» » PRODIP TERFAVORIT DI PMB PKN STAN 2017

PRODIP TERFAVORIT DI PMB PKN STAN 2017

diterbitkan pada Artikel, Berita Terbaru, Pengumuman PKN STAN | 0

Hallo adik-adik, ini hari terakhir pendaftaran PMB PKN STAN 2017 lho! Sudah pada daftar belum? Buruan daftar di http://panselnas.id kemudian lanjut ke http://pmb.pknstan.ac.id

Nah buat kalian yang sudah daftar dan sudah verifikasi berkas, pada postingan ini BIMBEL BEBAS akan membahas program diploma terfavorit di PMB PKN STAN 2017 berdasarkan pilihan prioritas pertama para pendaftar. Berikut grafiknya:

  1. Prodip3 PAJAK

Program diploma tiga pajak bertengger di urutan pertama dengan jumlah 38.266 pendaftar. Angka yang sangat fantastis untuk sekadar program diploma bila dibandingkan dengan program sarjana di PTN terfavorit pada SBMPTN. Wajar saja menjadi rebutan karena lulusan DIII Pajak nantinya akan ditempatkan pada Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Eselon satu paling kece di Kementerian Keuangan dengan take home pay –nya yang terkenal tinggi. Wih siapa yang ngga mau coba?

Selain di DJP, lulusan DIII Pajak juga ada yang ditempatkan di Sekretariat Jenderal (Setjen), BPPK, dan Kemenko Perekonomian. Namun hanya beberapa orang saja. Ada juga lulusan DIII Pajak yang memilih untuk keluar dari Kementerian Keuangan dan memilih untuk bekerja di perusahaan multinasional ataupun menjadi konsultan pajak. Terlepas dari itu semua kebanyakan lulusan DIII Pajak ditempatkan di DJP, jadi jangan khawatir.

  1. Prodip1 PAJAK

Di urutan kedua ada program diploma satu pajak nih. Masih saudaraan dengan kakaknya DIII Pajak, lulusan DI Pajak juga merupakan bakal calon pegawai di lingkungan DJP. Emang bedanya DIII Pajak dengan DI Pajak apa sih Kak? Nah buat kalian yang belum tau sini merapat. Jadi kalau DIII Pajak itu waktu kuliahnya enam semester (3 tahun) dan lulusannya bergelar A.Md. (ahli madya pajak), kalau DI Pajak cuma dua semester (1 tahun) dengan gelar A.P. (ahli pratama pajak).

Berarti materinya kuliahnya beda dong Kak? Nah kalau materi pada dasarnya sama, bedanya kalau DIII itu ada laboratorium pajaknya di setiap mata kuliah,  jadi lebih komprehensif dibandingkan DI Pajak. Misalnya mata kuliah pajak penghasilan (PPh), di DIII Pajak ada dan di DI Pajak juga ada. Tetapi untuk mata kuliah laboratorium pajak penghasilan (Lab PPh) hanya ada di DII Pajak. Setelah dua tahun bekerja, lulusan DI Pajak dapat meneruskan ke DIII Pajak kurikulum khusus untuk ‘mengejar’ materi yang belum dipelajarinya di DI Pajak, dan untuk mendapatkan gelar A.Md.-nya.

  1. Prodip4 AKUNTANSI

Wah suatu kebanggaan bagi para akunisti (sebutan untuk mahasiswa jurusan akuntansi PKN STAN) karena prodip baru mereka berhasil masuk urutan tiga terfavorit di PMB PKN STAN 2017, padahal ini adalah tahun pertama penerimaan langsung DIV. Yah jadi DIV Akuntansi baru pertama kali dibuka pada tahun ini. Sebelumnya DIV Akuntansi adalah program lanjutan setelah staners lulus dari DIII dan bekerja selama dua tahun. Jadi ini adalah suatu keistimewaan bagi kalian.

Lulusan DIV Akuntansi bergelar sarjana sains terapan (S.Tr.) dengan konsentrasi akuntansi pemerintahan. Program ini sangat dibutuhkan oleh berbagai instansi, baik pemerintahan pusat maupun pemerintah daerah (Pemda). Karena ini adalah tahun pertama dibuka DIV Akuntansi reguler jadi belum diketahui penempatan lulusannya. Tetapi kalau berkaca pada lulusan DIII Akuntansi yang sangat fleksibel, biasannya ditempatkan di seluruh eselon satu Kementerian Keuangan (Setjen, Itjen, BKF, BPPK, DJP, DJBC, DJPB, DJKN, DJA, DJPK, DJPPR), BPK, BPKP, Kemenko Perekonomian, Kemenhub, dan bahkan kabar dari MenpanRB lulusan STAN diharapkan dapat bekerja di Pemerintah Daerah. Keren kan!

Nah selain  tiga program diploma di atas, ada tujuh program diploma lain yang sangat banyak peminatnya. Ada Kepabeanan dan Cukai (DIII/DI) yang kece, Akuntansi (DIII) yang keren, Manajemen Keuangan (DIII/DI) yang TOP BGT , serta Penilai (DIII) yang ngga kalah bagusnya.

Nah cukup segitu saja yang BIMBEL BEBAS bagikan, kalau ada pertanyaan silahkan kontak kami.  Jangan lupa belajar tekun ya, minta doa restu orang tua. Untuk memperbesar peluang kalian diterima di PKN STAN ayo ikutan program intensif di BIMBEL BEBAS. Silahkan cek di sini!

Semoga kalian menjadi THE NEXT STANERS 2017!!! Amin

 

Leave a Reply