Home » Artikel » Persiapkan untuk kamu yang ingin lintas jurusan UTBK SBMPTN

Persiapkan untuk kamu yang ingin lintas jurusan UTBK SBMPTN

Pemilihan Jurusan di Perguruan Tinggi memang menjadi ulasan tiap tahunnya, karena banyak dari siswa kelas 12 yang mencari lintas jurusan. Alasan utama lintas jurusan yaitu siswa lebih suka di bidang lain, misalnya Jurusan IPS ingin masuk ke jurusan rumpun Saintek. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mencari lintas jurusan:

  1. Mencari informasi apakah boleh lintas jurusan di universitas yang dituju

Jurusan diperguruan tinggi negeri ada yang memperbolehkan dan ada yang tidak tergantung kebijakan jurusan yang kamu yang ambil. Maka dari itu carilah informasi yang lengkap walaupun kemungkinan keterima kecil.

  1. Membaca materi dan rangkuman tiap pelajaran

Mulailah membaca materi dari yang termudah dengan memahami konsep materi, kemudian boleh menghafal namun sesuaikan dengan kemampuan jangan dipaksa. Membuat jadwal juga perlu agar belajar lebih terstruktur.

  1. Sering mengerjakan latihan soal-soal

Kemudian setelah selesai memahami materi, kamu bisa mulai mengerjakan latihan soal dan try out. Kamu bisa ikut try out online ataupun mengerjakan soal-soal UTBK SBMPTN tahun lalu

  1. Persiapkan untuk Tes Potensi Skolastik (TPS)

TPS sendiri merupakan tes untuk mengukur kemampuan kognitif, logika atau nalar dan pemahaman umum. Semakin sering mengerjakan TPS akan membuatmu terlatih dan lebih matang untuk UTBK SBMPTN

  1. Berdoa, Jangan mudah menyerah dan berjuang

Hal yang terakhir adalah berdoa agar diberikan kelancaran dan kemudahan, jangan menyerah karena lintas jurusan butuh perjuangan ekstra dan tidak mudah.

sumber: kompas

Tinggalkan Balasan