Home » Artikel » HADIAH ATAS PERJUANGAN KERAS MASUK PKN STAN

HADIAH ATAS PERJUANGAN KERAS MASUK PKN STAN

PERJUANGAN KERAS MASUK PKN STAN

Assalamaualaikum wr.wb

Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk mengerjakan tugas dinamika yang diberikan oleh kakak tingkat STAN BDK Pontianak yaitu menulis tentang perjuangan keras masuk PKN STAN 2016.

Perjuangan masuk kampus satu ini bukanlah perkara mudah, karena selain harus kerja keras, juga mengalahkan ratusaIndonesia yang notabene dari anak-anak bangsa yang cerdas dan pantang menyerah. Namun, saya berpikir kalau semua itu hanyalah sebuah gebrakan dan uji mental apakah harus minder dengan rendah diri dan pasrah begitu saja atau melakukan persiapan sematang dan secanggih mungkin tanpa peduli dengan hasil.

Bagi saya kerja keras, kegigihan, istiqomah, dan kesabaran sangatlah mendukung untuk perjuangan keras masuk PKN STAN kampus  ali wardana. Serta tidak ketinggalan dengan berdoa dan restu dari orang tua, keluarga dan orang disekitar kita. Yang paling utama restu orang tua, ini yang mungkin membuatku seperti ada tenaga dan mental yang sangat kuat untuk memaksimalkan usaha doa saya. Pengalaman pahit saat saya mendaftar di snmptn, sbmptn, um, dan stan 2015 yang kesemuanya gagal tentu membuat saya merasa tidak percaya diri dengan kemampuan akademik yang saya miliki, tapi setelah sejenak berpikir dan merenung tentang apa yang telah saya lalui membuat saya bangkit.

Tepatnya bulan September 2015, beberapa bulan setelah ajang seleksi yang tak ada satupun ptn/ptk yang lolos, pencerahan dimulai dari motivasi orang tua, keluarga, teman, dan guru di bimbingan online mendoktrin pikiran saya untuk positif thinking dan percaya usaha dan doa takan sia-sia dan mengkhianati, membuat saya menjadi manusia paling tangguh dan proAktif terhadap hal negative. Saya tanamkan dalam pikiran untuk selalu percaya akan kemampuan diri sendiri dan percaya kalau saya bakal diterima kuliah di tahun 2016.

Awal September 2015 sampai Februari 2016 saya belajar online untuk masuk kampus impian yaitu FTTM ITB. Hampir selesai semua materi tkpa dan saintek sbmptn saya kuasai, ada pengumuman pembukaan pendaftaran mahasiwa baru Pkn stan bulan Maret. Saat-saat itulah saya mulai bimbang apakah saya akan menghabiskan semua mata pelajaran saintek sbmptn, atau beralih total untuk persiapan masuk stan, ataupun juga dengan focus dua-duanya. Dalam kebimbangan itu, saya inget kalau saya punya Allah yang mengetahui apa yang tidak saya ketahui dan saya lakukanlah shalat istikharah. Jawaban dari-Nya menujukan kalau saya harus focus salah satu, dan itu adalah Pkn stan. Mulailah sejak bulan maret saya tinggalkan semua materi sbmptn dan saya buka lembaran baru prepair to fight USM Pkn stan 2016.

Belajar sendiri tanpa bimbel, itulah yang saya lakukan. Membeli buku USM Pkn Stan 2016 dan 2015, meminta soft file dari grup facebook gerbang stan dan rajin membuat try out mandiri. USM Pkn Stan terdiri dari tes bahasa inggris dan tes potensi akademik. First, saya kebut materi usm dengan mempelajari bahasa inggris, terutama bagian grammar. Mempelajari tata bahasa asing itu memang tidak mudah jika tidak rajin dan latihan. Saya belajar grammar dengan ebook, setiap hari mengapalkan dan mempelajari struktur kalimat dengan benar, kata-kata yang diikuti dengan gerund,infinitive, dan to-infinitive, melatih kemampuan dengan try out per bab. Sesekali, saya latihan reading untuk menambah kosa kata dan mempercepat menemukan ide pokok dan point dari bacaan bahasa inggris. Dengan begitu saya yang dulu kurang mengerti dan sedikit kurang suka dengan bahasa inggris menjadi advance and very enjoy to learn English.

 Dua minggu saya belajar bahasa inggris langsung dilanjut dengan belajar potensi akademik atau sering disebut dengan TPA. Sama halnya dengan belajar bahasa inggris, di TPA ini saya persiapkan semua sisi yang kurang jago seperti mempelajari cara menghitung cepat, menganalisa soal cerita dengan tepat dan mengasah logika berfikir se-expert mungkin. Saya belajar TPA selain di buku juga di ebook. Dan setiap selesai belajar selalu ditutup dengan try out mandiri. Oh ya mungkin pada bingung try out mandiri itu seperti apa dan bagaimana melakukannya? Oke saya akan kasih tau, try out mandiri itu try out yang kita lakukan sendiri diruangan terserah kita dan di desain se-real mungkin dengan pasang alarm mulai try out sampai selesai. Untuk soal try out saya dapatkan dari soft file dan buku usm. Jadi sebelum mempelajari soal lebih baik di bikin try out dahulu untuk mengingat apa yang dipelajari dan melatih kemampuan kita mengerjakan soal.

Lanjut sekitar bulan april pendaftaran Pkn stan dibuka dan saya mendaftar dengan pilihan pertama D1 Pajak. Saya login diweb resmi dengan mengisi berbagai macam formulir dan tak ketinggalan bayar biaya pendaftaran. Alhamdulillah lancar saat pendaftaran dengan tempat tes di Jogja dan nomor urut sekitar 1000an.

Selang beberapa hari dilanjutkan dengan tes pertama Pkn stan yaitu verifikasi berkas, tes yang disuruh menunjukan legalitas dokumen. Di tes tersebut saya berangkat h-1 dan dapat nomor antrian yang lumayan melelahkan. Ada satu hal yang membuat saya berkesan dari tes ini yaitu, waktu menyerahkan berkas dokumen saya ditinggal pergi sama penyelia dan disuruh bernyanyi, kocak banget penyelia satu ini.haha. setelah melewati semua penyelia satu demi satu untuk menunjukan dan menyerahkan berkas akhirnya bukti peserta ujian atau BPU, saya mendapat tempat ujian di Universitas Sanata Dharma 1. Setelah selesai ujian saya langsung survey lokasi dengan transjogja untuk memastikan tempat.

Sekitar sebulan setelah tes verifikasi berkas, dilanjutkan dengan USM Pkn Stan. Ini lah yang saya tunggu setelah hampir tiga bulan saya persiapkan akhirnya sampai di ujung tombak dan siap untuk melesat membuktikan hasil belajar dan kualitas kemampuan diri saya. Seperti halnya dengan verifikasi berkas, di tes ini saya juga berangkat h-1. Saya sampai sanata dharma sekitar jam 6 sore dan langsung cek lokasi tempat duduk saya. Besoknya saya berangkat pukul 7.00 WIB langsung menunggu di luar ruangan. Pas menunggu jam tes dimulai yang saya lakukan hanyalah duduk dan memandangi orang-orang yang sibuk belajar sedangkan saya tidak belajar sama sekali sejak h-1 sampai menjelang tes. Dan menurut saya juga belajar saat mau tes tidaklah efektif, selain menguras tenaga saat menghadapi tes sebenarnya juga membuat pikiran kita lelah untuk mengerjakan soal. Saya lakukan detik-detik sebelum tes dengan bersantai dan merenung serta berdoa. Sekitar jam 8an alarm tanda tes dimulai bunyi. Semuanya langsung masuk kelas dan diharapkan tenang dulu. Dan jam tengah 9 mulailah usm stan dimulai. Petunjuk dan peraturan mengerjakan tes dibacakan. Soal-soal dibagi beserta lembar jawabnya. Sekilas saya buka untuk memeriksa apakah soal ada yang kurang, cacat atau yang lainya.

Saat tes dimulai saya kerjakan dengan santai dan sambil enjoy banget mengerjakan seperti tidak ada beban walaupun sedang tidak sehat. Mungkin ini karena saya sering try out mandiri jadi terbiasa mengerjakan soal-soal usm, saking enjoynya sampai kelihatannya ada yang agak kurang suka dengan kelakuanku yang selalu tersenyum tanpa pikiran bingung.haha maaf yah kalau membuat peserta lainnya down. Karena emang saya tidak bisa menyembunyikan betapa senangnya mengerjakan soal usm.hehe.

Lanjut setelah selang beberapa hari Alhamdulillah saya diterima di tes usm stan dan dilanjutkan dengan tes kesehatan-kebugaran, tes  ini benar-benar saya persiapkan dengan penuh semangat dan jiwa yang menggebu. Hampir setiap hari saya latihan seperti jogging 30 menit dan dilanjutkan dengan lari shuttle run. Saya lakukan dengan target tiap hari meningkat kecepatan lari dan daya tahan tubuh saat lari. Dengan itu saya bisa lebih bertahan dan tidak cepat lelah saat tes. Setelah berjuang keras latihan olahraga tiba lah saat tes kesehatan-kebugaran. Tes ini sebenarnya ada dua yaitu pertama tes kesehatan, dicek semua mulai dari kesehatan mata, jantung, varises, tensi, dan bagian lainya. Setelah tes ini semuaanya diangkut dengan mobil ke lapangan untuk tes yang kedua yaitu tes Kebugaran.

Tes yang sudah saya persiapkan dengan keringat semangat, tes yang pertama adalah lari 12 menit mengelilingi lapangan bola dengan diameter 300 meter. Sebelum lari, instruktur memimpin pemanasan, saya lihat peserta lainnya sangat kuat tapi saya tidaklah langsung down. Setelah pemanasan langsung kumpul di garis start sekitar ada 30 anak dalam kelompokku, begitu  aba-aba dimulai saya langsung sprint lari sekuat tenaga di urutan nomor pertama sampai putaran terakhir. Setelah lari 12 menit, dikasih waktu sekitar 5 menit untuk istirahat. Lanjut dengan tes shuttle run atau lari angka delapan untuk menguji daya ledak dan kecepatan serta ketepatan kita berbalik arah saat lari. Di tes ini saya tidak memakai sepatu karena medan tempat lari agak licin. dan mendapat urutan kedua. Saya lari dengan sekencang mungkin, Alhamdulillah semua tes pertama dan terakhir selesai dan saya berhasil menunjukan performa terbaiknya.

Setelah beberapa hari pengumuman tes kesehatan-kebugaran muncul dan saya berhak untuk tes terakhir yaitu tes TKD CPNS yang diselenggarakan dengan system CAT, persiapan belajar tkd ini memang tak sekeras belajar usm tapi saya belajar dengan keuletan dan ketabahan, akhirnya saya bisa melalui tes tkd dengan maksimal. Perjuangan ini memang sangat melelahkan dan mungkin bagi yang tidak tabah akan merasa jenuh karena setiap hari harus belajar dan melakukan try out mandiri. namun, dibalik perjuangan keras yang sudah saya lalui, membuat mental saya menjadi lebih tegar dan tahan terhadap badai halangan. Dan saat-saat yang di nant pengumuman yang diterima menjadi mahasiswa Pkn Stan tiba, Alhamdulillah saya diterima sesuai dengan pilihan saya yaitu D1 pajak dengan tempat pendidikan di Balai Diklat Keuangan Pontianak. Hal itu merupakan sebuah hadiah untuk perjuangan keras seorang remaja tangguh.Wassalamualaikum wr.wb

Tinggalkan Balasan