Home » Artikel » KEGIATAN BESAR ANAK POLITEKNIK KEUANGAN NEGARA STAN

KEGIATAN BESAR ANAK POLITEKNIK KEUANGAN NEGARA STAN

KEGIATAN KEGIATAN BESAR DI STAN

KEGIATAN BESAR ANAK POLITEKNIK KEUANGAN NEGARA STAN

Dengan tujuan untuk mengembangkan bakat dan minat, membangun karakter mahasiswa, atau tujuan-tujuan lain, anak Politeknik Keuangan Negara STAN atau PKN STAN mengadakan kegiatan rutin yang bersifat tahunan dan terjadwal ataupun insidental. Kegiatan-kegiatan besar yang diadakan oleh anak Politeknik Keuangan Negara STAN atau PKN STAN diantaranya sebagai berikut:

  1. Ujian Saringan Masuk

Ujian Saringan Masuk (USM) Politeknik Keuangan Negara STAN atau USM PKN STAN adalah kegiatan yang diselenggarakan anak Politeknik Keuangan Negara STAN atau PKN STAN sebagai bagian dari proses penerimaan mahasiswa baru Politeknik Keuangan Negara STAN atau PKN STAN. Peserta USM Politeknik Keuangan Negara STAN atau USM PKN STAN adalah siswa lulusan SMA/SMK/sederajat untuk semua jurusan, dan peserta USM Politeknik Keuangan Negara STAN atau USM PKN STAN ini hanya diperbolehkan mengikuti USM Politeknik Keuangan Negara STAN atau USM PKN STAN jika memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Untuk menjaring putra/putri terbaik dari seluruh wilayah di Indeonesia, dari tahun ke tahun USM STAN biasanya dilaksanakan serentak di berbagai titik yang tersebar di seluruh Indonesia, yakni sebagai berikut:

  1. Tes Tertulis (Tes Potensi Akademik dan Tes Bahasa Inggris)
  1. Jakarta
  2. Banda Aceh
  3. Medan
  4. Padang
  5. Pekanbaru
  6. Batam
  7. Jambi
  8. Bengkulu
  9. Palembang
  10. Bandar Lampung
  11. Cimahi
  12. Semarang
  13. Yogyakarta
  14. Surabaya
  15. Malang
  16. Denpasar
  17. Mataram
  18. Kupang
  19. Pontianak
  20. Banjarmasin
  21. Balikpapan
  22. Manado
  23. Palu
  24. Makassar
  25. Ambon
  26. Sorong
  27. Jayapura

 

  1. Tes Kesehatan-Kebugaran
  1. Jakarta
  2. Medan
  3. Pekanbaru
  4. Palembang
  5. Cimahi
  6. Semarang
  7. Yogyakarta
  8. Surabaya
  9. Malang
  10. Denpasar
  11. Makassar

 

  1. Tes Kompetensi Dasar
  1. Jakarta
  2. Medan
  3. Pekanbaru
  4. Palembang
  5. Cimahi
  6. Semarang
  7. Yogyakarta
  8. Surabaya
  9. Malang
  10. Denpasar
  11. Makassar

 

 

Mulai tahun 2011 USM Politeknik Keuangan Negara STAN atau USM PKN STAN memiliki perbedaan dengan kegiatan yang diselenggarakan tahun sebelumnya, yaitu mengenai tahapannya. Sebelum tahun 2011 hanya diberlakukan satu tahap ujian yaitu tes tulis saja, namun mulai tahun 2011, USM Politeknik Keuangan Negara STAN atau USM PKN STAN diselenggarakan dengan tiga tahap ujian yaitu tes tulis, kesehatan dan kebugaran, dan tes kompetensi dasar. Ujian Saringan Masuk juga diperuntukkan untuk DI dan DIII yang akan melanjutkan ke DIII khusus dan DIV.

  1. Daftar Ulang dan Orientasi Kampus

Dinamika adalah salah satu bentuk kegiatan dari anak Politeknik Keuangan Negara STAN atau PKN STAN yang dilaksanakan untuk menyambut kedatangan mahasiswa dan mahasiswi baru Politeknik Keuangan Negara STAN atau PKN STAN. Dinamika, yang merupakan singkatan dari Studi Perdana Memasuki Kampus ini merupakan ajang kegiatan kepada mahasiswa dan mahasiswi baru, sebut saja MABA dan MIBA untuk mengenal kampus dan kehidupan didalamnya sebelum mereka benar-benar menjejakkan kaki mereka untuk menuntut ilmu di kampus Politeknik Keuangan Negara STAN atau PKN STAN tercinta ini. Dinamika merupakan acara tahunan, yang dilaksanakan setiap ada penerimaan mahasiswa baru. Dinamika sendiri adalah gambaran singkat mengenai kehidupan di kampus untuk satu atau tiga tahun kedepan yang bertujuan agar para mahasiswa baru mengerti bagaimana kebudayaan kampus, lebih jelas mengenai peraturan di kampus, tata cara perkuliahan, dsb.

  1. Pekma

Pekma atau Pekan Mahasiswa merupakan kegiatan wajib dari lembaga untuk seluruh anak Politeknik Keuangan Negara STAN atau PKN STAN yang diadakan selama seminggu setelah UTS dan UAS di tiap semester. Pekan Mahasiswa adalah rangkaian acara yang atraktif dan edukatif. Mulai dari acara perlombaan akademis seperti cerdas cermat Bahasa Inggris, Creative Video, mading 3D, hingga Discussion Panel. Serta ada perlombaan di bidang olahraga. Tidak hanya itu saja, terdapat pula STAN Art Week yang merupakan acara seni mulai dari lomba mural, STAN Got Talent, sampai malam puncak bertajuk “Jaz Nite” yang tahun 2014 ini mengundang WSATCC. Tak lupa acara sosial dari share KSR yang melengkapi rangkaian acara Pekma 2014.

  1. Capacity Building

Selain Dinamika, untuk membentuk kedisiplinan mahasiswa dan juga agar mahasiswa juga tidak apatis dengan lingkungan maka mahasiswa akan diberikan pelatihan Mental Fisik Disiplin (MFD) di acara Capacity Building. Tahun lalu, kegiatan ini dilaksanakan di bumi perkemahan Cibubur selama beberapa hari. Acara ini tidak kalah seru dibandingkan Dinamika dan juga berkesan pastinya karena selain pelatihan kedisiplinan juga nantinya akan dilatih sikap, baris-berbaris, team work, integritas, mempraktikkan budaya 3S, dan sebagainya.

  1. Kuliah Umum

Selain pembelajaran materi di kelas, Politeknik Keuangan Negara STAN atau PKN STAN juga memfasilitasi mahasiswanya dengan materi yang disampaikan di luar jadwal pembelajaran. Itulah yang disebut Kuliah Umum. Pada dasarnya, kuliah umum adalah suatu cara untuk memperluas wawasan mahasiswa Politeknik Keuangan Negara STAN atau PKN STAN sehingga tidak terbatas pada materi perkuliahan saja, karena di dalam kuliah umum ini pemateri tidak hanya berbicara soal teknis dan akademis, namun juga pengalaman, tips dan trik serta pesan-pesan motivasi untuk menghadapi masa pembelajaran di Politeknik Keuangan Negara STAN atau PKN STAN dan kehiduan sebagai seorang abdi Negara nantinya.

Kuliah umum di Politeknik Keuangan Negara STAN atau PKN STAN biasanya diselenggarakan di gedung Student Center atau di gedung G pada saat Pekan Mahasiswa ata di akhir masa periode perkuliahan pada pekan ke 16. Pematerinya tentu saja sangat menarik karena merupakan para lulusan Politeknik Keuangan Negara STAN atau PKN STAN yang sangat menginspirasi. Sebut saja seperti Helmi Yahya, Dandosi M., Sudirman Said dan banyak tokoh besar lainnya.

  1. Wisuda

Wisuda adalah suatu proses pelantikan kelulusan mahasiswa yang telah menempuh masa belajar setelah pelaksanaan yudisium dan acara tersebut dihadiri oleh para orang tua mahasiswa. Wisuda ini bersifat opsional.

Untuk lebih meningkatkan kecintaan terhadap kampus, di tahun 2014 ini wisuda Program Diploma I Spesialisasi Pajak serta Kepabenan dan Cukai dilaksanakan di Student Center Politeknik Keuangan Negara STAN atau PKN STAN Jakarta, sedangkan beberapa waktu sebelumnya dilaksanakan di JCC ataupun SICC dengan kehadiran Menteri Keuangan. Adapun BDK dapat menyelenggarakan wisuda sendiri seperti BDK Medan, Yogyakarta, Malang, Denpasar sementara BDK Makasar pernah menyelenggarakan wisuda sendiri dan pernah bergabung dengan wisuda yang diselenggarakan oleh kampus Politeknik Keuangan Negara STAN atau PKN STAN Bintaro. Selain itu juga terdapat wisuda insidentil untuk program-program pendidikan yang khusus jika masa pendidikan usai tidak bersamaan dengan usianya masa pendidikan mahasiswa program reguler.

Tinggalkan Balasan