Home » Artikel » SEKOLAH IKATAN DINAS DI INDONESIA (JANJIKU PADAMU IBU)

SEKOLAH IKATAN DINAS DI INDONESIA (JANJIKU PADAMU IBU)

Banyak Sekolah Ikatan Dinas di Indonesia salah satunya adalah PKN STAN. Sebelumnya saya tidak banyak mengetahui tentang PKN STAN membuka pendaftaran di tahun 2016 ini. Tetapi setelah saya banyak mencari informasi dari teman, kakak tingkat, keluarga, tetangga dan orang terdekat lainnya mengenai PKN STAN, saya menjadi lebih termotivasi masuk PKN STAN yang dari dulu saya inginkan. Namun sebelum pendaftaran USM PKN STAN 2016, saya pernah mengikuti TRY OUT tentang materi tes tertulis USM PKN STAN yang di selenggarakan oleh PASPILO yaitu perkumpulan kakak tingkat yang telah menjadi mahasiswa PKN STAN dari sebelum tahun 2016 yang berdomisili di Solo Raya.

Periode Pendaftaran USM PKN STAN

Setelah periode pendaftaran untuk USM PKN STAN 2016 dibuka, saya segera berunding dengan orang tua saya, bahwa saya sangat ingin masuk menjadi Mahasiswa PKN STAN dan bertujuan untuk membahagiakan orang tua saya dikemudian hari. Dan apabila nantinya diterima menjadi Mahasiswa PKN STAN, sayang akan menjalani nya dengan bersungguh-sungguh untuk mencapai hasil yang terbaik. Lalu setelah pendaftaran, saya mulai mencari di internet untuk referensi berlatih soal-soal USM PKN STAN dari tahun-tahun sebelumnya.Setelah periode pendaftaran, tahap selanjutnya adalah tahap verifikasi berkas untuk USM PKN STAN 2016 yang mengharuskan saya untuk mengumpulkan berkas-berkas penting yang kedepannya menjadi syarat dan pertimbangan untuk mengikuti USM PKN STAN 2016. Pada saat verifikasi,  yaitu pada tanggal 14 April 2016,bahwa saya menyadari kalau peminat yang ingin masuk PKN STAN itu sangat banyak terutama Panlok Yogyakarta yang juga menjadi tempat saya untuk menjalani USM PKN STAN 2016 yang terdiri dari tiga tahap tes.

Selain mendaftar USM PKN STAN 2016, saya juga mengikuti seleksi SNMPTN, yaitu di Universitas Diponegoro prodi Akuntansi. Akan tetapi saya gagal di seleksi SNMPTN. Namun hal tersebut saya jadikan motivasi agar lebih serius dalam hal belajar, terutama untuk USM PKN STAN yang semakin hari semakin dekat. Di samping itu, saya juga mendaftar SBMPTN 2016. Pada saat akan mengikuti tes tertulis USM PKN STAN, saya mendapat lokasi tes di Universitas Sanata Dharma Kampus 3 Yogyakarta. Saya berangkat ke Yogyakarta sekeluarga. Dan untungnya saya memiliki saudara yang memiliki rumah di Yogyakarta dan dekat dengan lokasi saya tes pada Hari Minggu 15 Mei 2016. Satu hari sebelumnya, saya sekeluarga melakukan ke tempat saudara di Yogyakarta pada sore harinya. Sesampainya di rumah saudara saya untuk beristirahat dan mempersiapkan diri untuk tertulis pada keesokan harinya.

Tes Tertulis USM PKN STAN

Keesokan harinya pukul 5 pagi saya bangun untuk bersiap mengikuti tes tertulis USM PKN STAN 2016. Dan saya terlihat sedikit bereda karena kebanyakan peserta menggunakan kemeja putih dan bawahan celana bahan hitam. Meskipun di kententuannya hanya mencantumkan keharusan berkemeja rapi, memakai celana bawahan bukan jenis jeans, dan bersepatu tertutup. Beberapa hari pun berlalu setelah tes tertulis atau USM PKN STAN 2016 tahap satu selesai, tepatnya tanggal 25 Mei 2016, saya mendapat kan informasi dari teman saya pagi harinya bahwa saya lolos di tes tertulis yang telah saya jalani. Saya sangat bersyukur telah berhasil lolos tahap pertama. Di dalam pengumuman tersebut, seperti saya bilang diawal masih ada tahap kedua dan ketiga. Tepatnya tahap kedua adalah Tes Kebugaran dan Kesehatan. Tes tersebut terdiri dari tes pemeriksaaan kesehatan dan tes kebugaran.

Mengetahui bahwa saya mendapatkan jadwal TKK pada tanggal 30 Mei 2016, saya segera menuju Stadion Manahan untuk berlatih untuk TKK. Selain itu, saya juga mempersiapkan diri mengikuti SBMPTN yang jatuh pada satu hari setelah TKK tersebut. Satu hari sebelum jadwal TKK saya, yaitu hari Minggu 29 Mei 2016, saya diantar oleh bapak saya menuju Yogyakarta dan menginap di daerah Purwomartani sebelah Utara dari BDK Yogyakarta. Setelah sampai di penginapan, saya dan bapak saya beristirahat untuk mempersiapkan keesokan harinya. Namun, malah malam harinya saya tidak dapat tidur tenang karena sangat tidak sabar untuk mengikuti TKK keesokan harinya. Pukul 04.15 keesokan harinya saya bangun untuk segera bersiap berangkat ke BDK. Dan benar saja, sekitar pukul 5 kurang 15 menit saya sampai di BDK, sudah banyak peserta TKK pada hari itu yang sudah duduk menunggu pintu BDK dibuka. Saya pun langsung bergabung dengan mereka.

Sekitar pukul 6 pagi gerbang dibuka, saya dan peserta lainnya membuat barisan antrian untuk mengambil nomor giliran untuk melaksanakan TKK. Alhamdulillah saya mendapat nomor 55 dari kesulurahn peserta yaitu kurang lebih 200 peserta satu hari.Setelah menunggu beberapa saat, akhirnya saya mulai masuk untuk menjalani Tes Kesehatan dan Kebugaran. Setelah dinyatakan lolos tes kesahatan, saya berhak mengikuti tes kebugaran di lapangan dekat BDK. Dan tiba giliran saya dan 19 peserta lainnya. Total satu rombongan ada 20 orang. Alhamdulillah saya dapat melampaui tes tersebut meskipun sedikit kelelahan. Selang beberapa hari pengumuman TKK pun turun dan saya dinyatakan lolos tahap 2 dan berhak mengikuti tahap 3 yaitu Tes Kompetensi Dasar Berbasis Komputer.Saya langsung mempersiapkan diri mempelajari materi TKD yang tidak sedikit. Saya belajar soal-soal latihan dari buku kumpulan latihan soal untuk Tes Kompetensi Dasar Berbasis Komputer dan bertukar ringkasan materi dengan teman-teman saya yang juga lolos tes tahap 3 masuk PKN STAN 2016.

Pada hari Senin 20 Juni 2016, saya melaksankan TKD di BDK Yogyakarta. Dan alhamdulillah, hasil nilai TKD saya memenuhi syarat lulus tes TKD. Saya diberi tahu bahwa pengumuman  akhir USM PKN STAN pada tanggal 1 Juli 2016. Saya memperbanyak doa agar diberikan yang terbaik. Pada tanggal 1 Juli dinihari, saya sudah standby menunggu pengumuman, namun ternyata diundur tanggal 3 Juli 2016.Semuanya terbayarkan. Alhamdulillah, setelah pengumuman akhir, saya dinyatakan diterima di PKN STAN , pada D1 Pajak di Kota Pontianak. Awalnya saya tidak percaya bawah saya diterima, dan lokasinya sangat jauh dari rumah. Namun saya yakin ini awal yang baik untuk melanjutkan pendidikan saya di PKN STAN yang telah lama saya impikan. Setelah itu, saya mengumupulkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk daftar ulang pada tanggal 25-29 Juli 2016. Setelah semuanya lengkap, saya pergi ke Pontianak untuk daftar ulang dan melakukan kegiatan selanjutnya sebagai mahasiswa baru di Balai Diklat Keuangan Pontianak.

Dari peristiwa yang saya lalui di atas, saya sangat mendapatkan pelajaran yang banyak untuk kehidupan saya kedepannya. Bahwa semuanya tidak dapat diperoleh dengan mudah. Kita harus memiliki tekad yang kuat terhadap apa yang kita inginkan, berusaha sekuat tenaga dan semampu kita untuk meraihnya, serta tak lupa doa kepada Yang Maha Kuasa agar kita diberi kelancaran dalam pelaksanaan. Saya sangat tidak menyangka dan sangat bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dapat diterima di PKN STAN yang telah lama saya impikan. Meskipun harus siap jauh dari rumah, jauh dari orang tua, keluarga, teman, dan tentunya jauh dari zona nyaman yang sudah saya biasa lakukan di kampung halaman saya, tetapi saya harus melanjutkan pendidikan di tanah Kalimantan. Karena baru pertama kali ini saya harus menetap di luar Pulau Jawa.Saya sangat berterimakasih kepada semua orang yang telah membantu saya sampai bisa masuk dan diterima sebagai Mahasiswa PKN STAN pada tahun 2016  ini terutama pada orang tua saya. Dan saya telah berjanji kepada orang tua saya, akan berusaha dengan sungguh-sungguh, terus semangat dan pantang menyerah dalam melanjutkan pendidikan agar dapat mendapat hasil yang terbaik dan kelak akan berguna bagi kehidupan saya kedepannya.

Tinggalkan Balasan