Home » Artikel » RESMI MENJADI MAHASISWA PKN STAN

RESMI MENJADI MAHASISWA PKN STAN

BUKU MANUAL REGISTRASI SPMB PKN STAN
BUKU MANUAL REGISTRASI SPMB PKN STAN

Assalamualaikum. Saya lulusan dari SMK N 1 Bawang jurusan akuntansi tahun 2016. Hidup dari keluarga yang sederhana membuat saya harus berfikir untuk tetap melanjutkan pendidikan namun tidak memberatkan kedua orang tua. Akhirnya saya putuskan untuk melanjutkan pendidikan ikatan dinas di PKN STAN. Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) adalah pendidikan ikatan dinas di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan. Di PKN STAN terdapat 9 program studi yang dibagi terbagi menjadi 2 yaitu Diploma I dan Diploma III. Diploma I terdiri dari Diploma I  Kebendaharaan Negara, Diploma I  Kepabeanan dan Cukai, dan Diploma I  Pajak. Sedangkan Diploma III terbagi menjadi Diploma III Akuntansi, Diploma III Kepabeanan dan Cukai, Diploma III Pajak, Diploma III Pajak Bumi dan Bangunan/ Penilai, Diploma III Kebendaharaan Negara, dan Diploma III Manajemen Aset.

Saat kelas 12 ada organda dari Banjarnegara yang melakukan sosialisasi tentang Pendidikan Ikatan Dinas PKN STAN di sekolah saya. Hal tersebut yang membulatkan tekad saya untuk mendaftar USM PKN STAN tahun 2016. Setelah itu saya mengikuti tryout yang diadakan oleh Bimbingan Belajar Science Society di Banjarnegara. Sebelumnya, saya tidak mengerti apa saja yang akan diteskan di USM PKN STAN. Tryout dilaksanakan saat terjadi Gerhana Matahari di SMA N 1 Banjarnegara. Namun dalam tryout tersebut saya belum lolos nilai mati di TBI. Saat itu saya merasa sedikit putus asa, namun tryout tersebut saya jadikan motivasi untuk belajar lebih. Akhirnya saya membeli buku USM PKN STAN yang dijual bersamaan dengan kegiatan tryout. Setiap hari saya mempelajari materi USM PKN STAN terutama bagian TBI yang masih sangat kurang saya mengerti.

Pada bulan Maret PKN STAN resmi membuka pendaftaran untuk pendidikan ikatan dinas. Akhirnya saya melakukan registrasi online di sekolah bersama dengan teman-teman seperjuangan pada tanggal 22 Maret 2016 sepulang sekolah. Saya mengisi dta diri seauai dengan raport sekolah. Jurusan prioritas saya adalah pendidikan ikatan dinas D1 Pajak dengan mengambil lokasi tes di Yogyakarta. Setelah itu saya segera membayar biaya registrasi sebesar Rp. 250.000 melalui Bank Mandiri.

Sembari menunggu jadwal verifikasi, saya menyiapkan beerapa dokumen yang diperlukan seperti data diri, pas foto ukuran 4×6, BPO, satu set raport asli semeater 1-5 dan raport yang telah dilegalisasi sekolah. Setelah menunggu beberapa hari akhirnya jadwal verifikasi berkas diumumkan lewat website. Saya mendapat jadwal verifikasi pada hari pertama tanggal 13 April 2016.

Saya berangkat ke Yogyakarta bersama teman dengan menyewa mobil. Saya berangkat pukul 06.00 WIB dan sampai sana pukul 10.30 WIB. Saya melakukan verifikasi berkas di Balai Diklat Keuangan Yogyakarta dan mendapat nomor antrian 750. Akhirnya kami memutuskan untuk ishoma terlebih dahulu dan kembali lagi pukul 14.00. Tak berapa lama saya dipanggil menuju tempat verifikasi. Ada kendala saat verifikasi berkas yaitu raport say dicurigai palsu dikarenakan berbentuk lembaran dn tidak bersampul. Namun panitia masih memberikan toleransi kepada saya dan akhirnya saya memperoleh Bukti Peserta Ujian (BPU) dengan nomor 18.4.00691. Setelah itu saya langsung pulang ke Banjarnegara dengan perasaan lega.

Pada tanggal 15 Mei saya kembali lagi ke Yogyakarta untuk melakukan tes tertulis. Saya mendapat lokasi tes di kampus 2 Universitas Sanata Dharma. Saya berangkat satu hari sebelumnya dengan menyewa mobil dan tidur di mobil. Akhirnya tes tertulis dimulai dan saya hanya bisa menjawab TPA 73 soal dan TBI semua soal terjawab. Setelah itu, soal-soal ramai dibahas oleh teman-teman. Pertama saya merasa kurang percaya diri jika saya lolos tahap 1 karena teman-teman saya yang mengikuti bimbel terlihat percaya diri jika mereka akan lolos. Sedangkan saya hanya belajar dari buku USM.

Pada tanggal 25 Mei 2016 pengumuman tes tertulis telah keluar. Awalnya saya pesimis bisa lolos, semua saya serahkan kepada Allah. Namun Allah telah memberikan rencana yang indah. Akhirnya saya lolos USM tahap 1 karena kerja keras saya dan doa kedua orang tua saya. Sekolahku hanya ada 2 yang lolos tes tahap 1. Sembari menungu tes tahap 2 TKK, saya berlatih  jogging setiap pagi hari. Saya berlatih keras agar saya bisa mencapai hasil yang baik.

Akhirnya tibalah hari dimana Tes Kesehatan dan Kebugaran (TKK) berlangsung. Saya tes pada hari pertama tanggal 30 Mei 2016 di lapangan dekat BDK Yogyakarta. Saya bersama teman mengendarai sepeda motor dan menginap di rumah saudara teman. Jam 07.00 WIB saya telah sampai di BDK Yogyakarta. Mengambil nomor antrian dan mendapat nomor 155. Sembari menunggu akhirnya saya putuskan untuk sholat dhuha d masjid dekat BDK. Sekembalinya nomor antrian saya dipanggil. Saya diberikan formulir yang harus diisi kemudian menuju tempat untuk tes kesehatan.

Pertama diperiksa tekanan darah dan denyut nadi. Kemudian dicek tinggi badan dan berat badan. Setelah itu dites kesehatan mata dan buta warna. Yang terakhir saya diwawancarai tentang riwayat penyakit yang pernah diderita. Dan akhirnya saya memperoleh surat yang berisi bahwa badan saya sehat dan diperbolehkan untuk melakukan tes kebugaran.

Pada jam 10.00 saya diantar ke lapangan mengunakan mobil bersama teman-teman baru. Sesampainya disan saya diberi arahan dan disuruh melakukan pemanasan. Saya memakai rompi warna hijau bernomor 5. Tes pertama yaitu lari 12 menit, saya mampu berlari 6 setengah putaran dengan keliling lapangan 400 meter. Tes kedua yaitu shuttle run 3 kali putaran. Pada tes ini saya tidak tahu berapa detik saya berlari karena tidak diumumkan hasilnya.

Selesai TKK saya kembali ke rumah saudara teman saya untuk mandi dan makan siang. Pukul 16.00 saya pulang sendiri dengan sumber alam, karena teman saya akan mengikuti tes SBMPTN keesokan harinya. Saya sampai Banjarnegara pukul 20.00 WIB dn menginap di rumah kakak. Besok pagi baru saya pulang ke rumah sendiri.

Sembari menunggu pengumunan hasil TKK keluar saya mulai mempelajari materi untuk Tes Kompetensi (TKD). TKD adalah soal test yang berasal dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Test ini terdiri atas tiga bagian yaitu: Test Intelegensi Umum (TIU), Test Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Test Karakteristik Pribadi (TKP). Saya belajar hanya dengan berbekal materi dari internet dan UUD 1945. Saya belajar setiap hari dengan porsi terbanyak jatuh pada TWK yang merupakan momok bagi para peserta tes.

Pada tanggal 15 Juni 2016 tibalah waktu pengumuman hasil TKK. Saya tidak menyangka jika saya bisa lolos tes TKK. Dan saya percaya ini adalah kekuatan doa seorang ibu yang tak henti-hentinya mendoakan kebahagiaan anaknya. Hanya tersisa waktu 5 hari lagi untuk belajar TKD karena saya mendapat jadwal TKD pada hari pertama tanggal 20 Juni 2016.

TKD adalah tahapan terakhir yang harus dilalui. Ini cukup berat, dikarenakan dilaksanakan saat Bulan Ramadhan dan saya tes seorang diri tanpa teman-teman yang berjuang dari awal karena mereka telah gugur. Tapi tidak apa, saya harus tetap semangat guna membahagiakan kedua orang tua saya. Dengan izin Allah saya akhirnya lolos passibg grade TKD dengan total nilai 369 yaitu TIU 95, TWK 115, dan TKP 159. Namun ini belum menandakan saya aman dan lolos USM pendidikan ikatan dinas PKN STAN karena hasil TKD masih harus diranking secara nasional. Inilah waktu yang tepat untuk berdoa kepada Allah untuk meminta yang terbaik. Tak henti-hentinya orang tua mendoakan saya.

Lulus Tes Pendidikan Ikatan Dinas PKN STAN

Pada tanggal 29 Juni 2016 adalah pengumuman hasil USM PKN STAN 2016. Namun setelah menunggu seharian tak kunjung ada pengumumannya. Setelah itu muncul pengumuan penundaan jadwal pengumuman menjadi tanggal 1 Juli 2016. Akhirnya saya lolos menjadi mahasiswa pendidikan ikatan dinas PKN STAN prodi DI Pajak BDK Pontianak. Senang sekaligus kaget, mengapa saya bisa ditempatkan sejauh ini. Sempat merasa ragu, tapi setelah mengingat perjuangan selama tes akhirnya membulatkan tekad saya untuk tetap mengambil walaupun lokasinya yang jauh. Ini adalah rezeki yang harus disyukuri dan merupakan hadiah hari raya Idul Fitri yang indah. Setelah lebaran usai saya sibuk mengurusi persyaratan daftar ulang yang terdiri dari BPU, pas foto ukuran 4×6, ijazah asli dan ijazah yang telah dilegalisasi, surat keterangan sehat dari Rumah Sakit Pemda, SKCK, dan berbagai kelengkapan surat yang lain.

Pada tanggal 25 Juli 2016 saya pergi ke Pontianak. Pengalaman yang tak bisa terlupakan karena pertama kali naik pesawat dan sendirian tanpa ditemani oleh siapapun. Saya berangkat dari Bandara Ahmad Yani Semarang dengan menggunakan pesawat Kalstar Aviation pukul 19:00 WIB, sedikit delay karena pada saat itu terjadi hujan. Dengan modal nekat akhirnya saya beranikan diri, untuk berpisah dengan keluarga dalam waktu yang tak singkat.  Saya sampai di Bandara Supadio Pontianak pukul 21:00 WIB dan langsung menuju ke kos Pak Amin. Pada tangal 26 Juli 2016 saya melakukan daftar ulang di Balai Diklat Keuangan Pontianak. Semuanya berjalan dengan lancar. Akhirnya saya resmi menjadi Mahasiswa Baru pendidikan ikatan dinas PKN STAN tahun 2016  D1 Pajak BDK Pontianak. Wassalamualaikum **

Cek di Instagram @bimbelbebas karena Banyak banget info terbaru dan tips n trick tentang PKN STAN loh! Tersedia juga program bimbel lengkap dan terjangkau. Go follow @bimbelbebas sekarang juga!

https://www.instagram.com/bimbelbebas/

Buat kamu yang BELUM gabung di grup pejuang STAN, yuk join di sini

http://bimbelbebas.com/join/

Kamu bisa saling berbagi informasi dengan teman seperjuanganmu dari berbagai daerah. Juga ada informasi seputar STAN dan  link tryout yang akan diberikan setiap minggunya. Jangan sampai ketinggalan ya 🙂

Tinggalkan Balasan