» » TIPS MEMILIH JURUSAN PKN STAN ….

TIPS MEMILIH JURUSAN PKN STAN ….

diterbitkan pada Artikel, Berita Terbaru, Tips dan Trik | 1
Gambar 1: Urutan Prioritas di BPO

Hallo adik-adik angkatan 2017!

Sebentar lagi pendaftaran USM PKN STAN dibuka lho!

Nah pada kesempatan kali ini Bimbel Bebas akan memberikan tips memilih jurusan PKN STAN buat kamu yang mau daftar ke Politeknik Keuangan Negara STAN.

Politeknik Keuangan Negara STAN memiliki 9 (sembilan) program diploma buat kalian lulusan SMA/sederajat, yaitu D3 Akuntansi, D3 Manajemen Aset, D3 Penilai, D3 Pajak, D1 Pajak, D3 Kepabeanan dan Cukai, D1 Kepabenan dan Cukai, D3 Kebendaharaan Negara, dan D1 Kebendaharaan Negara.

Berbeda dengan perguruan tinggi lainnya yang hanya memberikan pilihan terbatas kepada calon mahasiswanya, PKN STAN memberikan kesempatan bagi kalian untuk memilih semua program diploma yang ditawarkan (kecuali prodip bea cukai yang punya syarat khusus).

Wah kesempatan besar dong! Eitsss jangan senang dulu, kalian harus pandai-pandai dalam menentukan prioritas program diploma yang kalian pilih. Mengapa demikian? Karena setiap program diploma memiliki kuota yang berbeda-beda. Jadi di sini kalian dituntut mengatur strategi perang agar dapat diterima di PKN STAN.  Gimana cara mengatur strategi? Nah sebelum kalian memilih prioritas program diploma kalian harus tau tips memilih jurusan PKN STAN berikut;

1.PASSION

Tips memilih jurusan PKN STAN yang peratama adalah PASSION, Kenapa kamu harus tau passionmu? Jawabannya simpel, yaitu supaya dalam perkuliahan nanti kamu ngga akan ngerasa salah jurusan. Misalnya kamu yang suka berkutat dengan angka lebih cocok di akuntansi, yang jago hafalan lebih cocok di pajak atau manajemen keuangan (hukumnya anak STAN) yang jago fisika lebih cocok di penilai (tekniknya anak STAN), mantan anak paskibra yang pengen keliatan gagah pilih aja bea cukai. Intinya jurusan yang menurut kalian “ini aku banget” pilih di prioritas utama.

2.KUOTA

Misalnya kalian pengen banget masuk jurusan akuntansi, jadi kalian harus tau berapa banyak peminat di jurusan tersebut dan berapa kuota yang tersedia. Semakin banyak peminat dan semakin sedikit kuota yang ditawarkan maka kemungkinan diterima juga semakin kecil. Jadi pinter-pinter lihat peluang yaa.

Tapi sayangnya, saat pendaftaran dibuka tidak diketahui secara pasti berapa kuota per prodip yang ditawarkan. Trus gimana dong? Caranya adalah kalian lihat kuota di tahun sebelumnya, karena biasanya tidak akan berbeda jauh. Sebagai gambaran berikut adalah kelas yang dibuka di tahun 2016. (biasanya satu kelas berisi 25-40 mahasiswa)

Gambar 2: Kelas yang dibuka tahun 2016

3.KOTA

Nah ini juga penting tips memilih jurusan PKN STAN yang terakhir ini adalah tentang mental dan kenyamanan diri. Kalau kalian ngga mau keluar dari “zona nyaman” jangan pilih program diploma 1 di urutan pertama. Lho kenapa Kak? Karena program diploma 1 PKN STAN itu lokasi pendidikannya ngga cuma di kampus PKN STAN, tetapi juga di 11 (sebelas) Balai Diklat Keuangan (BDK) yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebaliknya, jika kalian suka berpetulang program diploma 1 cocok banget buat kalian. Misalnya jika kalian dititipkan di BDK Pontianak kalian akan tahu bagaimana budaya melayu yang ada di sana, kota cina di Singkawang, dan jalan-jalan keliling daerah Kalimantan Barat lainnya, bahkan murah juga kalo mau ke Kuching Malaysia (cuma 200ribuan tiketnya). Ada juga Yogyakarta, dimana kalian bisa explore budaya jawa Kota Jogja dan pantai-pantai indah di sekitar sana. Manado juga ada, bisa banget tuh kalo kalian mau ke liburan ke Raja Ampat, yah walaupun harus pakai pesawat sih, atau jalan-jalan ke pantai yang ngga kalah indah sama pantai selatan. Selain itu masih banyak BDK lainnya yang masing-masing daerahnya punya keunikan tersendiri.

Terlepas dari ketiga hal di atas, yang paling penting adalah persiapan USM PKN STAN kalian. Karena yang paling menentukan diterima/tidaknya kalian adalah hasil USM tersebut. Jadi tunggu apalagi? Ayo bergabung dengan BIMBEL BEBAS. Klik disini Untuk Program Bimbel PKN STAN, Dijamin meluluskan !

One Response

  1. wlowlo
    |

    gan, saya mau tanya. saya kan sudah keterima tes 1. tetapi saya berubah pikiran tidak mau memasuki jurusan pilihan 1. bisa nggak saya memilih masuk ke pilihan 2 atau 3?

Leave a Reply