PROGRAM STUDI ATAU JURUSAN POLITEKNIK KEUANGAN NEGARA STAN (PKN STAN)Program studi atau jurusan di Politeknik Keuangan Negara ada 6, yaitu Akuntansi, Pajak, Bea Cukai, Kebendaharaan Negara, Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai, dan Manajemen Aset. Setiap program studi atau jurusan memiliki kurikulum tersendiri dan mata kuliah yang dipelajari pun memiliki beberapa perbedaan.

Tidak seperti di Universitas Negeri, di PKN STAN tidak ada yang namanya passing grade atau program studi/jurusan unggulan. Semua program studi atau jurusan memiliki peluang yang sama karena sistem perhitungan nilai pada Ujian Saringan Masuk Politeknik Keuangan Negara STAN (USM PKN STAN) tidak menggunakan sistem passing grade. Perhitungan nilai pada Ujian Saringan Masuk Politeknik Keuangan Negara STAN (USM PKN STAN) menggunakan sistem skor atau poin yang akan dirangking secara nasional. Setelah perangkingan, maka pihak PKN STAN akan mengeluarkan pengumuman ujian tahap 1. Peserta yang dinyatakan lolos USM PKN STAN tahap 1 akan melanjutkan tes tahap 2. Apabila pada USM PKN STAN tahap 2 peserta tersebut juga lolos, maka peserta yang bersangkutan dapat melanjutkan tes terakhir yaitu Tes Kemampuan Dasar.

Setelah seluruh tahapan tes telah dijalani dan peserta yang bersangkutan lolos, maka PKN STAN berhak menentukan program studi atau jurusan mahasiswa yang bersangkutan sesuai dengan nilai di setiap tahapan tes dan juga pilihan dari peserta yang bersangkutan. Itulah sebabnya mengapa pilihan program studi atau jurusan yang perlu diisi pada proses pendaftaran USM PKN STAN berjumlah sembilan pilihan program studi atau jurusan dengan jumlah minimal pilihan program studi atau jurusan yang harus diisi sejumlah tujuh.