Home » Artikel » Seminar Strategi Masuk PKN STAN dan PTN 2018 Pontianak

Seminar Strategi Masuk PKN STAN dan PTN 2018 Pontianak

Strategi Masuk PKN STAN & PTN 2018

Minggu, 30 Juli 2017 telah dilaksanakan Seminar Strategi Masuk PKN STAN & PTN 2018 di Hotel Orchardz Pontianak. Seminar yang diselenggarakan oleh Bimbel Bebas dan Rumah Belajar Q-Learning ini melibatkan 300 pelajar SMA dari Kota Pontianak dan sekitarnya. Tio Andri Prasetyo, pemilik dari Bimbel Bebas yang juga alumni STAN 2009 menjadi narasumber dalam seminar Strategi Masuk PKN STAN & PTN ini, didampingi Agus Azwar, konsultan sekaligus praktisi pendidikan, serta beberapa mahasiswa PKN STAN angkatan 2016.

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) sebagai Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah Badan Pendidkan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) Kementerian Keuangan RI menjadi perguruan tinggi favorit bagi siswa SMA/Sederajat untuk meneruskan pendidikan tinggi. Selain berkualitas dunia dan bebas biaya, lulusan dari PKN STAN juga langsung ditempatkan di Kementerian Keuangan, BPK, BPKP, dan instansi pemerintahan lainnya.

Namun sayangnya, gaung kebesaran PKN STAN belum terdengar sampai ke seluruh wilayah Indonesia. Dari tahun ke tahun, pendaftar PKN STAN masih didominasi oleh pelajar dari Pulau Jawa. Hal itu wajar karena PKN STAN tidak pernah menugaskan mahasiswanya untuk mensosialisasikan kampus ke sekolah-sekolah. Oleh karena itu untuk lebih mengenalkan PKN STAN ke masyarakat luar Jawa, terutama di Kota Pontianak dan sekitarnya Bimbel Bebas mengadakan Seminar Strategi Masuk PTN dan PKN STAN ini.

Dalam seminar Strategi Masuk PKN STAN & PTN ini, Tio Andri Prasetyo selaku narasumber mengungkapkan tiga hal penting, yang harus diperhatikan para peserta, yaitu:

Pertama, acara seminar Strategi Masuk PKN STAN & PTN ini sengaja dibuat khusus untuk siswa yang baru saja naik ke kelas XII supaya mereka dapat menentukan pilihannya di awal secara tepat dan segera menyusun strategi untuk mempersiapkan ujian sesuai sekolah lanjutan yang diinginkan. Hal ini karena mulai tahun 2016, seleksi masuk perguruan tinggi kedinasan (PTK) dilakukan secara terpadu melalui satu pintu. Pendaftaran yang dilakukan melalui portal Panselnas Kemenpan-RB dan diikut oleh delapan PTK se-Indonesia tersebut mensyaratkan satu nomor induk kependudukan (NIK) hanya dapat memilih salah satu PTK. Misalnya siswa sudah memilih untuk daftar STAN maka sistem akan menolak jika siswa tersebut mendaftar ulang ke IPDN, begitu pula dengan STIS, STIN, STSN, dan PTK lainnya.

Kedua, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, PTK terfavorit adalah PKN STAN, sehingga ujiannya pun berlangsung secara ketat. PKN STAN hanya akan mencari putra-putri dengan potensi terbaik, sehingga akan sangat susah jika menghadapi ujian tanpa persiapan yang matang. Oleh karena itu agar dapat sukses masuk PKN STAN harus segera menetapkan pilihan mulai dari sekarang dan segera mulai belajar mempersiapkan ujiannya. Setiap tahunnya dari ratusan ribu pendaftar PKN STAN, hanya sekitar 3-5% yang akan diterima. Oleh karena itu kesempatan ini jangan sampai dilewatkan karena kurang persiapan.

Ketiga adalah bagian yang paling penting, yaitu persiapan. Inti utama dari strategi masuk PKN STAN adalah bagaimana siswa bisa memperisapkan dirinya secara matang untuk siap menghadapi ujian Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) PKN STAN. Seperti diungkapkan di poin dua bahwa hanya sekitar 3-5% peserta ujian yang akan diterima. PMB sendiri terdiri dari tiga tahap, yaitu tes tertulis, tes kesehatan, dan SKD CPNS. Tes pertama adalah tes paling menentukan dimana banyak pendaftar yang gagal di tahap ini, kemudian tes tahap kedua sangat detail mulai dari medical check up sampai kebugaran, dan terakhir SKD CPNS yang juga banyak menggugurkan.

Proses seleksi yang susah dan ketat membuat mahasiswa PKN STAN adalah benar-benar berkualitas dan berpotensi untuk digembleng menjadi punggawa keuangan negara yang kompeten dan profesional. Tidak hanya proses masuk, selama kuliah di PKN STAN mahasiswa akan dievaluasi di setiap semesternya, bagi yang tidak memenuhi batas nilai yang telah ditetapkan maka akan dikeluarkan dari pendidikan. Bahkan aksi indisipliner seperti bekerja sama saat ujian dapat langsung di DO.

“Proses penyaringan semacam ini akan menghasilakan pegawai yang tidak hanya cerdas, tapi juga berintegritas. Namun yang terpenting bagi adik-adik saat ini adalah bagaimana mempersiapkan diri menghadapi PMB PKN STAN” Ujar Rifan Maghfur, mahasiswa PKN STAN angkatan 2016 yang juga hadir dalam acara tersebut.

Opini Peserta Seminar Strategi Masuk PKN STAN & PTN 2018

Peserta seminar Strategi Masuk PKN STAN & PTN yang enggan disebutkan namanya, kepada panitia seminar mengatakan “Setelah mengikuti seminar Strategi Masuk PKN STAN & PTN ini saya jadi terdorong untuk masuk PKN STAN, Karena disamping kuliahnya gratis, yang tentu saja meringankan beban orang tua, begitu lulus katanya akan diangkat sebagi pegawai di Kementerian Keuangan, jadi ngga harus cari kerja lagi kayak temen-temen lainnya. Doakan saya semoga lulus dari SMA saya dapat diterima di PKN STAN ya Kak!” Hal ini menunjukkan bagaimana antusiasme peserta dalam seminar kali ini.

Selain itu Lusiana, orang tua dari siswa kelas XII SMA yang turut mendampingi anaknya mengatakan bahwa setelah mengikuti seminar Strategi Masuk PKN STAN & PTN ini pikirannya jadi terbuka. “Saya jadi lebih tau apa itu PKN STAN yang sering diomongin anak saya dan teman-temannya. Kedepan saya akan terus memotivasi anak saya untuk giat belajar, dan saya akan mendukung penuh cita-cita anak saya. Yang penting jangan pacaran dulu kamu Dek” disambut gelak tawa panitia dalam wawancara usai acara selesai.

Para peserta yang datang dalam seminar Strategi Masuk PKN STAN & PTN kali ini begitu antusias, terlihat wajah-wajah penuh harapan dari mereka. Mereka jadi termotivasi untuk segera menetapkan tujuan studi lanjutnya, beberapa di antaranya bahkan telah memantapkan diri ingin masuk PKN STAN. Alasan mereka hanya satu, kuliah gratis langsung kerja.

Untuk memfasilitasi peserta yang ingin masuk PKN STAN tersebut, Bimbel Bebas juga telah menyiapkan beberapa program bimbingan intensif ujian PMB PKN STAN. Tio Andri Prasetyo selaku pemilik dari Bimbel Bebas juga menyatakan siap memfasilitasi para peserta yang berminat masuk PKN STAN. Pendaftaran untuk Kota Pontianak sendiri telah dibuka dengan tiga program, yaitu mingguan, jaminan, dan reguler.**

Cek di Instagram @bimbelbebas karena Banyak banget info terbaru dan tips n trick tentang PKN STAN loh! Tersedia juga program bimbel lengkap dan terjangkau. Go follow @bimbelbebas sekarang juga!

https://www.instagram.com/bimbelbebas/

Buat kamu yang BELUM gabung di grup pejuang STAN, yuk join di sini

http://bimbelbebas.com/join/

Kamu bisa saling berbagi informasi dengan teman seperjuanganmu dari berbagai daerah. Juga ada informasi seputar STAN dan link tryout yang akan diberikan setiap minggunya. Jangan sampai ketinggalan ya 🙂

Tinggalkan Balasan