Home » Artikel » KEGIATAN AKADEMIK DI PKN STAN

KEGIATAN AKADEMIK DI PKN STAN

Kamu mahasiswa baru PKN STAN ? Bagaimana sih kegiatan akademik STAN serta suasana kuliah di STAN? Berikut ini pembahasan lengkap mengenai kegiatan akademik STAN untuk kalian yang masih berstatus mahasiswa baru.

Kegiatan Akademik STAN

KEGIATAN AKADEMIK STAN

A. Jenis Kegiatan Akademik STAN

Kegiatan akademik di Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN) terdiri dari:

  1. Acara Tatap Muka Terjadwal

Acara tatap muka terjadwal adalah kegiatan akademik yang dilaksanakan dengan mengutamakan komunikasi langsung antara tenaga pengajar dan mahasiswa dengan menggunakan berbagai metode belajar mengajar, termasuk kegiatan di laboratorium.

  1. Kegiatan Akademik Terstruktur

Acara kegiatan akademik terstruktur adalah kegiatan akademik yang tidak terjadwal namun direncanakan oleh tenaga pengajar dalam bentuk membuat pekerjaan rumah dan menyelesaikan tugas-tugas lain.

  1. Kegiatan Akademik Mandiri

Acara kegiatan akademik mandiri adalah kegiatan akademik yang harus dilakukan mahasiswa secara mandiri guna mempersiapkan diri untuk menerima kuliah, dengan membaca buku kuliah, buku yang diwajibkan dan dianjurkan.

  1. Kegiatan Akademik Lainnya

Kegiatan perkuliahan lainnya dapat berupa seminar, simposium, diskusi panel, lokakarya, dan sejenisnya.

  1. Kegiatan Penunjang Akademik

Kegiatan penunjang akademik dilakukan oleh penyelenggara pendidikan bekerjasama dengan pihak eksternal dalam bentuk asistensi, pembentukan kepribadian, pembinaan , dan kedisiplinan.

B. Petunjuk Umum Kegiatan Akademik STAN

  1. Semester

Semester yang diselenggarakan di Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) terdiri dari semester gasal dan genap. Penyelenggaraan kuliah satu semester dilaksanakan sebanyak 16 pertemuan (tatap muka) selama 16 minggu (1 Pertemuan per mata kuliah per minggu atau lebih dari 1x pertemuan). Syarat minimal pertemuan (tatap muka) tiap semester adalah 13x pertemuan. Bila syarat minimal tidak terpenuhi, maka mahasiswa kelas bersangkutan tidak dapat mengikuti ujian.

  1. Satuann Kredit Semester (SKS)

Administrasi akademik pendidikan program diploma bidang keuangan diselenggarakan dengan menerapkan sistem satuan kredit semester (SKS). SKS di Poleteknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) dilaksanakan dalam bentuk paket, dimana setiap semester jumlah SKS dan mata kuliah yang diambil mahasiswa sudah ditetapkan oleh Politeknik Keuangan Negara PKN STAN.

  1. Waktu Belajar (Tatap Muka)

Pelaksanaan kegiatan tatap muka dilaksanakan pada hari kerja (Senin s.d Jumat). Waktu tatap muka di Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) disesuaikan dengan jumlah SKS dari masing-masing mata kuliah. Waktu tatap muka setiap SKS adalah 50 menit. Pembagian waktu atau jadwal tatap muka di Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) didasarkan pada urutan jam dengan pembagian sebagai berikut:

Tabel urutan jam dan waktu kuliah:

WAKTU KULIAH JAM KE KETERANGAN
07.30-08.20 1
08.30-09.20 2
09.30-10.20 3
10.30-11.20 4 Digunakan untuk kegiatan perkuliahan agama selain islam
11.30-12.20 5
12.30-13.20 6
14.00-14.50 7
15.00-15.50 8
16.00-16.50 9
18.30-19.20 10
19.30-20.20 11
20.30-21.20 12

Keterangan: Pada hari Jumat, jam ke 4,5,6 dikosongkan, kecuali untuk mata kuliah agama selain islam

**

Cek di Instagram @bimbelbebas karena Banyak banget info terbaru dan tips n trick tentang PKN STAN loh! Tersedia juga program bimbel lengkap dan terjangkau. Go follow @bimbelbebas sekarang juga!

https://www.instagram.com/bimbelbebas/

Buat kamu yang BELUM gabung di grup pejuang STAN, yuk join di sini

http://bimbelbebas.com/join/

Kamu bisa saling berbagi informasi dengan teman seperjuanganmu dari berbagai daerah. Juga ada informasi seputar STAN dan link tryout yang akan diberikan setiap minggunya. Jangan sampai ketinggalan ya ūüôā

Tinggalkan Balasan