Home » Artikel » 6 Sekolah Kedinasan Politeknik Penerbangan yang perlu kamu ketahui

6 Sekolah Kedinasan Politeknik Penerbangan yang perlu kamu ketahui

PPI Curug
PPI Curug

Sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Perhubungan ada 3 matra yaitu matra darat, matra laut, dan matra udara. Berikut Sekolah Kedinasan Kementerian Perhubungan matra udara:

  1. Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug

Sekolah penerbangan Curug dapat dikatakan pendidikan penerbangan favorit di Indonesia. Didirikan di tahun 1952, sekolah tinggi ini bernaung di Kementerian Perhubungan.

Proses seleksi untuk menjadi bagian dari STPI sangat ketat dengan persaingan yang tinggi.

  1. Politeknik Penerbangan (POLTEKBANG) Surabaya

Sekolah tinggi ini dinaungi oleh Kementrian Perhubungan dan berstatus sebagai sekolah kedinasan. POLTEKBANG Surabaya telah menjalin kemitraan dengan berbagai maskapai dan stakeholders lainnya sehingga para alumninya dapat segera bekerja setelah lulus.

Jurusan yang tersedia di sekolah tinggi ini adalah Diploma III Manajemen Transportasi Udara, Teknik Bangunan dan Landasan, dan Teknik Pesawat Udara.

  1. Politeknik Penerbangan (POLTEKBANG) Makassar

Poltekbang Makassar adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan yang bernaung di bawah Kementerian Perhubungan. Prodi di POLTEKBANG Makassar yaitu D-III Teknologi Bandar Udara, D-III Teknologi Navigasi Udara.

  1. Politeknik Penerbangan (POLTEKBANG) Medan

Berdiri pada tahun 1989 dengan namai Balai Diklat Penerbangan Medan kemudian berubah nama menjadi Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) pada tahun 2002, Kemudian tahun 2019 berubah nama lagi menjadi Politeknik Penerbangan (POLTEKBANG) Medan hingga sekarang. Prodinya POLTEKBANG Medan yaitu D-III Teknik Telekomunikasi & Navigasi Udara dan D-III Teknik Listrik Bandar Udara.

  1. Politeknik Penerbangan (POLTEKBANG) Palembang

POLTEKBANG Palembang merupakan sekolah kedinasan yang berada dibawah naungan Kemenhub dan berstatus ikatan dinas untuk taruna/taruni yang diterima melalui jalur Pola Pembibitan.Nantinya setelah lulus akan di angkat menjadi CPNS. Prodi di POLTEKBANG ini yaitu D-IV Teknologi Rekayasa Bandar Udara, D-III Manajemen Bandar Udara dan D-III Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran Penerbangan.

  1. Politeknik Penerbangan (POLTEKBANG) Jayapura

Politeknik Penerbangan yang terakhir adalah POLTEKBANG Jayapura beralamatkan di Kota Jayapura Papua, Poltek ini menyelenggarakan 2 prodi yaitu D-III Manajemen Bandar Udara dan D-III Teknik Listrik Bandar Udara

Tinggalkan Balasan