Home » Artikel » Pembagian Waktu dan Cara Belajar menghadapi Tes Tertulis USM PKN STAN

Pembagian Waktu dan Cara Belajar menghadapi Tes Tertulis USM PKN STAN

business turning back time Cara Belajar
business turning back time Cara Belajar

Assalamu’alaikum, salam sukses untuk kita semua! dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi beberapa tips pembagian Waktu dan cara Belajar menghadapi Ujian Tertulis PKN STAN. Banyak sekali kesulitan yang akan dihadapi Teman-teman yang ingin masuk dan menjadi mahasiswa PKN STAN, dan kita harus mempersiapkanya sedini mungkin, agar persiapan yang kita lakukan benar-benar matang.

Banyak yang bilang soal tertulis USM PKN STAN itu sulit. Memang benar peryataan itu! maka belajarlah dengan cara yang Cerdas. hal ini sangat berguna pada saat proses belajar, untuk menyelesaikan beberapa kesulitan yang teman-teman akan alami, sebelum melakukan Ujian Tertulis USM PKN STAN.

  • WAKTU

Waktu adalah uang! maka, janganlah bermain-main dengan waktumu, karena waktu dapat menerkammu! dalam belajar terdapat waktu yang paling baik untuk menghitung, menghafal dan menganalisa. memang banyak pendapat yang berbeda akan hal ini. tetapi dari segi pengetahuan dan perilaku Rasulullah dan sahabatnya. dapat saya simpulkan bahwa:

  • Waktu terbaik untuk menghafal adalah waktu Sahur yaitu antara jam 3 sampai jam 4.30 pagi. mengap ? karena pada saat itulah Allah SWT menurunkan rahmatnya untuk setiap insan, dengan hawa dan suasana yang menyejukkan hati dan badan, sedikitnya gangguan dari luar, dan badan yg kembali segar dari aktifitas kemarin, akan sangat membantu kita untuk berkonsentrasi menghafal ilmu. Maka pada saat inilah kita menghafal rumus, trik cepat mengerjakan, grammar dan kosa kata bahasa inggris, dan kata-kata bahasa indonesia pada tes tertulis.
  • Waktu terbaik untuk membahas soal suatu permasalahan/menghitung/diskusi adalah di awal hari. hal ini dikarenakan pada awal hari energi dan semangat yang kita miliki telah sampai pada puncaknya, dan dengan begitu akan mudah bagi kita untuk berpikir jernih untuk menyelesaikan soal-soal permasalahan. ditambah lagi dengan udara yang sejuk, dan cahaya matahari yang mulai menerang akan lebih membantu kita dalam berpikir. Nah, pada saat inilah kita mengerjakan soal-soal try out, mulai dari Tes kemampuan dasar maupun Tes bahasa Inggris.
  • Waktu terbaik untuk menulis atau mencatat adalah Sore Hari. hal ini dikarenakan pada saat ini energi kita sudah terkuras, dan semangat belajar kita biasanya akan menurun. oleh karena itu cukupkan dengan mencatat hal-hal yang penting dalam mengerjakan tes tertulis. Contohnya untuk soal matematika, terdapat soal yang akan lama waktu pengerjaannya dan telah ada trik pengerjaan soal tersebut, maka catatlah dengan penjelasannya yang sekiranya membuat kita akan ingat apa yang sudah kita catat.
  • Waktu terbaik untuk menelaah dan mengulang pelajaran adalah Malam Hari. dengan keadaan sedikit gangguan dalam belajar, dan sudah tidak ada lagi pekerjaan yang harus dikerjakan, membuat pada waktu inilah yang tepat untuk kembali mengingat apa yang sudah dipelajari..
  • CARA BELAJAR CERDAS

Selain mengenali waktu belajar yang baik kita perlu membuat suasana belajar juga baik.

pertama-pertama hal yang perlu dilakukan saat belajar adalah memilih tempat yang baik, untuk masalah ini banyak tempat yang menurut kita baik untuk di jadikan tempat belajar. tetapi perlu ada pertimbangan bahwa di tempat tersebut tidak terdapat gangguan-gangguan yang melalaikan kita dari belajar, dan usahakan sediakan pada tempat belajar ( meja dan kursi/ tempat duduk lain ). dengan posisi belajar yang baik diharapkan akan membantu kita dalam belajar.

Kedua, Belajarlah dengan suasana yang menyenangkan . bisa saja seorang lebih senang bila belajar sambil mendengarkan musik / lantunan al qur’an, sementara beberapa orang lebih suka belajar di suasana yang tenang, ada juga yang orang yang tidak bisa belajar bila tidak ada cemilan, dan banyak tipe lain di dunia ini. maka lakukanlah apa saja yang membuat suasana belajar menyenangkan, dengan syarat hal itu tidak melalaikan kita dalam belajar

Ketiga, Teman belajar . Adanya teman belajar akan sangat membantu kita dalam belajar, terlebih lagi bila teman belajar kita berada satu tingkat diatas kita, waah sudah enak betul belajar kita. disamping dapat saling bertukar pikiran dalam hal teori, kita juga dapat bersaing dengan melakukan try out bersama. dengan sering melakukan belajar bersama kita akan lebih semangat dalam belajar. dan telah terbukti bahwa adanya teman belajar adalah pembawa semangat dan menaikkan mental untuk menghadapi tes.

Keempat, Penguasaan materi dan Cara Pengerjaan soal . Inilah inti dan hal yang terpenting dalam menghadapi Tes tertulis. saya tidak dapat Berbicara panjang lebar dalam kesempatan ini , akan saya teruskan pada artikel selanjutnya. setidaknya diperlukan banyak latihan-latihan soal, mencari penyelesaian masalah dengan sebaik-baiknya termasuk rumus-rumus cepat.

Kelima, Menetapkan target dan suasana Ujian pada setiap latihan . bayangkanlah setiap yang latihan yang kita lakukan seperti keadaan Tes tertulis nantinya, pasanglah alarm untuk setiap sesinya dengan waktu kurang dari waktu tes tertulis. gunakanlah pensil 2b dan gunakan lembar kerja komputer yang dapat dibeli di toko buku, atau yang tempat lainya. tetapkanlah target nilai yang selalu meningkat dari benar 1/3 dari seluruh soal hingga nilai sempurna. Lakukanlah perbaikan, catatlah kesalahan dan ketidak tahuan kepada yang lebih mengetahui. dan cobalah untuk tidak melakukan kesalahan yang sama. hal ini perlu dilakukan setidaknya satu minggu terakhir sebelum ujian dilaksanakan, untuk membiasakan kita berada dalam suasana Ujian.

Demikian dari semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya, Salam Sukses !

Tinggalkan Balasan