Home » Artikel » Peraturan di STAN yang harus Kamu Tahu

Peraturan di STAN yang harus Kamu Tahu

STAN sebagai sekolah tinggi kedinasan yang paling diminati se-Indonesia ternyata memiliki beberapa aturan yang harus dipahami oleh setiap mahasiswa jika ingin tetap dapat melanjutkan kuliahnya di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Beberapa hal yang apabila Anda melanggarnya sudah barang tentu Anda akan di keluarkan dari kampus kebanggaan Anda.

  1. Tidak masuk lebih dari 2 kali.

Jadwal kuliah di STAN adalah 8 x pertemuan untuk setiap mata kuliahnya. Setelah itu mahasiswa akan Ujian untuk mengetahui sampai dimana kemampuan mahasiswa. Ujian ini dibagi dua yaitu Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester. Untuk mengikuti ujian tersebut, mahasiswa harus memenuhi setidak-tidaknya 80% kehadirah. Jadi apabila mahasiswa bolos atau tidak masuk lebih dari 2 kali, otomatis mahasiswa tidak akan diperbolehkan mengikuti Ujian Tengah Semester maupun Ujian Akhir Semester yang mengakibatkan mahasiswa tersebut tidak diperbolehkan melanjutkan perkuliahan di STAN dengan kata lain Drop Out.

  1. Mencontek.

Seringkali mencontek menjadi penyebab utama dikeluarkannya mahasiswa dari STAN. STAN dari dulu memang terkenal tidak mengenal ampun mengenai masalah kecurangan dalam ujian. Untuk USM STAN saja, pihak STAN melakukan tender dengan pihak luar untuk menyediakan soal ujian yang rahasia dan otentik sehingga apabila terjadi kebocoran soal, perusahaan percetakan harus mencetak ulang soal baru dengansejumlah peserta ujian. Hal itu merupakan suatu kerugian yang sangat besar mengingat soal ujian yang harus dicetas berkisan antara 100.000 sampai 150.000 soal, tergantung dari jumlah peserta USM STAN. STAN sendiri memiliki peraturan yang apabila diketahui ada mahasiswa yang mencontek, maka mahasiswa tersebut mendapatkan nilai setinggi-tingginya 40 yang mengakibatkan mahasiswa tersebut tidak dapat melanjutkan kuliah.

  1. Menginjak Rumput.

Peraturan ini terlihan agak aneh memang, namun begitu sampai sekarang setiap mahasiswa STAN ketika berangkan ataupun pulang sekolah tidak ada satupun yang menginjak rumput. Pihak STAN sendiri menegaskan adanya peraturan ini.Kita sudah sediakan jalan dengan kanopi diatasnya, ya ngapain harus lewat rumput segala kecuali untuk kegiatan kemahasiswaan seperti pencak silat dan lainnya kita bolehkan.

  1. Menceburkan Teman ke Kolam

Sering kali kita melihat ada teman kita yang kita siram air, ceburkan ke kolam, ataupun kita lempar dengan telur ketika teman kita ulang tahun. Apabila Anda melakukan ritual tersebut di STAN, sudah barang pasti Anda akan dipanggil oleh sekretariat yang membuat Anda akan mendapat teguran disiplin.

Itulah beberapa aturan penting yang mungkin tidak terdapat di tempat perkuliahan lainnya. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda pembaca yang mempunyai keinginan yang besar untuk masuk STAN.

Dapatkan Materi Persiapan USM PKN STAN Lengkap sekarang

Tinggalkan Balasan