Langkah Menghadapi Uji Kebugaran PKN STAN
Langkah Menghadapi Uji Kebugaran PKN STAN

 

PKN STAN . siapa yang tidak tahu tentang sekolah tinggi kedinasan yang satu ini ? banyak dari lulusan SMA, SMK , maupun pesantren mengidam – idamkan untuk dapat masuk dan menjadi mahasiswa PKN STAN .untuk dapat menjadi masasiswa PKN STAN kita harus lolos pada ujian saringan masuknya (USM PKN STAN). Pada USM PKN STAN tahun 2015 kemarin terdapat beberapa tes . Langkah Menghadapi Uji Kebugaran PKN STAN yaitu:

  • Tes tertulis
  • Tes kesehatan dan kebugaran

Tes USM PKN STAN ini sendiri menggunakan sitem gugur pada setiap tesnya. Pada tes tertulis terdapat 2 bagian yaitu : Tes Potensi Akademik dan Tes Bahasa Inggris . terdapat 120 soal Potensi Akedemik dan 60 soal Bahasa Inggris , penilaian pada tes ini berbeda dari penilaian ujian pada umumnya , untuk jawaban benar akan diberikan point 4 , jawaban salah akan diberi poin -1, tidak menjawab diberi poin 0. Tidak hanya itu , pada tes tertulis ini diterapkan sistem nilai mati. Yaitu 1/3 dari jumlah soal pada sesi Potensi Akademik , dan Bahasa Inggris harus dijawab dengan benar. Artinya dalam Tes Potensi Akademik minimal terdapat 41 jawaban benar dan minimal 21 jawaban benar pada Tes Bahasa inggris . Pada tes tertulis inilah yang menggugurkan sebagian besar peserta USM PKN STAN.

Tetapi jangan dikira lulus tes tertulis adalah jaminan dapat menjadi mahasiswa PKN STAN . Kita harus melalui langkah menghadapi uji kebugaran PKN STAN terlebih dahulu. Langkah menghadapi uji kebugaran PKN STAN dilakukan dalam waktu satu hari. Peserta akan melakukan Tes kesehatan terlebih dahulu sebelum melakukan langkah menghadapi uji kebugaran pkn stan. Dari kedua Tes tersebut Tes Kebugaranlah yang banyak menggugurkan peserta. Tidak adanya pandangan tentang apa yang dilakukan pada langkah menghadapi uji kebugaran pkn stan, dan ketidaktahuan tentang Hal- hal apa saja yang masuk dalam penilaian saat Tes adalah hal yang sering menggagalkan peserta. Dalam artikel ini saya akan berbagi apa saja langkah – langkah untuk mengatasi Tes kebugaran .

Pada Tes Kebugaran tahun 2015 terdapat dua tes yaitu : Lari keliling lapangan selama 12 menit dan Lari angka 8.

Langkah Menghadapi Uji Kebugaran PKN STAN Pertama:

Pada langkah menghadapi uji kebugaran pkn stan kali ini , panjang lintasan / keliling lapangan pada setiap daerah tes berbeda – beda , keliling lapangan untuk Tes ini adalah 350 meter sampai 400 meter. Pada Tes berlari mengelilingi lapangan dalam 12 menit terdapat hal yang sangat penting untuk kita lakukan yaitu : selama 12 menit berlari , kita harus terus menjaga tempo kecepatan lari kita dan jangan sampai berjalan atau bahkan berhenti . Faktor terpenting dalam Tes ini adalah semangat dan tekad kita . Maka lebih baik bagi kita untuk melakukan lari kecil terlebih dahulu pada awal mula berlari dan naikkan temponya, dari lari kecil ke semakin cepat . Hal yang ikut menentukan adalah rasa percaya diri kita . dalam tes ini bila kita merasa gugup , jantung kita lebih banyak berdetak dan membuat tempo pernapasan kita tidak stabil ,hal ini paling riskan dan banyak terjadi pada awal memulai lari. Sehingga kita sudah kehabisan nafas sejak awal tes dan tidak dapat melanjutkanya dengan berlari lagi , maka Jangan pernah gugup ! , lakukanlah dengan tenang , aturlah pernapasan dengan sebaik mungkin .

Selain penilaian dari semangat kita , pengawas juga akan menilai kita dari jarak yang di tempuh . Memang belum benar – benar jelas tentang jarak minimal dalam tes ini , tetapi anggaplah jarak minimal yang harus ditempuh selama 12 menit adalah 5 kali putaran , maka berlatihlah dengan giat dan sungguh – sungguh .

Sering – seringlah berlari mengelilingi lapangan terutama pada saat fajar atau pagi hari . pakailah jam tangan atau stopwacth sehingga dapat mengetahui banyaknya putaran yang sudah dilakukan dalam 12 menit . usahakan minimal 6 putaran dalam 12 menit saat berlatih, agar badan kita terbiasa dan tidak tegang saat tes.

Perlu diketahui bahwa saat kita berlari ada urutan tentang kelelahan yang kita alami dalam berlari :

  • Bagian dari tubuh kita yang pertama kali mengalami kelelahan adalah kaki kita , tepatnya dari telapak kaki hingga ke lutut , otot kaki kita akan menegang dan jelas akan mengganggu pergerakan kita . untuk mengatasi masalah ini diperlukan latihan – latihan beberapa hari sebelumnya , setidaknya dalam 5 hari sebelum tes dilaksanakan , lakukanlah lari keliling lapangan pada saat pagi hari dalam 4 hari , dan pergunakanlah waktu di hari terakhir untuk relaksasi , beristirahat , dan menjaga tubuh agar benar – benar fit saat Tes lari nantinya. Untuk lebih baiknya kita banyak minum suplemen seperti madu dan obat herbal sehat lainya.
  • Kedua adalah pernafasan kita yaitu akan terasa sakit pada bagian diafragma kita saat kita berlari , hal ini dapat kita cegah dengan berlari secara tenang , tidak gugup , dan bernafas dengan tempo yang teratur . saat kita dalam kondisi berlari cobalah bernafas dengan mengambil oksigen dengan mulut dan mengeluarkan karbon dioksida melalui mulut pula . dengan bernapas melalui mulut memungkinkan kita untuk mengambil oksigen lebih banyak dan membuang karbon dioksida lebih banyak juga, jika kita bernapas saat berlari menggunakan hidung akan membuat otot – otot wajah mengencang dan rahang cenderung mengepal atau mengeras . sedangkan bernapas melalui mulut dapat mendorong otot – otot wajah untuk rileks sehingga menciptakan ketenangan dan lebi santai dalam berlari . Selain cara itu , kita juga harus mengambil napas pendekdan dangkal agar lebih mudah mengatur napas . dengan begitu setidaknya dapat memperlama ketahanan tubuh kita.
  • Ketiga adalah terjadi rasa pening atau pusing . hal ini terjadi karena disamping badan kita sudah kelelahan , kita juga sudah mengalami dehidrasi . maka dari itu sebelum kita memulai Tes pastikan bahwa kita sudah makan dan sudah minum dengan cukup. Tetapi jangan berlebihan ! berlari saat keadaan kembung / atau kekenyangan pasti akan mengganggu stabilitas tubuh kita. Untuk lebih amanya makanlah suplemen , madu , dan obat herbal lainnya pada jauh hari.

Langkah Menghadapi Uji Kebugaran PKN STAN Kedua:

Berlari angka 8 . Pada langkah menghadapi uji kebugaran pkn stan ini peserta akan di sediakan lintasan berupa 2 tiang yang jaraknya sekitar 20 - 40 meter yang sudah ditancapkan ke tanah . pengawas akan memberikan instruksi – intruksi untuk melakukan putaran angka 8 . intruksi yang biasanya diberikan adalah dengan berlari dari samping kanan tiang satu , menuju ke bagian kiri tiang dilakukan selama 3 putaran . Setelah memasuki putaran ke nomor 3 terakhir maka lakukanlah sprint secepatnya. Berbeda dengan lari keliling lapangan , dalam tes lari angka 8 tidak menghabiskan banyak tenaga . maka dari itu , kerahkanlah segala kemampuan pada tes lari 12 menit.

Perlu saya tekankan bahwa lolos tidaknya kita dalam ujian , sangat bergantung pada ketentuan Tuhan ( Allah ) . Maka perbaikilah setiap sikap kita , perbanyaklah ibadah , perbaiki hubungan silaturahmi , dan mintalah restu dari kedua Orang tua. Sekian dari saya , semoga artikel dapat memberikan manfaat lebih bagi pembacanya , wassalamu’alaikum .

Ikuti Try Out Online USM PKN STAN pada 22 November 2016!

Klik disini: Try Out Online USM PKN STAN 2016

Dapatkan materi lengkap persiapan USM PKN STAN 2016!

Klik disini: Materi Lengkap Persiapan USM PKN STAN 2016

Link yang kamu butuhkan ada disini:

Website Resmi STAN: http://www.stan.ac.id/

Website Resmi BPPK: http://www.bppk.kemenkeu.go.id/