Home » Artikel » Jurusan Arsitektur yang bisa menjadi Pilihanmu SBMPTN 2022

Jurusan Arsitektur yang bisa menjadi Pilihanmu SBMPTN 2022

Siapa yang tidak tahu jurusan arsitektur, apakah arsitek hanya membuat gambar-gambar bangunan yang indah dan ada seninya. Jurusan ini tidak hanya sekedar menggambar bangunan, namun harus menguasai ilmu seni, desain teknik hingga sampai perhitungan.
Jurusan arsitektur adalah jurusan yang mempelajari ilmu seni dan teknik dalam perancangan bangunan dan struktur. Mempelajari ilmu arsitektur sama dengan menciptakan ruang yang memiliki karakteristik seperti kekokohan hingga keindahan sebuah bangunan atau struktur.
Seperti seseorang ingin membangun sebuah rumah yang estetik namun tidak memiliki fungsi atau membangun rumah yang berguna dan bermanfaat namun tidak memperhatikan nilai estetik. Nah disini lah bergunanya jurusan arsitektur.
Jurusan arsitektur berkaitan erat dengan jurusan teknik sipil serta Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK). Melansir dari brainly (26/03/2022) Di Jurusan Arsitektur, mahasiswa akan lebih banyak menghabiskan waktu di studio untuk mendesain. Oleh sebab itu, mata kuliah Studio Desain Arsitektur selalu ada di setiap semesternya sampai semester 5. Masuk ke tahun kedua, mahasiswa akan mulai belajar metode desain arsitektur. Ilmu arsitektur yang lebih spesifik lainnya seperti Arsitektur Digital, Fisika Arsitektur, dan lainnya pun akan dipelajari. Mulai tahun ketiga, mahasiswa akan mempelajari perancangan pemukiman dan kota. Serunya lagi, mahasiswa juga akan diberi kesempatan untuk menjalani praktik arsitektur profesional dengan magang.
Lulusan Jurusan Arsitektur memiliki kesempatan kerja yang begitu luas. Nggak hanya terbatas jadi arsitek profesional, tetapi kalian juga sampai menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Dinas Pekerjaan Umum, atau Badan Perencanaan Daerah. Selain itu, kesempatan menjadi kontraktor dan manajemen proyek pun terbuka luas. Atau mungkin kalian ingin menjadi Quantity Surveyor.
Berikut Universtias negeri maupun Swasta di Indonesia yang membuka jurusan Arsitektur:
Institut Teknologi Bandung (ITB)
Universitas Indonesia (UI)
Universitas Brawijaya (UB)
Universitas Diponegoro (UNDIP)
Universitas Hasanuddin (UNHAS)
Universitas Sebelas Maret (UNS)
Universitas Gadjah Mada (UGM)
Universitas Sumatera Utara (USU)
Universitas Udayana (UNUD)
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
Universitas Multimedia Nusantara
Universitas Pancasila
Universitas Bina Nusantara (Binus)
Universitas Gunadarma
Universitas Trisakti
Dsb.

Tinggalkan Balasan