Home » Artikel » Tips Saat Ujian Tertulis USM PKN STAN

Tips Saat Ujian Tertulis USM PKN STAN

Ujian tertulis USM PKN STAN adalah tes yang paling sulit dalam USM, pada tes ini sebagian besar calon mahasiswa tersisihkan lebih dari dari semua pendaftar. Oleh karena itu banyak yang harus dipersiapkan di jauh hari sebelum tes berlangsung, seperti pendalaman materi, menjaga kondisi kesehatan, berdoa. dan hal yang paling menentukan adalah hari pelaksanaan tes tertulis tersebut.

Ujian Saringan Masuk PKN STAN

Seperti yang kita ketahui pesaing kita dalam masuk PKN STAN sangat banyak dan berkompetensi tinggi, kebanyakan akan merasa tidak percaya diri, walaupun sudah belajar siang malam selama 1 bulan. setidaknya inilah fakta yang terjadi pada prakteknya. faktor inilah yang sering membuat kita gagal dalam  Ujian tertulis USM PKN STAN.

Tips Saat Ujian Tertulis USM PKN STAN

Melemahnya mental kita, dapat kita kurangi dengan beberapa cara. secara garis besarnya ada 2, yaitu: 1. doa dan silaturahmi, 2. Kesiapan kita pada hari H pelaksanaan tes  tertulis.

  • DOA dan SILATURAHMI
    Berdoa Semoga Diterima di PKN STAN

Kecilnya peluang kita untuk masuk PKN STAN seharusnya membuat kita tertunduk dan memahami, bahwa Allahlah (Tuhan) yang menentukan kita lulus atau gugur . maka setidaknya perbanyaklah Ibadah, sedekah, berdoa, dan silaturahmi kepada semua anggota keluarga serta teman-teman yang kita miliki, jadi pada satu minggu menjelang tes dimulai berkelilinglah untuk meminta doa, restu ke sanak saudara dan teman-teman yang kita kenal. bila tidak bisa setidaknya Ibu dan Ayah. Karena dengan bekal itulah rahmat dan ridho Allah (Tuhan) datang. dan khusus bagi yang muslim lakukanlah Sholat Tahajud, diteruskan dengan sholat Witir, sholat Shubuh berjamaah di masjid, datanglah lebih awal untuk belajar dan luangkan waktu sebelum tes dimulai untuk melakukan sholat dhuha. dengan melakukan hal tersebut, setidaknya akan membekas pada hati kita kesejukan dan ketenangan saat Ujian berlangsung.

  • Cara menghadapi Ujian Tertulis USM PKN STAN pada hari pelaksanaan.

Sebetulnya Banyak cara yang mampu menolong kita untuk memenangkan persaingan. tetapi dapat saya ketahui hal-hal yang memang penting untuk dilakukan yaitu:

  • PERSIAPKAN SEGALA PERALATAN DAN KEBUTUHAN
    Peralatan untuk Persiapan USM PKN STAN

Persiapkan dengan benar segala yang dibutuhkan saat ujian, seperti BPU, KTP atau identitas lainya, pensil 2b 2/3 buah, sebuah penghapus khusus pensil 2b, pulpen, penggaris besi, kater atau rautan, papan untuk menulis, jam tangan. untuk papan utuk menulis dan jam tangan pada umumnya tidak diperbolehkan karena memungkinkan adanya tindak kecurangan. tetapi ada kalanya membawa barang tersebut diperbolehkan, dikarenakan beberapa sebab, meja Ujian yang buruk, pengawas yang memberikan izin, dan kendala lainya. jadi persiapkan saja semuanya.

  • BERIKAN KESAN TENANG, SENANG dan TEBARKAN PSYWAR pada saingan-saingan saat Tes.
    Menghadapi USM PKN STAN dengan Ketenangan

Rasa tenang dan senang dalam mengerjakan ujian tertulis sangat membantu kita, karena tanpanya kita akan gagal dalam tes walau sepintar apa pun kita. contohnya seperti ini=kita cepat dan mampu mengerjakan soal dengan baik, tetapi karena kita terlalu terburu-buru dan tidank tenang dalam mengerjakan membuat kita memilih jawaban yang salah, walaupun seharusnya jawaban kita sudah benar. satu contoh lagi, kita terlalu terburu-buru dalam mengerjakan soal tanpa melakukan cek, dan pada saat setelah mengerjakan kita langsung mengisinya pada lembar jawab komputer, setelah ada waktu luang untuk cek ulang ternyata jawabanya salah, Nah jadi susah sendiri jadinya.

sudah jelas memberikan kesan senang dan tenang sangat di butuhkan dalam ujian ini. tetapi akan banyak yang bertanya, apa sih Psywar itu? untuk apa? Bagaimana cara melakukanya? Psywar adalah sebuah ekspresi dan tindakan kita untuk menyerang segi psykologis pesaing dengan menandakan bahwa kita dapat mengerjakan tugasnya dengan mudah, serta menantang kepada seluruh isi ruangan, dan yakin bahwa kita pasti lulus. Mengapa dibutuhkan dan bagaimana melakukanya? pada saat ujian berlangsung jangan pernah menunjukkan ekspresi bingung dan kesulitan, walaupun sebenarnya memang tidak bisa mengerjakan, justru seharusnya tunjukkanlah ekspresi bisa dan mudah.

Dengan Psywar secara otomatis akan membangun mental kita dan menurunkan kepercayaan diri lawan pada satu ruangan. cukup simpel untuk melakukanya, cukup dengan senyum, tertawa kecil tanda mudah, menggoyang-menggoyangkan kepala, dan tindakan lainya. Hal ini akan membuat mereka bingung, tidak fokus, dan kaget. Bayangkan anda dalam tes merasa kesulitan sementara ada orang disamping anda melakukan Psywar tersebut, anda pasti berfikir dan berkata dalam hati, “waah kacau, sainganku soal sulit begini masih tenang santai saja! bakal sulit lulus tes nih, kalau semuanya pintar kayak dia”. maka dari itu lakukan Psywar saat ujian berlangsung. Intinya pada saat tes, kita perlu menyerang para pesaing kita melalui psykologisnya. Dengan begitu maka kita dapat meninggikan peluang kita untuk Lulus dalam USM

  • PENGERJAAN SOAL

Kerjakanlah soal yang anda anggap paling mudah dahulu! ingat dalam tes tertulis ini terdapat sistem nilai mati yaitu 1/3 dari seluruh soal harus dijawab dengan benar. maka usahakanlah kejar nilai mati dahulu. setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda. ada yang pandai dalam berhitung, mudah menghafal, cepat memahami masalah dalam soal, dll.

Tetapi pada kebanyakan tipe belajar orang umumnya lebih baik untuk mendahulukan jenis-jenis soal berikut=pertama kerjakanlah tipe soal deret/pola gambar, lalu kerjakanlah soal kosakata dan analogi, diteruskan dengan pengambilan kesimpulan, lalu soal matematika atau soal bahasa cerita, dan yang terakhir Cek ulang, yang sekiranya salah. Ingat itu hanyalah optional, semua tergantung oleh pribadi masing-masing. selalu lihat waktu sebagai target pengerjaan soal, fokus dan teliti pada saat ini lebih berguna dari pada kepintaran seseorang. kerjakanlah dengan segala kemampuan dan JANGAN PERNAH MENCONTEK !

Satu hal lagi, ingatlah sepintar-pintarnya kita bila Allah tidak menghendaki, maka tidak mungkin kita dapat lulus dari tes. Maka jangan terfikir hal-hal yang membuatmu berat dalam berfikir, jangan memikirkan hal yang negatif, Jangan membuat Lulus dalam Ujian Tertulis USM PKN STAN sebagai target!!! karena disaat hatimu terbebani maka perasaan gundah dan terburu-buru yang muncul. Jadi yang seharusnya dijadikan sebagai target adalah dapat menunjukkan potensi yang paling maksimal dalam ujian tertulis USM PKN STAN, karena sesungguhnya ALLAH maha mengetahui hal yang terbaik untuk masa depan kita. SALAM SUKSES!!!**

Cek di Instagram @bimbelbebas karena Banyak banget info terbaru dan tips n trick tentang PKN STAN loh! Tersedia juga program bimbel lengkap dan terjangkau. Go follow @bimbelbebas sekarang juga!

https://www.instagram.com/bimbelbebas/

Buat kamu yang BELUM gabung di grup pejuang STAN, yuk join di sini

http://bimbelbebas.com/join/

Kamu bisa saling berbagi informasi dengan teman seperjuanganmu dari berbagai daerah. Juga ada informasi seputar STAN dan  link tryout yang akan diberikan setiap minggunya. Jangan sampai ketinggalan ya 🙂

Tinggalkan Balasan