Home » Artikel » MELEPAS UGM MEMILIH STAN

MELEPAS UGM MEMILIH STAN

Buku STAN 2018 – Perjalanan saya menuju PKN STAN pada tahun 2016 ini bukan bukan secara tiba-tiba dimulai tahun ini. Keinginan saya sudah muncul sejak setahun lalu yakni tahun 2015, tepatnya sesaat sebelum kelulusan SMA, dan lebih tepat lagi saat sedang sibuk-sibuknya memilih universitas untuk SNMPTN Undangan. Saat itu, saat STAN belum berbentuk politeknik dan baru membuka pendaftaran lagi setelah 2 tahun tutup, saya berpikir bahwa cukup menguntungkan melanjutkan studi di sana dengan beberapa keunggulan. Mendapat uang saku dan lulusannya dijamin bekerja di bawah Kementrian Keuangan RI adalah salah dua dasar pertimbangan saya mulai untuk mempersiapkan menghadapi USM STAN 2015.

Buku STAN 2018

Mulai saat itulah saya rajin mengikuti Try Out USM STAN yang kebetulan diadakan di SMA saya dan tak disangka ternyata saya lulus Try Out tersebut. Selain itu saya juga mempersiapkan diri dengan buku-buku USM STAN tahun 2015 dan 2016. Namun persiapan saya dengan buku-buku tersebut sangat jauh dari kata maksimal. Saya hanya mampu menyelesaikan sedikit soal matematika, bahkan hanya pada soal USM tahun 2012 dan prediksi tahun 2015. Karena saya anggap sulit, saya beralih fokus ke soal logika, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia yang menurut saya relatif lebih mudah. Sehingga saya dapat menyelesaikan cukup banyak soal-soal tersebut. Selain itu yang membuat saya kurang maksimal dalam mempersiapkan USM STAN 2015 adalah saya tidak intensif berlatih soal-soal tahun sebelumnya melalui buku-buku tadi.

Saya pun melanjutkan studi salah satu universitas negeri tersebut dengan mengikuti masa orientasi dari awal hingga selesai dan melaksanakan program perkuliahan akademik disana. Saat semester 2 ini juga saya mendapat informasi bahwa akan diadakan kembali USM PKN-STAN 2016. Masih dengan niat tidak sepenuhnya, saya mendaftar USM PKN STAN tahun 2016. Pada formulir pendaftaran saya memilih kesembilan prodi yang ada dengan memprioritaskan D3 Bea Cukai dan Pajak karena lokasi studi yang berada di wilayah asal saya, yaitu Jakarta. Selain alasan tersebut saya mengutamakan Bea Cukai karena saya merasa tertantang dengan metode belajar Bea Cukai yang menerapkan semi-militer yang mungkin dapat menempa diri saya kedepannya.

Beberapa hari kemudian adalah tahap verifikasi berkas sekaligus penetuan lokasi tes tertulis tahap pertama. Karena saya mendapat giliran siang, saya merasa beruntung tidak harus bangun pagi dan dengan terburu-buru datang ke BDK Yogyakarta untuk melakukan verifikasi berkas. Kenyataannya saat tiba di sana ternyata sudah cukup besar nomor antrian yang saya dapat, sampai-sampai saya menunggu 200 antrian saat itu. Syukur saja saat verifikasi berkas tersebut berjalan dengan lancar dan tidak ada berkas yang kurang sehingga saya bisa pulang dengan tenang.

Dengan beberapa hari kosong setelahnya, saya lagi-lagi tidak memanfaatkannya dengan maksimal karena beberapa hari kemudian akan melaksanakan Ujian Akhir Semester. Bahkan saya benar-benar baru berlatih soal dengan modal buku-buku USM STAN tahun sebelumnya mulai 2 hari menjelang ujian tertulis tahap 1 yang Alhamdulillahnya saya bisa melewatinya. Dilanjutkan tahap 2 yaitu tes kesehatan dan kebugaran, yang mana merupakan titik lemah saya tepatnya pada tes kebugaran yang mengharuskan lari mengelilingi lapangan 300 meter selama 12 menit. Untuk mempersiapkannya saya hampir setiap pagi berlatih mengelingi lapangan sepak bola di daerah saya.

Saat hari tes kesehatan dan kebugaran dilaksanakan, saya melewati tes kesehatan dengan lancar. Dan saat tes kebugaran, saya hanya memperoleh 5 putaran selama 12 menit, ditambah shuttle run 3 kali. Mungkin saat itu keberuntungan sedang berpihak pada saya sehingga saya dapat melanjutkan kepada tahapan selanjutnya, yaitu Tes Kompetensi Dasar yang diinfokan sebagai tes untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil.

Soal Tes Kompetensi Dasar atau yang sering disebut dengan TKD adalah tes untuk mengetahui sifat dan perilaku seseorang saat berada di lingkungan kerja nanti. Sehingga lebih banyak mengedepankan logika berpikir, walaupun tidak ada yang dianggap salah semua pilihan yang dipilih oleh para peserta tes. Kita sebagai peserta tes hanya diminta untuk memilih yang paling benar diantara yang benar. Di sana lah letak kesulitan yang sebenarnya. Dan saat pengumuman, saya bersyukur lagi dengan nilai TKD yang tidak terlalu besar ternyata bisa diterima menjadi calon mahasiswa baru PKN STAN.

Tak lama setelah membaca pengumuman itu, saat itu juga saya merasa sangat bimbang mempertimbangkan apakah saya tetap melanjutkan di universitas negeri tersebut dengan membebankan biaya UKT (Uang Kuliah Tunggal) yang walaupun sudah turun namun tidak jauh berbeda kepada orangtua saya, ditambah lagi adik saya yang pada tahun 2017 nanti akan lulus dan kemungkinan besar akan masuk di universitas negeri ternama yang biayanya tidak murah. Saya juga membandingkan prospek kedepannya saat sudah lulus baik dari universitas negeri ini dengan PKN-STAN. Yang saya lihat di PKN-STAN lebih menjanjikan karena kondisi Indonesia saat ini yang sedang menggencarkan salah satu program pemerintah dibidang perpajakan, yaitu Tax Amnesty. Sehingga diprediksi Kementrian Keuangan akan menambah jumlah pegawai pajaknya untuk merealisasikan program tersebut secara efektif. Berangkat dari pertimbangan yang cukup berat tersebut, saya secara final memutuskan untuk mengakhiri masa pendidikan saya di universitas negeri dan menapakkan kaki di tanah yang baru dengan tujuan utama membahagiakan kedua orang tua saya. **

BIMBEL BEBAS – Buku STAN 2018

Cek di Instagram @bimbelbebas karena Banyak banget info terbaru dan tips n trik tentang PKN STAN loh! Tersedia juga buku STAN 2018, program bimbel lengkap dan terjangkau. Go follow @bimbelbebas sekarang juga!

https://www.instagram.com/bimbelbebas/

Buat kamu yang BELUM gabung di grup pejuang STAN, yuk join di sini

http://bimbelbebas.com/join/

Kamu bisa saling berbagi informasi dengan teman seperjuanganmu dari berbagai daerah. Juga ada informasi seputar buku STAN 2018 danĀ  link tryout yang akan diberikan setiap minggunya. Jangan sampai ketinggalan ya šŸ™‚

Tinggalkan Balasan