Home » Artikel » Menentukan Pilihan Jurusan Kuliah ala Akademisi Unpar

Menentukan Pilihan Jurusan Kuliah ala Akademisi Unpar

Bagi siswa SMP atau siswa kelas 10 dan 11, memikirkan jurusan yang akan dipilih saat melanjutkan ke perguruan tinggi perlu dilakukan mulai dari sekarang. Meski terlihat gampang, namun menentukan pilihan jurusan kuliah sering membuat siswa galau. Ketika sudah memilih suatu jurusan, calon mahasiswa otomatis bertahan pada pilihan itu hingga meraih gelar sarjana. Untuk membantu para siswa mengelimir rasa bimbang dalam menentukan jurusan kuliah, Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung melalui Lembaga Pengembangan Humaniora (LPH) berbagi tips kepada para siswa.

Konselor LPH Unpar Ignatia Ria Natalia menerangkan, pilihan para siswa menentukan masa depanmu. Walaupun baru lulus dari kelas IX atau baru memulai masuk SMA tetapi sebaiknya merencanakan masa depan itu dipersiapkan sejak awal atau saat usia remaja.

Menurut Ria, ada beberapa hal yang perlu dilakukan dalam menentukan pilihan jurusan kuliah. Ria menjelaskan, secara umum sudah sewajarnya setiap orang mempunyai tujuan sehingga orientasi dan energi yang disalurkan untuk mencapai tujuan itu takkan percuma.

Termasuk para pelajar yang baru lulus sekolah menengah pertama, tak ada salahnya jika sudah menentukan tujuan demi masa depan yang menjanjikan.

Ria membagikan tips dan trik sebelum memilih jurusan kuliah yang tentunya berdampak pada prospek kerja di masa mendatang. Tips dari Ria antara lain: Aktif mencari informasi (jurusan yang diminati dan kampus yang dituju), time management (berlatih mendisiplinkan diri), effort (menyiapkan diri dengan belajar), membuat target harian (membuat setiap harimu menjadi lebih produktif). Sementara tujuan dari kuliah antara lain memperluas wawasan, mendewasakan pola pikir, melatih soft skills, memperluas jaringan relasi, dan meningkatkan kompetensi kerja. Menurut dia, memilih jurusan adalah bagian dari proses belajar.

Sebab yang tersulit bukanlah memilih tetapi bertahan pada pilihan dan mesti bertanggung jawab dengan pilihan yang telah dibuat.

sumber: kompas.com

Tinggalkan Balasan