Home » Artikel » Apa Itu SKD (Seleksi Kemampuan Dasar) untuk Calon Mahasiswa PKN STAN ?

Apa Itu SKD (Seleksi Kemampuan Dasar) untuk Calon Mahasiswa PKN STAN ?

PENJELASAN SELEKSI KEMAMPUAN DASAR ATAU SKD

SKD atau Seleksi Kemampuan Dasar adalah tes akademis yang materinya terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP),

Seleksi Kemampuan Dasar ini dimaksudkan untuk menggali pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku peserta ujian yang meliputi wawasan nasional, regional, dan internasional maupun kemampuan verbal, kemampuan kuantitatif, kemampuan penalaran, kemampuan beradaptasi, pengendalian diri, semangat berprestasi, integritas, dan inisiatif. Berikut ini bagian dari Seleksi Kemampuan Dasar :

  1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK ) merupakan bagian dari Seleksi Kemampuan Dasar untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi :
  • Pancasila;
  • Undang Undang Dasar 1945;
  • Bhineka Tunggal Ika; dan
  • Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem tata negara Indonesia, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, kemampuan berbahasa indonesia secara baik dan benar).
  1. Tes Intelegensi Umum dalam Seleksi Kemampuan Dasar, dimaksudkan untuk menilai :
  • Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tertulis;
  • Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angkaangka;
  • Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis; dan
  • Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.
  1. Tes Karakteristik Pribadi untuk menilai:
  • Integritas diri;
  • Semangat berprestasi;
  • Orientasi pada pelayanan;
  • Kemampuan beradaptasi;
  • Kemampuan mengendalikan diri;
  • Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas;
  • Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan;
  • Kemampuan bekerja sama dalam kelompok;
  • Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain;
  • Orientasi kepada orang lain;
  • Kreativitas dan inovasi.

Tes Kemampuan Dasar STAN

Seleksi Kemampuan Dasar 2016 Berbeda dengan Tahun Sebelumnya

Biasanya SKD atau Seleksi Kemampuan Dasar diujikan setelah Mahasiswa PKN STAN menyelesaikan semua kegiatan perkuliahannya, dan menjadi syarat mutlak kelulusan. Seleksi Kemampuan Dasar sangat lah menentukan bagi Mahasiswa PKN STAN untuk diangkat menjadi CPNS, jika tidak lulus sebanyak 3 kali maka tidak akan diangkat menjadi PNS. Tapi Sejak tahun lalu atau 2016 Seleksi Kemampuan Dasar diujikan lebih awal, yaitu pada saat USM STAN, jadi di tahun 2016 Seleksi Kemampuan Dasar dilaksanakan setelah calon Mahasiswa STAN dinyatakan lulus Tes tertulis (TPA & TBI ) dan Tes Kesehatan dan Kebugaran (TKK).

Sekilas Info Tentang Seleksi Kemampuan Dasar Sebelum Tahun 2016

Sebelum tahun 2016, penyelenggaraan Seleksi Kemampuan Dasar setelah lulus STAN, menjadi pertanyaan dan juga momok yang menakutkan bagi para mahasiswa STAN jika tidak lulus. Maka banyak pihak menanyakan, mengapa para lulusan STAN harus mengikuti SKD CPNS padahal mereka sudah mengikuti SPMB PKN STAN yang tingkat kesulitannya justru lebih tinggi ?

SKB 3 Menteri antara Kementerian Keuangan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, serta Badan Kepegawaian Negara mengharuskan para lulusan STAN mengikuti SKD CPNS. Namun yang perlu diketahui disini bahwa SKD CPNS yang diselenggarakan bagi para lulusan STAN berbeda dengan SKD Reguler. Jika para peserta SKD Reguler tidak memenuhi syarat untuk lolos ke tahap selanjutnya maka secara otomatis peserta tersebut gugur, lain halnya dengan para peserta SKD dari lulusan STAN yang diberi jatah 3 kali tes. Itu artinya apabila peserta SKD CPNS lulusan STAN gagal, peserta SKD CPNS lulusan STAN yang gagal tersebut mengulang di SKD CPNS bagi lulusan STAN gelombang 2 dan jika masih tidak memenuhi syarat kelulusan maka peserta SKD CPNS lulusan STAN harus mengulang lagi di SKD CPNS gelombang 3.

Kekhususan ini sangat menguntungkan bagi para lulusan STAN karena peluang mereka untuk diterima menjadi PNS jauh lebih besar dari pada harus mengikuti SKD secara reguler terlebih lagi Sekolah Tinggi Akuntansi Negara memang terkenal dengan kualitas lulusannya yang diatar rata-rata. Mereka kan sudah di terima di STAN dengan susah payah, masak tidak bisa lolos SKD ?

Maka dari itu di tahun 2016 terjadi banyak perubahan di USM PKN STAN, Termasuk juga dengan pelaksanaan SKD atau Seleksi Kemampuan Dasar yang lebih awal. Hal ini diharapkan mahasiswa PKN STAN lebih fokus belajar dan juga lebih meringankan beban Mahasiswa PKN STAN untuk tidak khawatir lagi dengan kelulusan SKD.

**

Cek di Instagram @bimbelbebas karena Banyak banget info terbaru dan tips n trik tentang PKN STAN loh! Tersedia juga program bimbel lengkap dan terjangkau. Go follow @bimbelbebas sekarang juga!

https://www.instagram.com/bimbelbebas/

Buat kamu yang BELUM gabung di grup pejuang STAN, yuk join di sini :

https://bimbelbebas.com/join/

Kamu bisa saling berbagi informasi dengan teman seperjuanganmu dari berbagai daerah. Juga ada informasi seputar STAN dan link tryout yang akan diberikan setiap minggunya. Jangan sampai ketinggalan ya 🙂

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.