Home » Artikel » Biaya Kuliah Terbatas, Mending GAP Year atau Ngutang?

Biaya Kuliah Terbatas, Mending GAP Year atau Ngutang?

Biaya Kuliah Terbatas, Mending GAP Year atau Ngutang?

Bagi sebagian orang memang biaya kuliah menjadi pertimbangan utama mau kuliah dimana. Ya biaya kuliah mulai dari UKT, biaya hidup, kos, biaya kalo ada tugas yang perlu print, fotokopi, atau biaya-biaya lain selama dikampus memang terbilang tidak murah bahkan untuk kampus kedinasan semacam PKN STAN sekalipun. Walaupun kuliahnya gratis, namun tetep ada biaya kosan, biaya bulanan buat makan dan biaya-biaya lainnya yang bagi sebagian orang tidaklah sedikit. Namun begitu apakah kalo kita memiliki keterbatasan biaya, apakah kita mengalah dengan keadaan dan mengubur dalam-dalam impian kita?

Baca Juga: Harga Kosan di sekitar Kampus PKN STAN

Tentu tidak, biaya bukan alasan bagi siapapun yang memiliki tekad yang kuat untuk melanjutkan kuliah. Banyak cara survive di kampus tanpa harus membebani orang tua. Berikut beberapa cara survive kuliah tanpa minta uang ke orang tua.

  1. GAP Year

GAP Year adalah salah satu cara untuk mengumpulkan modal kuliah terutama bagi kuliah-kuliah yang berbiaya murah ataupun kuliah yang singkat. Ketika GAP Year, teman-teman memiliki waktu untuk bekerja di berbagai tempat mulai dari mini market, cafe, kios handphone maupun tempat kerja lainnya. Bekerja disini bukan pekerjaan yang tetap melainkan sekedar untuk mengumpulkan biaya kuliah saja. Ketika teman-teman ingin mendapat bidik misi namun tidak memiliki uang sama sekali untuk biaya hidup, teman-teman bisa GAP Year dan bekerja dulu. Ya memang dari bidik misi, teman-teman bisa mendapat uang bulanan namun perlu teman-teman ketahui bahwa dana bidik misi tidak cair diawal dan setiap bulan. Kadang-kadang dana bidik misi cair setiap tiga bulan sekali dan sesekali juga telat. GAP Year juga banyak dilakukan bagi lulusan SMA yang ingin lanjut kuliah di PKN STAN dan mengambil DI. Ya DI, karena kuliahnya cuman 1 tahun dan dengan GAP Year, teman-teman bisa nabung dan cukup untuk biaya kuliah 1 tahun. Ditambah di Kampus juga mencari pekerjaan tambahan.

Baca Juga: Jurusan PKN STAN yang Sepi Peminat

  1. Berhutang

Ini adalah cara kedua untuk tetap dapat kuliah walaupun teman-teman tidak punya biaya. Tentunya disarankan berhutang ke saudara dekat dan segera membayar ketika teman-teman mendapatkan penghasilan ya. Dan penghasilan disini tidak harus menunggu lulus kuliah dan memiliki pekerjaan tetap. Ketika kuliah teman-teman dapat melamar pekerjaan part time mulai dari mengajar les privat, berjualan online atau menjadi dropshipper online, bekerja di cafe atau tempat lain yang tentunya jangan sampai mengganggu kuliah teman-teman.

Pertanyaan selanjutnya mana yang lebih baik antara GAP Year atau berhutang? Jawabannya tergantung kondisi masing-masing individu dan preferensi masing-masing. Kekurangan GAP Year adalah teman-teman rugi umur sementara kelebihannya adalah teman-teman bisa mengumpulkan modal kuliah tanpa harus membebani orang lain. Sedangkan kekurangan berhutang adalah teman-teman memiliki kewajiban untuk membayar hutang tersebut namun teman-teman dapat langsung kuliah tanpa harus menunggu 1 tahun atau lebih. Lebih cepat lulusnya dan lebih cepat mendapat pekerjaan juga.

 

Follow bimbel bebas di sosmed

  1. […] Baca Juga: Biaya Kuliah Terbatas, Mending GAP Year atau Ngutang? […]

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.