Home » Artikel » Tips Bekerja sambil Kuliah, Bagaimana caranya?

Tips Bekerja sambil Kuliah, Bagaimana caranya?

Tidak semua orang bisa berkuliah hal ini bisa terjadi karena ekonomi suatu keluarga yang jauh dari layak. Namun jika ada niat seseorang bisa mencari beasiswa entah jalur prestasi ataupun kuliah sambil kerja.
Jika seseorang memutuskan untuk kuliah sambil kerja, hal yang berat adalah memanajemen waktu. Tentunya tidak mudah membagi waktu untuk mengerjakan tugas bersamaan dengan bekerja.
Merangkum dari kompas (23/11/2021) berikut tips untuk bagi yang kuliah sambil kerja
1.    Fokus
Fokus dalam mengatur waktu untuk kuliah dan kerja, sehingga tidak ada waktu yang sia-sia. Misalnya ada tugas yang terdekat dikerjakan terlebih dahulu entah kerja atapun kuliah.
2.    Gunakan prioritas antara kerja dan kuliah
Orang sukses sangat memahami kegiatan, bagaimana memanfaatkan waktu dengan baik. Sehingga kuliah dan kerja tetap bisa berjalan sesuai rencana dan tahu yang didahulukan mana.
3.    Perhatikan jam kerja
Sesuaikan waktu agar waktu kuliah dan kerja tidak bertabrakan. Maka dari itu carilah pekerjaan yang bisa menyesuaikan dengan kuliah.
4.    Perhatikan jenis pekerjaan
pilihlah pekerjaan yang menurut Anda ringan dan tidak terlalu berat untuk dipikul secara bersaman ketika sedang menjalani kuliah.
Sementara itu, salah satu karyawan swasta yang bekerja di Yogyakarta, Monica membagikan tips bagi yang ingin kerja sambil kuliah:
1.    Harus dapat izin dari perusahaan, karena bagi yang mengambil kuliah Sabtu dan Minggu harus bisa mengatur dengan baik
2.    Harus bisa membagi waktu untuk belajar di waktu malam. Sebab, biasanya pagi sampai sore bekerja.
3.    Harus bisa menjaga kesehatan, karena butuh energi yang tidak sedikit.
4.    Harus bisa mengatur keuangan untuk bayar biaya kuliah. Sebab, kuliah butuh biaya besar.

Tinggalkan Balasan