Home » Artikel » Udah Tahu Perbedaan Jurusan Informatika, Teknik Komputer dan Sistem Informasi?

Udah Tahu Perbedaan Jurusan Informatika, Teknik Komputer dan Sistem Informasi?

Yang banyak ditanyakan Orang-orang “Apa perbedaan jurusan Informatika, Teknik Komputer, dan Sistem Informasi?” Sampai saat ini, banyak dari kita yang masih bingung dengan perbedaan ketiga jurusan tersebut.

Nahh….Ketiga jurusan tersebut merupakan jurusan-jurusan yang paling banyak diminati karena punya peluang yang luas dalam dunia kerja. Banyak yang menganggap bahwa ketiga bidang tersebut, bisa mempunyai peluang karir yang terus sejalan dengan dunia kerja.

Mengutip dari laman ITS, ketiganya masih satu rumpun dalam perkembangan Teknologi Informasi dan saling mendukung. Walau begitu, ketiga jurusan tersebut memiliki spesialisasi yang berbeda.

Perbedaan mendasar jurusan Informatika, Teknik Komputer, dan Sistem informasi dapat dilihat dari definisi masing-masing. Pertama, Sistem Informasi fokus pada pengolahan informasi dengan tujuan efektifitas dan efisiensi sistem dalam suatu proses bisnis.

Kemudian, untuk jurusan informatika, fokusnya adalah pada pengembangan sistem berbasis komputer. Sehingga, jurusan ini juga mencakup pemrograman, kecerdasan buatan, hingga jaringan komputer.

Sedangkan untuk jurusan teknik komputer, fokus yang dipelajari adalah perangkat lunak (software) sekaligus perangkat keras (hardware). Bagi ITS yang membuka ketika studi tersebut secara spesifik, teknik komputer secara keseluruhan melakukan perancangan, implementasi, dan pemeliharaan perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware).

Selain perbedaan pada fokus yang dipelajari, mata kuliah yang dipelajari dari ketiganya juga berbeda. Sistem Informasi belajar sedikit tentang perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).

Namun, walau mempelajari sedikit tentang software dan hardware, Sistem Informasi unggul dalam perancangan, aplikasi, hingga evaluasi sistem. Sementara itu, Informatika lebih fokus pada subsistem dan memerlukan kemampuan pemrograman yang baik.

Jurusan yang banyak mempelajari baik perangkat lunak (software) maupun keras (hardware) adalah Teknik Komputer. Mahasiswa yang lulus dari jurusan Teknik Komputer diharapkan dapat menciptakan alat untuk berbagi informasi.

Sekarang sudah paham kan? Itu dia perbedaan jurusan informatika, teknik komputer, dan Sistem Informasi. Sekarang tentukan pilihan mu.

sumber: detik.com

Tinggalkan Balasan