Home » Artikel » Apakah Setelah Lulus DI STAN bisa Lanjut ke DIII? Ini Jawabannya.

Apakah Setelah Lulus DI STAN bisa Lanjut ke DIII? Ini Jawabannya.

Apakah Setelah Lulus DI STAN bisa Lanjut ke DIIIProgram Diploma I Sekolah Tinggi Akuntansi Negara merupakan program pendidikan satu tahun yang terdiri dari dua semester dan 4x ujian. Pada tahun 2014 Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau yang biasa disingkat STAN hanya membuka dua jurusan saja yaitu DI Pajak dan DI Bea Cukai.

Program DI sendiri pernah dihapus pada tahun 2009 s.d 2010 atas Instruksi Menteri Keuangan saat itu Sri Mulyani Indrawati. Namun dikarenakan kebutuhan pegawai yang begitu banyak Program Pendidikan Diploma I STAN diselenggarakan kembali. Program DI Pajak dan Bea Cukai diselenggarakan di sebelas Balai Diklat Keuangan yang tersebar di seluruh Indonesia dari Balai Diklat Keuangan Medan yang berada di ujung barat Indonesia sampai Balai Diklat Keuangan Manado yang berada di ujung timur.

Ketika Anda dihadapkan oleh pilihan dilematis Anda tentunya akan berpikir seribu kali sebelum mantab mengambil keputusan. Salah satu pilihan dilematis yang dihadapi Calon Mahasiswa STAN salah satunya ketika ternyata dia telah diterima di Perguruan Tinggi Negeri dengan jurusan yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Mereka dihadapkan pada pertanyaan manakah yang harus dipilih? apakah DI STAN atau S1 PTN? dan tak jarang yang akhirnya mengakhiri kebimbangannya dengan memilih STAN sebagai pijakan masa depan.

Pertanyaan selanjutnya bagi kita ketika kita telah mantab dengan DI STAN adalah apakah kita dapat melanjutkan pendidikan kita ke level yang lebih tinggi seperti DIII atau S1? Jika Anda takut tidak dapat melanjutkan pendidikan Anda di jenjand yang lebih tinggi jangan khawatir. Kementerian Keuangan yang akan menjadi tempat kerja setelah selesai pendidikan menyediakan berbagai macam kemudahan bagi para pegawainya yang ingin melanjutkan studi pendidikan baik di dalam maupun luar negeri.

Ada program STAR bagi pegawai S1 yang ingin melanjutkan S2 di luar negeri, ada penerimaan program D IV STAN bagi pegawai lulusan D III yang ingin melanjutkan pendidikan ke D IV, ada pula penerimaan D III khusus bagi para pegawai lulusan D I yang ingin melanjutkan pendidikan ke D III dan kabar baiknya semua biaya kuliah gratis plus kita tetap mendapat gaji pokok. Pendidikan gratis yang telah disebutkan di atas tentunya mempunyai beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dan persyaratan ini dapat berubah-ubah tergantung kebijakan pemerintah. Salah satu persyaratan yang mengatur jenjang pendidikan bagi para pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan yaitu PMK No 18/PMK.01/2009 tentang tugas belajar yang mensyaratkan bahwa Pegawai Negeri Sipil harus setidaknya memiliki masa kerja dua tahun apabila ingin mengikuti seleksi penerimaan tugas belajar.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.