Home » Artikel » Yuk Mulai Menata Waktu Belajar, Begini Tipsnya

Yuk Mulai Menata Waktu Belajar, Begini Tipsnya

Yuk Mulai Menata Waktu Belajar, Begini Tipsnya

Sering kali kita merasa malas saat belajar. Rasa malas dan bosan ini sendiri sebenarnya wajar. Namun begitu, hanya dengan belajar skil dan kemampuan kita dalam mengerjakan soal-soal ujian dapat meningkat dengan pesat. Lalu bagaimana solusinya?

Berikut tips belajar yang dapat dicoba agar tidak cepat bosan.

  1. Belajar minimal 90 menit sehari

90 menit belajar tidak harus dalam satu waktu misal 19.00 sampai 20.30. Kamu bisa membagi waktu misal 15 sampai 30 menit waktu subuh. 30 sampai 60 menit setelah magrib/isya. Dan sisanya sebelum kamu tidur.

  1. Kenapa harus 90 menit?

Belajar yang terlalu sedikit menyebabkan kamu ketinggalan dari teman-temanmu yang lain. Ingat jutaan siswa SMA/SMK/MA lulus tiap tahunnya sementara lebih dari 50% dari mereka gagal mendapatkan tempat kuliah yang di inginkan. Pastikan kamu bukan termasuk orang-orang yang gagal.

Download Aplikasi try out online toska berbasis Android disini secara gratis dan berbasis IOS disini secara gratis

  1. Belajar di tempat yang nyaman

Tempat yang nyaman tidak harus di meja belajar, kamu bisa belajar di kasur dengan tambahan meja kecil untuk memastikan posisi dudukmu tetap baik. Jika kamu belum punya meja belajar kecil, kamu bisa membelinya di marketplace mulai dengan harga 100 ribuan.

  1. Belajar sambil mendengarkan musik atau mendengarkan youtube

Supaya tidak cepat bosan, kamu bisa melatih soal dengan mengerjakan soal-soal latihan sambil mendengarkan musik atau youtube kesayangan kamu. Proses ini perlu pembiasaan bagi kamu yang terbiasa belajar dengan kondisi yang hening.

  1. Mulai dengan mata pelajaran yang disukai

Hal ini sangat penting untuk menumbuhkan kebiasaan belajarmu. Jika kamu mendapatkan hasil yang baik pada pelajaran yang kamu sukai, maka secara otomatis kamu akan termotivasi untuk belajar mata pelajaran lain.

Bagi yang belum memiliki latihan soal PKN STAN, kamu bisa download disini secara gratis

  1. Belajar dengan mulai mengerjakan soal baru membaca materi

Kebanyakan orang belajar dengan dimulai dari membaca buku pelajaran dan baru jalan 5 atau 10 menit sudah merasa bosan, ngantuk, dan malas. Jika hal ini terjadi padamu, cobalah belajar dengan memulai dari mengerjakan soal-soal yang ada.

  1. Belajar di Bimbel atau Bimbel Online

Terakhir, kamu bisa ikut bimbel offline maupun online. Hal ini membuat kamu bisa lebih terarah dalam belajar. Jika kamu tidak bisa atau merasa bingung, kamu bisa menanyakannya kepada tentor maupun teman les kamu. Melihat teman-teman les yang antusias dalam belajar juga membuat kamu lebih termotivasi untuk lebih giat lagi belajar.

Follow bimbel bebas di sosmed

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.