Soal-Soal PKN STAN 2016Tes tulis di Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) merupakan tahapan awal dari total tiga tahap ujian yang diadakan Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN). Dalam ujian tulis atau ujian tahap satu ini, calon peserta harus melakukan pendaftaran online di portal panseldikdin dan portal USM PKN STAN. Setelah melakukan pendaftaran online di dua portal tersebut, calon peserta akan mendapatkan BPO atau Bukti Peserta Online. Bukti Peserta Online atau BPO ini diperlukan untuk melakukan verifikasi berkas. Verifikasi berkas adalah tahapan pendaftaran dimana peserta datang ke kota lokasi USM PKN STAN yang telah dipilih untuk mendapatkan Bukti Peserta Ujian atau BPU dan juga untuk mengetahui dimana lokasi ujian peserta yang bersangkutan. Lokasi ujian peserta bisa saja berbeda-beda mengingat saking banyaknya peserta Ujian Saringan Masuk Politeknik Keuangan Negara STAN (USM PKN STAN).

Tes tulis USM PKN STAN sendiri diselenggarakan serentak se-Indonesia yang rata-rata peserta tiap tahunnya berkisar 100ribuan peserta. Peserta datang ke lokasi ujian pada pukul 08.00 WIB/09.00WITA/10.00WIT. Jika peserta terlambat, maka peserta tidak diperbolehkan mengikuti ujian. Setah seluruh peserta memasuki ruang ujian, panitia akan membacakan tata cara pengerjaan soal. Soal Ujian Saringan Masuk Politeknik Keuangan Negara STAN atau (USM PKN STAN) terdiri dari Tes Potensi Akademik atau TPA dan Tes Bahasa Inggris atau TBI.

Tes Potensi Akademik Ujian Saringan Masuk Politeknik Keuangan Negara STAN (TPA USM PKN STAN)

Tes Potensi Akademik Ujian Saringan Masuk Politeknik Keuangan Negara STAN (TPA USM PKN STAN) adalah tes yang terdiri dari:

  1. sinonim, antonim, serta analogi;
  2. kemampuan kuantitatif atau matematika;
  3. wacana atau paragraf;
  4. pola huruf;
  5. logika posisi;
  6. penarikan kesimpulan;
  7. dan logika gambar.

Tes Bahasa Inggris Ujian Saringan Masuk Politeknik Keuangan Negara STAN (TPA USM PKN STAN)

Tes Bahasa Inggris Ujian Saringan Masuk Politeknik Keuangan Negara STAN (TPA USM PKN STAN) adalah tes yang terdiri dari:

  1. structure;
  2. error recognition;
  3. cloze question;
  4. dan Reading.