Home » Artikel » ITB Menggratiskan UKT Seleksi Mandiri untuk Mahasiswa Kurang Mampu

ITB Menggratiskan UKT Seleksi Mandiri untuk Mahasiswa Kurang Mampu

Institut Teknologi Bandung (ITB) membuka pendartaran Seleksi Mandiri ITB 2021 memberi kesempatan lebih luas bagi siswa lulusan SMA baik WNI dan WNA mengikuti pendidikan program sarjana di Institut Teknologi Bandung(ITB). Jalur penerimaan Seleksi Mandiri yang dilaksanakan Institut Teknologi Bandung pada tahun ini memberikan keringanan pada mahasiswa kurang mampu, berupa pembebasan dari biaya pendaftaran dan pembayaran uang kuliah tunggal (UKT). Ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring M.Eng., di Bandung, Senin (3/5/2021).

ITB memberikan pembebasan biaya pendaftaran hanya dengan KIP-K atau keluarga kurang mampu setara dengan kriteria syarat KIP-K. Calon mahasiswa dapat dengan mengunggah kartu KIP-K atau keterangan tidak mampu. Selain biaya pendaftaran, Prof. Jaka menegaskan bahwa ITB akan memberikan pembebasan Uang Kuliah Tunggal bagi calon mahasiswa kurang mampu yang lolos seleksi, dengan mempertimbangkan prestasi akademik yang tinggi.

Prof. Jaka memaparkan, bahwa jalur Seleksi Mandiri dirancang sebagai skema penerimaan mahasiswa baru program sarjana tanpa subsidi. Namun demikian pembebasan biaya pendaftaran dan kuliah bagi mahasiswa kurang mampu menunjukkan langkah ITB membuka kesempatan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi namun berprestasi tinggi.

Selain terbukanya kesempatan bagi calon mahasiswa yang kurang mampu, jalur Seleksi Mandiri juga memberikan bentuk keringanan lain pada mahasiswa lain yang lolos seleksi. Bahwasannya dalam membayar UKT  (Uang Kuliah Tunggal) dapat dilakukan dengan cara dicicil.

sumber : itb

Tinggalkan Balasan