Home » Artikel » PERJUANGAN MENJADI MAHASISWA PKN STAN

PERJUANGAN MENJADI MAHASISWA PKN STAN

Saya adalah satu dari ribuan orang yang berjuang menang melawan masalah. Saya adalah seorang gadis biasa, dari sebuah kota kecil di Jawa Tengah, Banjarnegara. Saya lahir sebagai anak pertama dari empat bersaudara. Saya menempuh pendidikan sejak usia saya 5 tahun. Bagi saya, pendidikan adalah sesuatu yang penting karena pendidikan adalah dasar yang akan mengantarkan kita meraih kesuksesan di dunia maupun di akhirat. Pendidikan bukanlah sekedar batu loncatan untuk meraih kesuksesan yang berupa kekayaan maupun jabatan. Tapi tujuan pendidikan adalah mengajarkan kita menjadi manusia yang bermanfaat. Meskipun orang lain menganggap bahwa pendidikan penting agar kelak kita dapat menjadi orang sukses dengan pekerjaan yang bergaji tinggi, saya tetap pada pendirian saya bahwa ilmu yang kita pelajari akan menjadi lebih berguna apabila kita mampu memanfaatkannya untuk menolong orang lain. Dari sinilah mimpi saya untuk menjadi mahasiswa PKN STAN.

Sejak kecil saya diajarkan untuk memiliki cita-cita dan impian, karena impian yang akan membuat kita terus berjuang. Sama halnya dengan kebanyakan anak-anak lain, impian saya sering berubah-ubah. Mulai dari bercita-cita menjadi dokter, astronom, sampai ilmuwan. Namun ketika saya mulai sekolah di sekolah menengah atas, saya banyak belajar. Saya sadar bahwa ada begitu banyak jenis cita-cita dan tidak hanya seputar pekerjaan. Saat saya dan teman-teman saya menginjak kelas dua belas, kami dihadapkan pada pilihan yang sulit. Pilih yang akan menentukan hidup kami selanjutnya. Apa yang kami pilih adalah apa yang akan kami jalani selanjutnya.

Pada saat itu saya harus memilih antara memenuhi keinginan orang tua atau keinginan saya sendiri. Awalnya saya sangat ingin mempelajari ilmu teknik. Tapi kedua orang tua saya memberi banyak masukkan kepada saya. Orang tua saya menyarankan saya untuk mencoba mendaftar di sekolah kedinasan. Alasan orang tua saya karena menurut mereka akan lebih aman sehingga setelah lulus sekolah akan lebih mudah mendapat pekerjaan.

Ada begitu banyak pilihan sekolah kedinasan dan atau sekolah ikatan dinas. Dengan adanya internet dan promosi yang dilakukan oleh alumni, pengetahuan saya akan perguruan tinggi kedinasan semakin luas. Di sisi lain, pemerintah menetapkan peraturan baru bahwa semua lulusan tahun 2016 yang berniat untuk mendaftar perguruan tinggi kedinasan hanya dapat memilih satu dari sembilan pilihan. Dari sini lah impian saya untuk menjadi mahasiswa PKN STAN dimulai.

Saya mulai mengetahui tentang apa itu Sekolah Tinggi Akuntansi Negara semenjak saya bersekolah di sekolah dasar. Apa yang saya ketahui memang belum banyak saat itu, yang saya ketahui tentang Sekolah Tinggi Akuntansi Negara adalah semua yang menjadi mahasiswa di sana setelah lulus akan bekerja di Kementrian Keuangan. Seiring dengan berjalannya waktu saya mulai mengerti banyak hal tentang STAN. Ditambah dengan promosi yang dilakukan oleh alumni sekolah saya yang semakin membuka wawasan saya, bahwa sekolah di Politeknik Keuangan Negara STAN bukan sekadar belajar kemudian lulus dan menjadi pegawai di Kementrian Keuangan. Alumni sekolah saya menjelaskan bahwa di Politeknik Keuangan Negara STAN mereka belajar menjadi punggawa keuangan yang jujur dan disiplin.

Saya yang tertarik untuk menjadi mahasiswa PKN STAN memulai perjuangan saya dari mengumpulkan informasi mengenai Ujian Saringan Masuk Politeknik Keuangan Negara STAN. Ujian Saringan Masuk PKN STAN dilaksanakan dalam tiga tahap untuk tahun ini. Tahap pertama adalah tes tertulis. bukanlah hal yang mudah untuk melewati tes ini, dimana ada ratusan ribu pendaftar sementara pihak PKN STAN hanya meluluskan ribuan saja. Kemudian saya mulai mengumpulkan buku-buku soal yang saya butuhkan untuk latihan. Saya mengumpulkan materi Bahasa Inggris yang saya butuhkan. Menurut saya tes bagian ini cukup sulit, karena materi yang diujikan bukanlah materi yang sepenuhnya diajarkan di sekolah. Tapi saya tidak mau menyerah, impian saya untuk menjadi punggawa keuangan negara lebih besar. Try Out USM PKN STAN yang diadakan oleh alumni juga saya ikuti. Saya mendaftar di Yogyakarta dan saya melakukannya bersama teman-teman saya. Saat pendaftaran saya dan teman saya harus mengantre sampai sore karena banyaknya peserta. Tapi kami bersyukur karena proses pendaftaran berjalan dengan lancar dan tidak memakan waktu lama.

Tes tahap pertama pun kami berangkat bersama dan malam sebelum tes kami menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari kembali soal-soal tes dari tahun-tahun sebelumnya. Kebetulan pada saat tes tertulis saya mendapat tempat di Gedung Olahraga Amongrogo. Tetapi tes tidak begitu saja berlangsung mulus, ada hambatan yang harus saya hadapi. Tes di GOR tanpa meja cukup menyulitkan peserta karena kami tidak dapat duduk tegak. Sementara itu kami tetap harus berkonsentrasi pada soal dan menjawabnya dengan benar supaya kami dapat lolos. Soal yang saya kerjakan saat itu cukup sulit apalagi pada bagian verbal. Ada beberapa soal yng tidak saya kerjakan saat itu. Tapi saya percaya bahwa Allah akan membantu saya, sehingga yang dapat saya lakukan setelah tes berakhir adalah berdoa dan meminta kepada Allah agar saya diluluskan.

Ternyata Allah mengabulkan doa saya dan saya lolos untuk melanjutkan ke tahap kedua. Tahap kedua adalah tes fisik sementara saya lemah dalam olah fisik. Saya terus berlatih mempersiapkan diri untuk tes ini. Saya lari setiap pagi, dan di siang hari saya dan teman-teman berlatih bersama guru dari sekolah kami. Guru kami mengatakan bahwa kami harus mau untuk bersakit-sakit dahulu sebelum kehidupan yang lebih baik nantinya.

Di sisi lain, Allah memberi saya kesempatan lolos SNMPTN dan terjadi kontra di sini. Saya yang sadar bahwa kemampuan fisik saya tidak terlalu bagus mau tidak mau harus melakukan daftar ulang di perguruan tinggi tempat saya sudah diterima. Uang kuliah yang terlalu tinggi membuat saya ragu karena saya tidak ingin menyulitkan orang tua saya, tetapi saya juga tidak yakin akan kemampuan saya untuk lolos tes tahap kedua. Akhirnya saya tetap mendaftar ulang sementara keesokkan harinya saya harus menjalani tes fisik. Saya harus menempuh jarak yang cukup jauh sekitar satu malam perjalanan untuk menuju lokasi tes dari perguruan tinggi yang sudah menerima saya. Waktu istirahat yang tidak banyak dan kondisi tubuh yang cukup lelah setelah perjalanan tidak menyurutkan langkah saya. Saya yakin dengan usaha serta doa dari orang-orang yang saya sayangi saya akan lolos.

Pengumuman tes tahap kedua ini membuat saya cukup takut, dan dengan izin-Nya saya lolos ke tahap terakhir. Pada tahap ketiga kami harus mengahadapi Tes Kemampuan Dasar atau tes Calon Pegawai Negeri Sipil. Tes ini baru mulai ada sejak angakatan tahun 2016. Bukanlah perkara yang mudah untuk menyelesaikan tes ini. Meskipun saya ada di tahap terakhir, saya tidak boleh lengah dan harus berjuang secara maksimal. Tes ini dapat menjebak karena terdapat nilai minimal yang harus dicapai, jika tidak kami dinyatakan langsung gugur dan tidak dapat mengikuti seleksi selanjutnya. Banyak yang harus saya siapkan. Saya harus mempelajari kembali materi sejarah dan pendidikan kewarganegaraan. Hal tersebut cukup sulit dilakukan karena saya kurang menguasai mata pelajaran sejarah dan pendidikan kewarganegaraan. Saya membeli buku latihan soal Calon Pegawai Negeri Sipil untuk dipelajari, saya juga menanyakan beberapa materi tantang sejarah kepada teman saya yang menguasai mata pelajaran tersebut.

Hari-H Tes Kemampuan Dasar dilaksanakan bertetepatan dengan puasa Bulan Ramadhan. Tes dilaksanakan dalam tiga sesi, saya sendiri mendapat sesi kedua. Hari itu saya diantar oleh ayah saya. Yang kami lakukan sepanjang perjalanan adalah berdoa agar saya lolos dan menjadi mahasiswa PKN STAN. Selama tes saya berusaha mengerjakan soal sebaik mungkin meskipun soal tes saya saat itu cukup sulit. Nilai tes saat itu dapat langsung kami ketahui karena kami menggunakan sistem Computer Based Test. Saya was-was dengan nilai saya sesaat sebelum nilai keluar. Begitu nilai keluar saya langsung mengucapkan syukur kepada Allah karena nilai saya melewati nilai minimal.

Pengumuman akhir adalah saat yang paling ditunggu semua peserta. Sayangnya pengumuman akhir ditunda tanpa sebab yang tidak dijelaskan. Tentunya ini membuat semua peserta semakin resah dengan hasil akhirnya. Setiap waktu saya dan kedua orang tua saya terus berdoa agar saya diberikan hasil yang terbaik. Seluruh keluarga besar saya juga ikut menunggu hasilnya.

Keberhasilan Menjadi Mahasiswa PKN STAN

Saat hasilnya keluar ternyata saya diterima di Politeknik Keuangan Negara STAN D1 spesialisasi Pajak dan tempat pendidikan di Pontianak. Saat keluarga saya menetahui ini mereka cukup kaget, termasuk diri saya sendiri karena Pontianak termasuk jauh untuk diakses dari tempat tinggal saya. Keluarga saya menangis ketika mengetahui hal ini. Mereka takut dan khawatir karena saya perempuan dan harus merantau cukup jauh sementara saya tidak memiliki pengalaman merantau sebelumnya. Saya sendiri juga kaget saat tahu saya harus merantau cukup jauh. Keinginan untuk tetap dekat dengan keluarga merupakan hambatan paling besar. Tetapi saya sadar bahwa keinginan saya untuk menempuh pendidikan sebagai mahasiswa PKN STAN lebih besar. Saya seharusnya bersyukur karena masih diberi kesempatan untuk menjadi salah satu mahasiswa PKN STAN sementara banyak teman-teman saya yang berjuang bersama saya sejak tahap pertama belum mendapat kesempatan seperti saya. Saya sadar bahwa meskipun di awal terasa berat, tapi saya harus mampu melaluinya. Saya harus ingat akan tujuan saya untuk menjadi punggawa keuangan negara yang jujur dan disiplin. Serta menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain.**

Cek di Instagram @bimbelbebas karena Banyak banget info terbaru dan tips n trick tentang PKN STAN loh! Tersedia juga program bimbel lengkap dan terjangkau. Go follow @bimbelbebas sekarang juga!

https://www.instagram.com/bimbelbebas/

Buat kamu yang BELUM gabung di grup pejuang STAN, yuk join di sini

http://bimbelbebas.com/join/

Kamu bisa saling berbagi informasi dengan teman seperjuanganmu dari berbagai daerah. Juga ada informasi seputar STAN dan  link tryout yang akan diberikan setiap minggunya. Jangan sampai ketinggalan ya 🙂

Tinggalkan Balasan