Home » Artikel » TIPS AMAN UNTUK MAHASISWA STAN

TIPS AMAN UNTUK MAHASISWA STAN

TIPS AMAN UNTUK MAHASISWA STAN

TIPS AMAN UNTUK MAHASISWA STAN

Tips-tips mencegah terjadinya tindak kriminalitas yang akan berguna untuk mahasiswa baru dalam menjalankan kehidupannya sebagai anak kos:

  1. Pastikan pintu, jendela, dan akses keluar masuk di kamar kos dalam keadaan terkunci ketika berada dalam kos maupun ingin keluar dari kamar kos.
  2. Simpanlah barang-barang berharga di tempat yang aman.
  3. Biasakan tidak menyimpan uang tunai dalam jumlah yang besar di dompet, alangkah lebih baik menggunakan ATM dan mengambil uang tunai sesuai kebutuhan.
  4. Biasakan tidak meletakkan alat elektronik, seperti HP, laptop, dan semacamnya di tempat-tempat yang mudah dijangkau orang lain dari luar kamar kos, misalnya dekat jendela.
  5. Pastikan kendaraan pribadi Anda dalam keadaan terkunci dan pergunakan kunci ganda untuk meningkatkan keamanan. Selain itu, pastikan kendaraan pribadi anda di parkir di tempat yang aman contoh di kampus yaitu di tempat parkit yang telah disediakan.
  6. Jangan memakai perhiasan yang terlalu berlebihan sehingga memancing orang lain untuk melakukan tindak kejahatan kepada Anda.
  7. Jangan pulang atau kembali ke kos larut malam. Bila dalam keadaan terpaksa, ajaklah teman untuk menemani Anda sampai tiba di kos.
  8. Waspada terhadap orang-orang yang bertingkah laku mencurigakan, seperti:
  9. Orang yang bermotif jahat dengan berpura-pura menjadi korban atau keluarga tabrak lari. Dengan tampang meyakinkan, orang tersebut akan menuduh Anda sebagai pelakunya, lalu seketika itu ia akan meminta ganti rugi atas perbuatan yang sebenarnya tidak Anda lakukan.
  10. Orang yang berpura-pura menjadi saudara jauh Anda dan meminta kepada teman kos Anda untuk masuk ke kamar kos selagi Anda tidak berada di kos. Selanjutnya, ia akan memanfaatkan kondisi tersebut untuk mengambil barang-barang berharga Anda.
  11. Orang yang secara tiba-tiba menghampiri Anda ketika Anda berjalan sendirian, lalu menggunakan kemampuan menghipnotisnya sehingga Anda akan sukarela memberikan barang berharga yang Anda bawa.
  12. Apabila menemukan hal-hal yang mencurigakan, segera lapor ke satpam terdekat. Kampus kira memiliki beberapa pos satpam, yakni gerbang depan, belakang, dan di sebelah lapangan parkir motor. Bahkan jika perlu catatlah nomor telepon satpam kampus.
  13. Senantiasa berdoa setiap saat dan memohon perlindungan-Nya

Semoga tips aman di atas dapat membantu untuk mencegah terjadinya tindak kriminalitas yang tidak kita harapkan. Akhir kata, kejahatan itu bukan hanya berasal dari niat pelakunya, melainkan juga karena adanya kesempatan.

Tinggalkan Balasan