Home » Artikel » 4 Hal yang Harus dihindari pada H-1 Ujian Nasional

4 Hal yang Harus dihindari pada H-1 Ujian Nasional

Cara Sukses Menghadapi Ujian Nasional
Cara Sukses Menghadapi Ujian Nasional

Tips Sukses Mengerjakan Ujian Nasional !!…

  1. BELAJAR

Lho mau Ujian Nasional kok malah tidak boleh belajar. Ya ketika sudah memasuki H-1 Anda disarankan untuk mengambil rehat untuk merelaksasi pikiran Anda, melepaskan tingkat Stres Anda, serta menyeimbangkan tingkat emosi Anda. Hal ini dikarenakan ketika Anda belajar dengan menggebu-gebu di malam sebelum pelaksanaan Ujian Nasional, otak Anda akan kelelahan dan berakibat rendahnya tingkat konsentrasi yang berakibat kepada kelancaran mengerjakan soal.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan dilansir dari Tempo.com berpesan kepada para orang tua agar tidak memarahi anak-anak mereka yang tengah menjelang Ujian Nasional untuk sekolah menengah atas.

“Bapak-Ibu, jangan marahi anaknya bila pada malam hari tidak belajar menjelang Ujian Nasional,” katanya di Kampung Laladon, Kabupaten Bogor, Sabtu, 11 April 2015.

Ia justru menyarankan anak-anak SMA dan sederajat itu tidak belajar pada malam menjelang Ujian Nasional dan tidur lebih awal. Sebab, dengan begitu, mereka bisa tidur cukup. Jadi pada pagi harinya mereka bisa melaksanakan Ujian Nasional dengan kondisi tubuh segar dan mampu lebih memfokuskan pikiran.

Anies menyarankan para siswa belajar keras sampai Sabtu sore, 11 April 2015. Pada Ahad, 12 April 2015, mereka tak perlu belajar terlalu keras. “Baca-baca sedikit boleh, tapi jangan belajar keras hingga larut malam. Sistem kebut semalam namanya nanti,” katanya.

Ia pun mengingatkan agar para siswa berdoa menjelang ujian. “Dan juga jangan lupa meminta didoakan oleh orang tua,” katanya.

Ujian nasional tingkat sekolah menengah atas akan mulai dilaksanakan pada Senin 13 April 2015. Ada dua cara ujian yang diberlakukan tahun ini, yakni manual dan berbasis komputer.

Yang paling berbeda dalam ujian kali ini adalah nilai ujian tidak menjadi satu-satunya syarat kelulusan bagi siswa. Kelulusan siswa kini diputuskan sekolah dengan melihat berbagai aspek.

  1. TIDUR LARUT MALAM

Tidur malam membuat Anda cenderung untuk bangun telat pada keesokan harinya. Apapun alasannya, ketika Anda memasuki waktu-waktu kritis dalam hidup Anda, jagalah fisik Anda. Karena akan sangat menyakitkan bila apa yang telah kita persiapkan selama ini hancur begitu saja akibat kita tidak bisa mengatur waktu tidur kita. Tidur larut malam tidak dianjurkan oleh atlet karena dapat menurunkan stamina. Begitu pula bagi Anda yang hendak melaksanakan Ujian Nasional dimana kita dituntut untuk berfikir dalam durasi yang cukup lama. Apabila Anda benar-benar tidak bisa tidur, ingat-ingatlah kembali aktivitas apa yang membuat Anda cepat mengantuk dan lakukan aktivitas tersebut.

  1. GELISAH

Gelisah adalah perasaan hati yang selalu takut akan suatu hal yang buruk di masa depan. Biasanya hal ini melanda Anak SMA yang hendak melaksanakan Ujian Nasional. Mereka terlalu takut akan soal-soal yang sulit, ketika mereka lupa rumus, dan ketika waktu telah habis dan banyak soal yang belum di isi. Apabila Anda benar-benar mengalami kegelisahan pada H-1 Ujian Nasional, maka ambilah nafas panjang untuk merelaksasi pikiran Anda. Perbanyak ibadah sesuai dengan Agama Anda dan nikmatilah ibadah yang Anda jalani. Ibadah adalah kunci ketenangan.

  1. MUDAH PERCAYA KEPADA ISU YANG BEREDAR

Isu-isu mengenai bocornya kunci jawaban Ujian Nasional hampir setiap tahun terjadi. Biasanya ada nomor yang tidak dikenal yang mengirim pesan berisi pilihan atau kunci jawaban pelajaran yang diujikan. Anda harus selektif dan benar-benar hati-hati dengan yang satu ini. Ketika Anda mudah percaya bukannya nilai bagus yang Anda dapatkan melainkan sebaliknya.

Apabila Anda merasa artikel ini bermanfaat maka Anda dapat membaginya dengan teman-teman yang Anda sayangi untuk kesuksesan masa depan..

Tinggalkan Balasan