Home » Artikel » 7 Hal yang Perlu Anda Ketahui Apabila Ingin Mendaftar di SPMB PKN STAN

7 Hal yang Perlu Anda Ketahui Apabila Ingin Mendaftar di SPMB PKN STAN

MENGANALISA CARA MENDAFTAR PKN STAN

  1. Jumlah peserta

STAN setiap tahunnya memang selalu menjadi alternatif pilihan paling atas bagi para lulusan SMA. Pada tahun 2017 saja, jumlah peserta yang mendaftar tahun mencapai 102 ribu orang. Selain itu, Perbandingan antara jumlah peserta yang mengikuti verfikasi berkas dan yang dinyatakan lulus tes tahap pertama sebesar 6,42 %. yang artinya setiap orang mengalahkan sekitar 15 peserta yang lain.

Bagi Anda yang dinyatakan lulus pada tahap pertama, patutlah berbangga karena Anda adalah orang-orang terpilih. Namun, seleksi masih panjang. Masih ada tes kesehatan, kebugaran, dan tes wawancara. Ketiga tes tersebut juga sangat menentukan kelulusan Anda. Tidak sedikit yang gagal pada ketiga tes tersebut.


persentase kelulusan STAN 2014 tahap 1

  1. Tahapan

Ketika Anda sudah memantapkan tekad dan keyakinan, pertama-tama Kita harus memenuhi semua persyaratan untuk mendaftar SPMB PKN STAN 2019 yaitu:

1. Berijasah SMA/Sederajat

2. Rata-rata ujian tulis pada ijasah minimal 7,00

3. Berusia minimal 17

4. Tidak cacat badan dan bebas dari narkotika

5. Belum Menikah dan bersedia tidak menikah

6. Khusus spesialisasi Bea dan Cukai

A. Tinggi minimal 165 untuk laki-laki dan 155 untuk perempuan

B. Tidak buta warna

7. Menyetor biaya pendaftaran sebesar Rp300.000,-

8. Pengalaman

Nah ini adalah salah satu perjuangan paling berat. Pagi, siang, malam rasanya tidak pernah lepas dari serakan soal-soal USM STAN tahun-tahun sebelumnya. Belajar + Belajar + Belajar + Doa.

  1. Suasana Hari H

Suasana hari H adalah moment yang paling mendebarkan dari seluruh tahapan. Sebaiknya Anda datang pada H-1 untuk melakukan survey lokasi. Survey lokasi sangat penting karena terkadang, panitia ujian memberi tau kita lokasi ujian yang kita belum pernah dating ke tempat itu sebelumnya. Anda dapat mencari di internet alamat lengkap dan peta lokasi. Selanjutnya Anda dapat mendatangi lokasi ujian untuk memastikan dimana tempat parkirnya, maupun kondisi jalan apakah macet atau tidak. Anda juga dapat mengukur jauh dekatnya lokasi tes dengan rumah/tempat Anda bemalam agar di hari H Anda dapat dating tepat waktu. Apabila Anda berasal dari luar kota, datanglah pada H-1. Mungkin saja Anda berpikir bahwa akan lebih baik dan menghemat biaya ketika datang pada dini hari di hari H pelaksanaan ujian. Namun itu terlalu beresiko bagi Anda karena fisik yang letih sedikit banyak akan mempengaruhi fungsi otak dalam berkonsentrasi.

Jika Anda mendapat lokasi di senayan, Anda perlu mempersiapkan mental Anda karena Anda akan melihat puluhan ribu pesaing Anda berada di satu tempat dengan Anda saat ujian belangsung.

Mungkin Anda berpikiran untuk mencontek ketika Anda tidak dapat menyelesaikan beberapa soal yang Anda anggap begitu sulit. Namun taukah Anda apabila Anda ketahuan mencontek atau belaku curang saat pelaksanaan ujian. Sudah barang tentu Anda tidak lulus karena dalam satu kelas, ada dua pengawas dan para pengawas masih dipantau oleh pengamat ujian.

  1. Pengumuman Tahap 1

Pada tahap ini, adalah tahap yang paling krusial dibanding tahap USM tahap dua. Hal ini disebabkan persaingan di tahap dua akan jauh lebih ringan karena tim penguji akan memberikan standar yang lebih rendah dari segi tingkat kesulitan dari pada USM tahap pertama.

  1. Pengumuman Tahap 2

Ketika Anda telah dinyatakan lulus tahap dua, Anda dapat bersenang hati karena itu tandanya sebentar lagi Anda akan menjadi Mahasiswa resmi Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Anda dapat membuka situs resmi www.stan.ac.id untuk melihat kapan pelaksanaan datar ulang dan perkuliahan pertama. Hal yang paling penting ketika Anda melakukan pendaftaran ulang adalah Anda perlu membawa keseluruhan berkas yang disebutkan pada pengumuman pendaftaran ulang dan datang di pagi hari karena antrean pada saat pendaftaran ulang sangat panjang.

  1. Persiapan Ujian

Untuk persiapan ujian, Kami merekomendasikan untuk mengikuti Bimbel USM STAN karena dengan mengikuti Bimbingan Belajar USM STAN persiapan Anda dalam menghadapi ujian akan tertata sehingga waktu yang Anda miliki dapat Anda jalani secara optimal. Dengan mengikuti Bimbingan Belajar Anda akan lebih sering mengerjakan soal-soal USM STAN tahun-tahun sebelumnya.

Apabila Anda telah mantab untuk mengambil salah satu program bimbingan belajar, maka Anda dapat mempertimbangkan dengan seksama untuk mempelajari program dari Bimbel Bebas yang dapat Anda lihat di link berikut: http://www.bimbelbebas.com/bimbel-stan/

Tinggalkan Balasan