Home » Artikel » SEBUAH KISAH MERAIH PKN STAN

SEBUAH KISAH MERAIH PKN STAN

Ada begitu banyak Perguruan Tinggi di bangku pendidikan yang bisa kita pilih.  Sekolah Tinggi Kedinasan salah satunya. Sekolah Ikatan Dinas terdiri dari berbagai macam pula. Ada STIS, STAN, STIP dan lain-lain.  Akhirnya saya memilih untuk sukses masuk STAN yang namanya resmi berubah menjadi PKN STAN sejak tanggal 15 Juli 2015. Apa itu PKN STAN? Kenapa saya memilih sukses masuk STAN? Bagaimana cara saya mengenal dan perjuangan saya untuk sukses masuk STAN?

SMA N 1 Bantul merupakan sekolah yang mengenalkanku tentang bagaimana untuk sukses masuk STAN. Ketika awal kelas XI, bapak ibu guru kerap sekali membicarakan tentang PKN STAN. Namun, saya tidak terlalu antusias untuk mencari sendiri informasi mengenai PKN STAN, yang pada waktu itu masih bernama STAN.

Saat akhir kelas XI, saya sering mengobrol dengan teman  teman membicarakan tentang berbagai macam Perguruan Tinggi dan Sekolah Ikatan dinas dan Kedinasan termasuk PKN STAN. Mereka sangat begitu tertarik dengan PKN STAN. Mereka mengatakan sekolah di PKN STAN itu idaman para mahasiswa, Seiring berjalannya waktu, saya mulai tertarik untuk mencari tahu tentang bagaimana untuk sukses masuk STAN. Ternyata banyak hal yang baru saya ketahui waktu itu.

Memasuki kelas XII, saya bersama teman-teman mengikuti Bimbingan Konseling untuk bertanya mengenai Ikatan Dinas dan Kedinasan, Bimbingan Konseling pun mengatakan bahwa Sekolah Ikatan Dinas jauh lebih baik buat anak-anak yang tidak begitu mampu seperti saya. Dari penjelasan Bapak Ibu guru Konseling saya langsung banting stir untuk mulai memfokuskan diri ke Sekolah Ikatan Dinas yaitu PKN STAN. Saya langsung mengatakan kepada kedua orang tua saya bahwa saya ingin sukses masuk STAN. Orang tua saya adalah motivasi terbesar untuk saya bisa meraih di Politeknik Keuangan Negara STAN. Kenapa? Karena saya tidak ingin terlalu memberatkan kehidupan mereka. Mulai saat itu, saya berjuang untuk sukses masuk STAN.

Di awal semester, SMA saya mengadakan penyuluhan dari Politeknik Keuangan Negara STAN. Disana kakak kelas alumni menjelaskan lebih dalam mengenai pengalaman-pengalaman di Politeknik Keuangan Negara STAN sekaligus  kehidupan di perantauan. Ternyata, begitu asik dan semakin memotivasi saya untuk bisa sukses masuk STAN.

Beberapa hari setelah itu, saya mengikuti tryout PKN STAN. Seorang teman saya juga menawari  sebuah buku USM PKN STAN. Saya pun langsung memesannya seharga Rp45.000. Seiring berjalannya kesibukan untuk memfokuskan diri perisiapan bekal Ujian Nasional CBT saya pun browsing tentang pendaftaran Politeknik Keuangan Negara STAN 2016 yang hari itu jatuh pada bulan April.

Setelah Ujian Nasional selesai, saya mulai membuka dan mengerjakan buku USM PKN STAN.  Karena tahap pertama terdiri dari TPA dan TBI, sayapun membuat jadwal agar porsi belajar tidak berat sebelah sehingga saya bisa menguasi semua mapel yang diujikan.Beberapa teman saya mengikuti semacam bimbingan belajar, tapi saya tidak.Kenapa? Karena saya tidak mampu untuk mengikuti bimbingan belajar yang biayanya begitu banyak. Saya hanya mengandalkan otak saya semaksimal mungkin dan terus berdoa agar Allah memudahkan segalanya. Beberapa hari setelah itu, ketika pendaftaran USM PKN STAN dibuka saya langsung mendaftarkan diri dan terus belajar tak kenal lelah untuk bisa lolos di PKN STAN. Buku USM PKN STAN menjadi asupan saya setiap hari.

Setelah mendaftar, kami disuruh untuk melakukan verifikasi berkas. Saya melakukan verifikasi berkas di Balai Diklat Keuangan Yogykarta. Selanjutnya, ujian tahap pertama yaitu tes tertulis  yang terdiri dari TPA dan TBI. Tes tertulis dilakukan pada tanggal 15 Mei 2016. Saya mendapatkan lokasi ujian di SMK N 3 Yogyakarta. Pagi-pagi sekali saya berangkat dan tidak lupa untuk belajar mematangkan materi sebaik mungkin. Begitu banyak target yang aku ingin capai, khususnya TBI. Jam 8.00 tes dimulai. Sialnya, samping SMK 3 Yogyakarta ada sebuah konser, jadi konsentrasi agak terganggu. Bagaimanapun juga saya harus benar-benar fokus. Setelah ujian tahap pertama selasai, saya hanya bisa berikhtiar dan bertawakal kepada Allah

Tepat pada tanggal 25 Mei 2016, pengumuman tes tertulis diumumkan di web PKN STAN. Jujur, saya tidak berani untuk membukanya. Tengah malam, salah satu teman saya mengirim pesan bahwa saya lolos tes tahap pertama. Saya pun kaget dan tidak percaya. Akhirnya, dengan memberanikan diri saya membuka web PKN STAN. Alhamdulillah benar-benar tertera nama saya. Sujud syukur langsung saya lakukan, dengan isak tangis kegembiraan saya mengatakan kepada orang tua saya bahwa saya lolos tahap pertama.

Setelah itu, saya memfokuskan diri untuk tahap kedua yaitu Tes Kesehatan dan Kebugaran yang dilaksanakan pada tanggal 30 Mei s.d. 4 Juni 2016. Untungnya saya tes pada tanggal 3 Juni, jadi masih ada waktu untuk mempersiapkan lebih matang lagi. Setiap pagi, siang dan sore tanpa kenal lelah saya berlari demi mematangkan kelincahan diri saya.

Tepat pada tanggal 3 Juni, saya datang pukul 06.00 WIB dengan nomor antrean 125. Terik matahari yang semakin memanas membuat diri pesimis. Setelah menginjak nomer antrean 125 saya dan teman-teman bersepuluh diminta untuk mengisi data tentang kesehatan. Untuk mengurangi rasa tegang, saya dan teman seperjuangan bernyanyi-nyanyi ria agar tekanan darah tidak tinggi. Setelah tes kesehatan dilakukan dan dinyatakan pantas untuk mengikuti tes kebugaran, kami diangkut ke sebuah lapangan. Kami diminta untuk melakukan pemanasan dan diberi sebuah jersey untuk lari. Beberapa saat kemudian, lari 12 menit pun dimulai. Dengan sekuat tenaga dan semaksimal mungkin, saya berlari dan mendapatkan 5 putaran lebih 240 meter. Setelah itu, kami langsung melakukana shuttle run dengan setangkas dan secepat mungkin. Pengumuman Tes Kesehatan dan Kebugaran yaitu tanggal 15 Juni 2016. Memasuki pengumuman  tes kesehatan, saya membeli buku TKD CAT untuk persiapan  tahap ketiga. Berbagai macam materi saya pelajari dengan detail. TKD sendiri terdiri dari TWK, TIU, dan TKP. Saya merasa begitu sulit untuk belajar TWK yang materinya begitu banyak.

Tepat pada tanggal 15 Juni 2016 tes kesehatan dan kebugaran pun diumumkan. Alhamdulillah tertera juga nama saya dipengumuan kedua ini.  Setelah itu, saya fokuskan lagi materi TKD yang katanya begitu sulit dan menakutkan. TKD sendiri mulai dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2016. Sesuai jadwal, saya melaksanakan TKD pada  tanggal 31 Juni pada sesi ke 2. Sesi dimana rasa kantuk pasti akan menghantui.

Ketika sang surya telah menjulang tinggi saya di antar ayah untuk mengikuti TKD. Saya benar-benar tidak ingin mengecewakan kedua orang tua saya apalagi jumlah mahasiswa baru yang mendaftar sekitar 112.444 dan  yang dinyatakan lulus sampai tahap kedua sekitar 6590. Tepat pukul 13.00 WIB Tes Kompetensi Dasar pun dimulai. Dengan percaya diri yang tinggi saya mengerjakan TKD. Sialnya, saya mendapati soal TWK yang menurut saya susah sekali. Saya hanya bisa berdoa dan berpasrah pada Allah. Ketika waktu selesai, hasil TKD pun langsung keluar. Alhamdulilah saya lolos dan tidak mendapati nilai di bawah kkm walaupun total TKD saya tidak begitu tinggi. Setelah TKD saya hanya bisa berdoa dan bertawakal kepada Allah.

Akhirnya Sukses Masuk STAN

Pengumuman Tes Kompetensi Dasar jatuh pada tanggal 29 Juni 2016.  Tepat pada tanggal 29 Juni, setiap waktu saya membuka web PKN STAN untuk melihat pengumuman penerimaan mahasiswa baru ternyata pengumuman diundur  menjadi tanggal 1 Juli 2016. Pada tanggal 1 Juli, saya pun menunggu pengumuman seharian suntuk dan hasil penerimaan mahasiswa baru belum muncul juga. Pukul 00.00 WIB memasuki tanggal 2 Juli, teman saya mengatakan bahwa pengumuman sudah muncul. Setelah saya buka, Alhamdulillah nama saya tertera dan saya sukses masuk STAN di D1 Pajak BDK Pontianak. Saya mensyukuri apa yang telah Tuhan berikan kepada saya. Saya yakin Tuhan tidak akan mengkhianati hasil perjuangan seorang hambanya dan saya persembahkan keberhasilan ini untuk kedua orang tua saya yang telah memotivasi besar hidup saya. Inilah sebagian kecil kisah sukses masuk STAN dari saya. **

Cek di Instagram @bimbelbebas karena Banyak banget info terbaru dan tips n trick tentang PKN STAN loh! Tersedia juga program bimbel lengkap dan terjangkau. Go follow @bimbelbebas sekarang juga!

https://www.instagram.com/bimbelbebas/

Buat kamu yang BELUM gabung di grup pejuang STAN, yuk join di sini

http://bimbelbebas.com/join/

Kamu bisa saling berbagi informasi dengan teman seperjuanganmu dari berbagai daerah. Juga ada informasi seputar STAN dan  link tryout yang akan diberikan setiap minggunya. Jangan sampai ketinggalan ya 🙂

Tinggalkan Balasan