Home » Artikel » TIPS BELAJAR EFEKTIF

TIPS BELAJAR EFEKTIF

TIPS BELAJAR EFEKTIF
TIPS BELAJAR EFEKTIF

Sebagai mahasiswa baru tentunya akan merasakan banyak perbedaan, terutama dalam hal pembelajaran. Mayoritas dosen hanya akan menyampaikan poin-poin dari suatu materi, berbeda halnya dengan SMA dahulu dimana guru selalu menyampaikan materi secara lengkap. Oleh karena itu mahasiswa dituntut unutk lebih aktif dalam mencari ilmu. Alangkah lebih baik jika mahasiswa mengetahui bagaimana tipe belajar mereka agar belajarnya lebih efektif. Berikut ini adalah tips belajar efektif berdasarkan tipe belajar:

  • Tipe Belajar Visual (Visual Learners)

Tipe ini menitikberatkan pada ketajaman penglihatan. Gaya belajar seperti ini mengandalkan penglihatan atau melihat dulu buktinya untuk kemudian bisa mempercayainya.

Tips belajar untuk tipe seperti ini adalah:

  1. Gunakan beragam bentuk grafis sebagai alat penunjang belajar. Perangkat grafis tersebut berupa film, slide, ilustrasi, coretan, atau kartu-kartu gambar berseri yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah dalam menangkap materi.
  2. Pilih tempat duduk di depan ketika berada di kelas agar mempermudah kita memahami materi yang disampaikan oleh dosen.
  3. Buatlah catatan secara detail tentang materi yang disampaikan oleh dosen karena akan sangat membantu tipe ini dalam mengingat materi yang disampaikan.
  • Tipe Belajar Auditori (Auditory Learners)

Orang dengan tipe ini akan lebih memahami sesuatu melalui apa yang mereka degar. Musik, irama, dialog internal dan suara menonjol dapat menjadi sarana belajar efektif untuk tipe auditori ini. Berikut tips belajar untuk tipe auditori:

  1. Mengikuti forum diskusi yang diadakan di kelas dan lembaga.
  2. Membaca materi dengan suara keras agar dapat mendengar suaranya kembali.
  3. Gunakan musik sebagai alternatif dalam belajar
  4. Gunakan alat perekam, seperti kaset untuk merekam materi yang disampaikan oleh dosen, kemudian mendengarkannya kembali
  • Tipe Belajar Kinestetik (Kinesthetic Learners)

Orang yang mempunyai tipe belajar kinestetik cenderung belajar dengan bergerak, menyentuh, dan melakukan sesuatu. Tipe seperti ini akan sulit untuk duduk diam berjam-jam karena keinginan mereka untuk beraktifitas dan bereksplorasi sangatlah kuat. Tips belajar untuk tipe kinestetik adalah sebagai berikut:

  1. Masukan berbagai macam contoh untuk memudahkan dalam mengingat materi
  2. Gunakan gerakan sebagai isyarat tubuh untuk memahami materi
  3. Menghafal fengan cara berjalan dan melihat
  4. Merancang objek untuk memperdalam pemahaman seperti melakukan eksperimen atau praktikum

Semoga informasi di atas dapat membantu dalam meningkatkan keefektifan belajar sebagai mahasiswa baru.

Tinggalkan Balasan