Home » Artikel » MENGENAL ORGANISASI MAHASISWA PKN STAN

MENGENAL ORGANISASI MAHASISWA PKN STAN

ORGANISASI MAHASISWA STAN
ORGANISASI MAHASISWA STAN

Organisasi Mahasiswa PKN STAN adalah wadah mahasiswa sebagai sarana belajar non akademis untuk mengembangkan bakat dan minat serta kemampuan softskill. Organisasi mahasiswa PKN STAN yang ada saat ini adalah 1) Keluarga Mahasiswa STAN meliputi Badan Legislatif Mahasiswa (BLM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Badan Audit Keuangan (BAK), Media Center sebagai Lembaga Otonom, 4) Lembaga Keagamaan, dan 5) Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sebagai organisasi yang berada dalam kepengurusan BEM.

  1. KELUARGA MAHASISWA STAN

BADAN LEGISLATIF MAHASISWA (BLM)

BLM STAN merupakan badan kegiatan mahasiswa yang berfungsi sebagai pengawas dan pengendali kehidupan dinamika keorganisasian dan aspirasi mahasiswa. Dengan demikian BLM STAN merupakan struktur tertinggi dalam keorganisasian mahasiswa Kampus STAN. Badan Legislatif Mahasiswa ibaratnya berfungsi sebagai DPR dalam sistem tata pemerintahan NKRI. Fungsi BLM STAN dipertanggungjawabkan dalam Rapat Akbar Keluarga Mahasiswa (RAKM) STAN.

BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA (BEM)

BEM merupakan badan kegiatan mahasiswa yang berfungsi sebagai pelaksana dan koordinator kegiatan KM STAN yang dilaksanakan di dalam dan di luar Kampus STAN. BEM bertugas mengkoordinasikan seluruh kegiatan mahasiswa STAN. Anggota BEM STAN biasanya merupakan aktivis-aktivis kampus dengan mobilitas yang tinggi. BEM STAN juga menjadi wadah aspirasi sekaligus menjadi wadah mengembangkan kemampuan soft skill bagi mahasiswa STAN. Terdapat 7 (tujuh) kementerian dalam struktur kepengurusan BEM STAN yaitu Kementerian keuangan, Kementerian PPSDM, Kementerian Olah Raga, Kementerian Seni & Budaya, Kementerian Kominfo, Kementerian Sosial, dan Kementerian Relasi Publik & Politik. BEM STAN memiliki jargon “Aktif, Kooperatif, Produktif”.

BADAN AUDIT KEUANGAN (BAK)

BAK STAN resmi berdiri tanggal 7 Agustus 2010. BAK merupakan badan kegiatan mahasiswa yang berkonsentrasi di bidang audit. Badan Audit Keuangan bertugas memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab tentang keuangan Keluarga Mahasiswa STAN. BAK mempunyai visi menjadi badan audit kemahasiswaan KM STAN yang bebas, mandiri, dan profesional serta berperan aktif dalam tata kelola keuangan KM STAN yang akuntabel dan transparan.

LEMBAGA PERS MAHASISWA:

MEDIA CENTER

Media Center STAN merupakan organisasi mahasiswa PKN STAN yang bergerak dalam bidang jurnalistik dan berstatus sebagai Lembaga Pers Mahasiswa. Dengan Jargon “Mencerdaskan dan Mencerahkan”, media Center STAN selalu mengupayakan terciptanya arus informasi yang efektif dan faktual di masyarakat, khususnya bagi mahasiswa STAN. Media Center STAN menghasilkan produk jurnalistik berupa tabloid Civitas dan buletin Oven News. Media Center STAN juga mengelola situs www.mediacenterstan.com yang berisi kabar-kabar teraktual seputar STAN.

PANITIA PEMILIHAN RAYA STAN

Pemilihan Raya atau biasa disebut Pemira merupakan sarana untuk mewujudkan kedaulatan mahasiswa sebagaimana diamanatkan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Keluarga Mahasiswa STAN.

Pemira ini diselenggarakan secara demokratis dan beradab melalui partisipasi mahasiswa seluas-luasnya berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil untuk memilih Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa, Ketua dan Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Spesialisasi (HMS) dan Anggota Badan Legislatif Mahasiswa (BLM) yang dilaksanakan satu tahun sekali. Panitia Pemilihan Raya yang selanjutnya disingkat PPR adalah badan mandiri yang bertugas menuelenggarakan Pemira sebagaimana dimaksud dalam AD/ART KM STAN. Pemungutan suara pemira ini dapat dilaksanakan secara serentak diseluruh kampus sesuai dengan tempat kedudukan KM STAN.

  1. HIMPUNAN MAHASISWA PRODI (HMP)
NO NAMA HUMPUNAN MAHASISWA PRODI
1 Ikatan Mahasiswa Pajak (IMP)
2 Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMAS)
3 Himpunan Mahasiswa Penilai (HMP)
4 Himpunan Mahasiswa PPLN (HIMA PPLN)
5 Forum Komunikasi Mahasiswa Anggaran (FOKMA)
6 Keluarga Mahasiswa Bea dan Cukai (KMBC)

 

  1. BADAN OTONOM

KOPERASI MAHASISWA (KOPMA)

Kopma STAN merupakan badan otonom yang bergerak daam bidang peroperasian mahasiswa STAN yang didirikan secara resmi sebagai  badan hukum pada tanggal 4 Desember 1989 dengan nmor badan hukum No.2437/B.H/I yang ditetapkan oleh Kepala Kanwil Departemen Koperasi Propinsi DKI Jakarta. KOPMA STAN merupakan komunitas bisnis anak STAN didirikan oleh Helmy Yahya dan memiliki banyak kegiatan enterpreneur sehinhha mahasiswa dapat terjun langsung dan mempelajari dunia bisnis melalui berbagai divisi yang dimiliki kopma.

STAN PECINTA ALAM (STAPALA)

STAPALA merupakan badan otonom yang menjadi wadah bagi mahasiswa STAN yang suka berpetualang di alam bebas. Kegiatan yang diadakan STAPALA seperti pendakian gunung, susur gua, arung jeram dan masih banyak hal yang lebih menantang di STAPALA. Keanggotan STAPALA berlaku seumur hidup yang mencerminkan eratnya kekeluargaan anggota STAPALA.

STAN MUSIC COMMUNITY (SMC)

SMC merupakan badan otonom mahasiswa yang berderal dalam bidang seni musik. SMC juga merupakan media penyalur dan pengembangan minat dan bakat di bidang seni musik bagi seluruh civitas akademika STAN. SMC telah memiliki lebih dari 250 anggota tetap, dan telah mengukir cukup banyak prestasi di dalam dan di luar kampus STAN, selain sering diundang untuk mengisi acara-acara di kampus STAN sendiri. SMC memiliki motto “Satukan Jiwa Dalam Nada” dan “Kalau Bukan Kita Siapa Lagi?”

STAN ENGLISH CLUB (SEC)

SEC merupakan badan otonim yang melakukan pengembangan potensi bahasa inggris mahasiswa STAN. Ada banyak kegiatan yang diadakan SEC diantaranya, Debate, Conversation Club, Toefl Clinic dan masih banyak lagi. SEC setiap tahunnya selalu mengharumkan nama STAN dalam Kompetisi Bahasa Inggris yang diikuti.

  1. LEMBAGA KEAGAMAAN

MASJID BAITUL MAAL (MBM)

MBM adalah nama sebuah masjid di lingkungan Badan Diklat Keuangan yang dulunya terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Ketika pendidikan dipindahkan ke Jurangmangu, aktivitas MBM ikut berpindah dengan membangun sebuah masjid di lokasi kampus STAN di Jurangmangu. Kegiatan MBM antara lain: Kejian mingguan dan bulanan, pelaksanaan solat jumat, mentoring, pengumpulan zakat, dll. Sistem dakwah MBM cukup mapan sebagai sarana kaderisasi dan motor penggerak kegiatan-kegiatan keislaman di kampus.

PERSEKUTUAN MAHASISWA KRISTEN (PMK)

PMK merupakan lembaga keagamaan bagi mahasiswa STAN yang beragama Kristen. Dengan memegang slogan “student today, leader tomorrow” PMK STAN berusaha menghasilkan alumni profesional dan takut akan Tuhan. PMK STAN rutin melakukan kebaktian yang dilaksanakan pada hari Jumat di kampus Bintaro.

KELUARGA MAHASISWA KATOLIK (KMK)

KMK merupakan lembaga keagamaan bagi mahasiswa STAN yang beragama katolik. KMK STAN terarah pada pembinaan dan penempaan mental spiritual berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta dijiwai iman dan moral kristiani. KMK menjadi wadah berkreasi, mengasah talenta, dan belajar berorganisasi, selai itu KMK juga berperan sebagai keluarga yang didalamnya terdapat anggota keluarga dari berbagai suku dan kebudayaan. Seluruh anggota KMK saling mendukung dan melayani dalam kasih.

KELUARGA MAHASISWA HINDU BUDHA (KMHB)

KMHB merupakan lembaga keagamaan yang menaungi seluruh mahasiswa STAN yang beragama hindu dan budha. KMHB memiliki visi “menyediakan wadah untuk menjalin dan membina rasa kebersamaan, kesetiakawanan, khususnyadi antara anggota dan dengan masyarakat kampus pada umumnya melalui pembinaan mental dan aspek spiritual”. Kegiatan KMHB mayoritas bernuansa keagamaan dan kebudayaan. Mulai dari persembayangan rutin setiap hari raya purnama/tilem, piodalan di pura, diskusi agama, hingga acara semacam ngelawar bersama juga diadakan disini.

LEMBAGA KEAGAMAAN SPESIALISASI

IKATAN MAHASISWA MUSLIM AKUNTANSI (IMMSI)

IMMSI merupakan organisasi dibawah naungan Masjid Baitul Maal (MBM). IMMSI adalah lembaga keagamaan untuk mahasiswa muslim spesialisasi Akuntansi. Selain melakukan dakwah, IMMSI menjadi sarana pengembangan serta aktualisasi generasi muslim STAN untuk mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia kerja.

IKATAN MAHASISWA MUSLIM PENILAI (IMMP)

IMMP merupakan organisasi dakwah khususnya untuk mahasiswa penilai/PBB. IMMP memiliki visi mewujudkan IMMP sebagai sahabat dan teladan bagi mahasiswa penilai dalam menjalani kehidupan dengan tetep berada pada jalan islam.

UKHUWAH MAHASISWA MUSLIM PAJAK (UMMP)

UMMP merupakan organisasi dakwah kampus yang berusaha mepertahankan iklim kampus STAN yang islami khususnya di kalangan mahasiswa muslim spesialisasi Pajak. Selain itu UMMP memiliki beragam aktivitas yang mewarnai kehidupan kampus dan menyeimbangkan kehidupan ibadah dan akademis.

IKATAN MAHASISWA MUSLIM ANGGARAN (IMMA)

IMMA merupakan organisasi dakwah bagi mahasiswa muslim berkalung merah alias spesialisasi kebendaharaan negara. IMMA selalu berusaha untuk memberikan kontribusi bagi pembinaan mahasiswa muslim kebendaharaan negara baik itu masalah ibadah maupun akademis.

IKATAN MAHASISWA MUSLIM BEA CUKAI (IMMBC)

IMMBC merupakan organisasi keagamaan di lingkungan kampus STAN Prodip Kepabeanandan Cukai. IMMBC mewadahi kegiatan islami para mahasiswa muslim bea dan cukai dan memiliki misi untuk menyebarluaskan syiar islam, peningkatan iman, taqwa dan pengetahuan kepada mahasiswa muslim Kepabeanan dan Cukai.

SILATURAHMI MUSLIM PIUTANG LELANG (SIMPUL)

SIMPUL merupakan organisasi keagamaan yang menaungi seluruh mahasiswa spesialisasi Pengurusan Piutang & Lelang Negara (PPLN). SIMPUL memiliki beberapa misi yaitu mempererat ukhuwah islamiyah, sebagai media dakwah, dan membangun generasi cendekia muslim demi keadilan dan kesejahteraan.

  1. UNIT KEGIATAN MAHASISWA

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah Elemen Kampus (Elkam) di bawah BEM. Mahasiswa STAN dapat mengikuti kegiatan kemahasiswaan ini untuk mengembangkan bakat dan minat atau sekedar hobi. Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di STAN yaitu:

BADAN KELENGKAPAN NO ORGANISASI
UKM 1 STAN Enterpreneur Education Club (SEEC)
2 PKAKP
3 Al Lughoh
4 SHAFG
UKM SOSIAL 5 Korps Sukarela (KRS) STAN
6 Interaction
7 Bambu Pelangi
UKM REPUBLIK 8 SPEAK
UKM OLAHRAGA 9 Merpati Putih
10 Karate
11 Perisai Diri
12 Voli
13 Catur
14 Aikido
15 Taekwondo
16 Badminton
17 Tenis Lapangan
18 Tenis Meja
19 Basket
20 Futsal
21 Biliard
22 Satcom
UKM SENBUD 23 Scene
24 Sabda Nusa
25 Teater Alir
26 Aksara
27 Mafos
28 Voca Wardhana
29 Animac
30 Kertas
UKM KOMINFO 31 STAN IC

Tinggalkan Balasan