubah menjadi PKN STAN di tahun 2015, lulusannya sudah mulai menyebar ke K/L lainnya.

Jika di tahun 2016 hanya BPK, BPKP,  Kementerian Perhubungan dan Kemenko Perekonomian yang menampung alumni STAN di luar Kemenkeu, maka tahun 2017 lebih banyak lagi K/L lain yang akan menampung alumni PKN STAN.

Tercatat ada 10 (sepuluh) K/L di luar Kemenkeu yang diberikan keistimewaan menampung alumni PKN STAN. Yaitu BPK, BPKP, Kemenhub, Kemenhan, Kemenko Perekonomian, Kemenko Maritim, Kemenpan RB, Bappenas, Bekraf, bahkan BNN lho, keren ngga tuh. Lama-lama penempatan di KPK juga nih, whehe.

Di luar K/L itu semua, sebenarnya masih banyak K/L lainnya dan bahkan Pemerintah Daerah yang membutuhkan alumni PKN STAN sebagai pengelola keuangan, namun sementara ini belum dapat dipenuhi semua  karena Kemenkeu sendiri masih membutuhkan banyak lulusan PKN STAN. Jadi siapkah kamu jika nantinya ditempatkan di Pemerintah Daerah?

Lhoh kok Pemerintah Daerah, kak? Iya, karena Pemda juga membutuhkan pengelola keuangan yang andal. Hal ini memungkinkan juga jika dilihat dari alumni D3 Pajak yang sudah ditempatkan di DJPK (mengurusi perimbangan keuangan pemerintah pusat dan pemerintah daerah). Bahkan saat ini PKN STAN sudah memiliki kurikulum D1 Pajak konsentrasi Pajak dan Retribusi Daerah, meskipun belum dijalankan.

Selain itu juga dibukanya program D4 Akuntansi untuk lulusan SMA, diharapkan mereka dapat mengelola keuangan negara lebih baik. Apalagi dengn adanya Dana Desa, Pemerintah Daerah semakin membutuhkan SDM untuk pendampingan program ini. Lebih lagi jurusan manajemen keuangan yang mengerti seluk beluk penganggaran dan perbendaharaan. Terlepas dari itu semua, dimanapun alumni PKN STAN ditempatkan, tujuan utamanya hanya satu, yaitu menjadi punggawa keuangan negara yang andal.

Jadi, siapkah kamu menjadi bagian dari Politeknik Keuanga Negara STAN?

Jangan pernah lelah untuk tetap berlatih!

Kami tunggu di PKN STAN?!

Cek di Instagram @bimbelbebas karena banyak banget info terbaru dan tips n trick tentang PKN STAN loh! Tersedia juga program bimbel lengkap dan terjangkau. Go follow @bimbelbebas sekarang juga!

https://www.instagram.com/bimbelbebas/

Leave a Reply