Home » Artikel » TAHUN INI, PENDAFTAR PKN STAN SEMAKIN MUDAH

TAHUN INI, PENDAFTAR PKN STAN SEMAKIN MUDAH

Tahun-ini-Masuk-PKN-STAN-Semakin-Mudah

PENDAFTAR PKN STAN

Tahun 2015 merupakan tahun dimana pendaftar PKN STAN mengalami penurunan. Terhitung jumlah pendaftar PKN STAN yang memenuhi kriteria administratif hanya sekitar 60.000 peserta saja. Jauh berbeda dengan tahun lalu yang mencapai 100-ribu lebih pendaftar.

Penurunan yang signifikan ini terjadi karena molornya pengumuman STAN yang diharapkan keluar sekitar bulan Mei 2015. Banyak yang mengambil kesimpulan bahwa tahun ini tidak ada penerimaan STAN. Alhasil banyak yang sudah terlanjur mengambil jalan lain seperti Universitas Negeri maupun Swasta.

Jeda waktu pengumuman pendaftaran hingga tes tulis juga tidak ada satu bulan. Jadi bagaimana bisa belajar?

Dengan kondisi seperti ini, yang paling diuntungkan adalah mereka yang sudah menyiapkan semuanya dengan matang. Mereka yang mengambil bimbel, ikut try out, mempelajari buku kumpulan soal, dan aktif mencari berita di internetlah yang memiliki kesempatan paling besar untuk diterima di STAN jika dibanding dengan mereka yang pesimis dan menunggu kepastian pendaftaran PKN STAN.

Sebenarnya jika dipikir matang-matang, kita tidak perlu menunggu pengumuman STAN untuk belajar. Belajar itu proses yang tidak akan sia-sia. Jadi ketika anda sudah mempersiapkan USM STAN dengan belajar giat, semua tidak akan sia-sia walaupun tidak ada USM STAN. Toh kalaupun tahun ini belum ada, kemungkinan untuk ada di tahun depan kan semakin besar. Jadi kita lebih siap untuk menghadapinya karena kita sudah siap satu tahun sebelumnya. Kalaupun ada beberapa materi yang terlupa, akan dengan mudah anda pelajari kembali karena anda sudah memiliki dasar.

Sebaliknya apabila anda menunggu-nunggu pengumuman pendaftaran dengan alasan takut kalau dengan tidak adanya pengumuman belajar menjadi sia-sia, anda akan merugi karena ketika pengumuman ada anda hanya memiliki sedikit waktu untuk belajar. Ketika anda menyadari bahwa anda belum memiliki persiapan sama sekali sedangkan USM STAN semakin dekat, anda akan mengalami kekhawatiran yang luar biasa dan ujung-ujungnya persiapan anda tidak maksimal.

Tinggalkan Balasan