Home » Artikel » JANGAN JADI MAHASISWA BIASA!

JANGAN JADI MAHASISWA BIASA!

JANGAN JADI MAHASISWA BIASA!

Anak PKN STAN tidak boleh menjadi mahasiswa bisa karena Mahasiswa PKN STAN merupakan suatu pengejawantahan dari sosok muda, dinamis dan memiliki idealisme tinggi. Ia juga memiliki semangat tinggi untuk menjadi agen perubahan bagi sekitarnya.. Bahkan Soekarno, sang Ploklamator, pernah berkata, “Beri aku sepuluh pemuda, niscaya akan kuguncang dunia”. Mahasiswa merupakan suatu pengejawantahan dari sosok muda, dinamis dan memiliki idealisme tinggi. Ia juga memiliki semangat tinggi untuk menjadi agen perubahan bagi sekitarnya. Kamu kah itu?

Berat Bukan suatu beban jika kamu bisa menikmatinya:

  1. Kenali apa minat dan bakatmu

Apa yang kamu sukai akan menjadi pemicu yang dahsyat untuk menggerakkanmu. Kamu pasti memiliki suatu hal yang kamu sukai dan tak lelah melakukannya. Jika kamu hobi membaca tentu tak keberatan menghabiskan berjam-jam waktu menekuni buku, jika kamu hobi naik gunung tentu kamu tak keberatan untuk berlelah-lelah mendaki.

  1. Tekuni Apa yang Kamu Sukai

Kalau menyukai suatu hal tetapi lebih banyak merasa malas untuk melakukannya, itu artinya kamu tak benar-benar suka. Jika kamu sudah menemukan apa minat dan bakatmu maka saatnya kamu untuk menekuninya. John C. Maxwell, seorang penulis terkemuka Amerika Serikat, pernah menyatakan, “Beri perlakuan istimewa untuk bakat Anda”. Kalau kamu merasa jago bulu tangkis, minimal seminggu sekali kamu harus mengasah bakatmu agar tak tumpul bukan?

  1. Bergaul dengan Orang-Orang yang Memiliki Minat Sama

Pasti seru jika berada di antara orang-orang yang memiliki minat sama. Selain memiliki teman berbincang tentang hal yang disukai, kamu juga akan mendapatkan ilmu yang temanmu miliki untuk semakin membuatmu jago dalam suatu hal. Kalau kamu suka memainkan alat musik, tak ada salahnya bergabung dengan anak PKN STAN Music Community. Kalau kamu suka Bahasa Inggris, akan seru jika kamu bergabung dengan anak PKN STAN English Club.

  1. Pasang Target untuk Menjadi ‘Ahli’ di Bidangmu

Kalau kamu hobi belajar, tak ada salahnya jika kamu memasang target menjadi peraih IP terbaik dan mengikuti berbagai perlombaan. Jika kamu hobi berbincang di depan umum tak ada salahnya memasang target menjadi ‘best debater’. Target akan mengarahkanmu untuk melakukan hal-hal terbaik untuk mewujudkannya.

  1. Beri Kontribusi, Jangan Hanya Jago Kandang

Misal kamu memiliki kemampuan desain, tak ada salahnya bergabung di organisasi kemahasiswaan atau kepanitiaan sebagai divisi desain, selain kemampuanmu akan terasah kamu juga bisa memberikan kontribusi bagi orang lain. Berorganisasi atau bekerja sama dengan orang lain akan meningkatkan soft skill yang pastinya akan sangat berguna dalam kehidupan.

  1. Bagikan Ilmu

Semua orang pasti memiliki kemampuan menonjol masing-masing. Bantu temanmu yang tak sejago kamu agar kalian sama-sama maju. Ilmumu tak akan berkurang, bahkan kebaikan pasti akan bertambah untukmu.

  1. Jangan Lupa terhadap Sang Pencipta

Setiap usaha yang kita lakukan harus senantiasa diiringi dengan doa karena kita sebagai manusia hanya bisa berencana dan Tuhanlah yang menentukan. Oleh karena itu, kita diharapkan dapat mendekarkan diri terhadap sang pencipta dengan cara aktif dalam kegiatan kerohanian yang ada di kampus STAN seperti untuk mahasiswa muslim di Masjid Baitul Maal (MBM), mahasiswa Kristen di Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK), mahasiswa Hindu dan Budha di Keluarga Mahasiswa Hindu Budha (KMHB), dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan