Home » Artikel » DOSEN POLITEKNIK KEUANGAN NEGARA STAN (PKN STAN)

DOSEN POLITEKNIK KEUANGAN NEGARA STAN (PKN STAN)

Dosen Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) merupakan orang-orang yang berkualitas tinggi dan juga mempunyai jam terbang yang tinggi. Dosen Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) terdiri dari Widyaiswara dan Praktisi dari berbagai unit eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan, BPK, dan BPKP. Mulai dari lulusan S1 dalam negeri sampai lulusan S3 luar negeri, mulai dari pejabat eselon IV sampai dengan pejabat eselon II.

Widyaiswara adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diangkat sebagai pejabat fungsional oleh pejabat yang berwenang dengan tugas, tanggung jawab, wewenang untuk mendidik, mengajar, dan/atau melatih Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada lembaga pendidikan dan pelatihan (diklat pemerintah)

Beberapa istilah dosen Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) yang perlu diketahui, yaitu:

  1. Dosen Koordinator adalah Dosen Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) yang mengkoordinasi materi-materi kuliah yang akan diajarkan di kelas oleh dosen. Satu mata kuliah dikoordinasikan oleh satu Dosen Koordinator.
  2. Dosen Pembimbing adalah Dosen Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) yang membimbing para mahasiswa dalam kegiatan akademik, penyusunan Tugas Akhir, Laporan PKN maupun Skripsi.
  3. Dosen Pengajar adalah Dosen Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) yang bertugas untuk memberikan pengajaran kepada mahasiswa/i terkait materi-materi perkuliahan. Dosen pengaar biasanya mengajar untuk satu mata kuliah tertentu.

**

KAMPUS POLITEKNIK KEUANGAN NEGARA STAN

Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara. STAN didirikan dengan dasar hukum Keputusan Presiden RI No.45 Tahun 1974 juncto Keputusan Presiden RI No.12 Tahun 1967 serta dengan landasan hukum Peraturan Menteri Keuangan RI No.1/PMK/1977 tanggal 18 Februari 1977.

Program studi yang diselenggarakan oleh PKN STAN untuk lulusan SMA, Madrasah Aliyah dan SMK adalah pendidikan Program Studi Diploma I dan III dengan jurusan/program studi sebagai berikut :

  •  Program Studi Diploma III / IV Akuntansi
  •  Program Studi Diploma I / III Pajak
  •  Program Studi Diploma III Penilai / Pajak Bumi dan Bangunan
  •  Program Studi Diploma I / III Kepabeanan dan Cukai
  •  Program Studi Diploma I / III Kebendaharaan Negara
  •  Program Studi Diploma III Manajemen Aset

Sedangkan program studi non-reguler yang diselenggarakan oleh PKN STAN adalah :
– Program Studi Diploma IV Akuntansi (Tugas Belajar)
– Program Studi Diploma III Akuntansi dengan Kurikulum Khusus
– Program Studi Diploma III Pajak dengan Kurikulum Khusus

Untuk Program Studi Diploma I lama pendidikannya satu tahun (dua semester), bertempat di Kampus PKN STAN Jakarta dan di Balai Diklat Keuangan yang terdapat di delapan daerah, yaitu di Medan, Palembang, Yogyakarta, Malang, Balikpapan, Makassar, Cimahi dan Manado. Untuk Prodgram Studi Diploma III lama pendidikannya tiga tahun (enam semester), bertempat hanya di Kampus PKN STAN Jakarta.

Selama pendidikan, mahasiswa tidak dipungut biaya pendidikan dan tidak diasramakan. Pendidikan PKN STAN memakai sistem ikatan dinas sebagaimana ditegaskan kembali dalam Keputusan Menteri Keuangan RI No.289/KMK.014/2004 tanggal 14 Juni 2004 tentang Ketentuan Ikatan Dinas bagi Mahasiswa Program Diploma Bidang Keuangan di Lingkungan Departemen Keuangan RI.

Setelah lulus dari PKN STAN,para alumni PKN STAN kan mengikuti Test Kemampuan Dasar (TKD) yang diselengarakan oleh BKN dengan kesempatan maksimal 3 kali test,kemudian jika lulus TKD maka para lulusan PKN-STAN akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan ditempatkan di instansi-instansi dalam lingkungan Kementerian Keuangan RI dan instansi-instansi pemerintah lainnya, baik di pusat maupun di daerah, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Tinggalkan Balasan