Home » Artikel » Hati-Hati Penipuan Bisa Masuk Sekolah Kedinasan Berkedok Pejabat BKN

Hati-Hati Penipuan Bisa Masuk Sekolah Kedinasan Berkedok Pejabat BKN

Beberapa hari lalu, Humas BKN jg menerima pengaduan serupa, oknum berkedok mengaku sebagai slh 1 Pejabat BKN Pusat dan melakukan penipuan. Pahamkan ke orang tua masing-masing, yg namanya jadi ASN, wajib lewat seleksi dulu, bukan lewat chat apalagi transaksi Bank.

Penipuan ini juga pernah terjadi sebelumnya yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab yang membuat akun palsu atas nama Bupati Tegal. Oknum tersebut mengaku bisa meloloskan CPNS. Modus yang digunakan melalui medsos dengan membuat akun palsu atas nama Bupati Tegal “Hajjah Umi Azizah” di platform Facebook.

Melalui akun palsunya, pelaku melancarkan aksinya dengan memperdayai orang-orang yang berteman didalamnya, menawarkan formasi CPNS dari kuota yg blm terisi/tdk ada peminatnya. Modus ini terungkap saat pelaku melanjutkan percakapan melalui aplikasi pesan WhatsApp di nomor 08531148526.

Untuk menduduki formasi tersebut, pelaku tawarkan jalur penerimaan CPNS tanpa tes dengan syarat tertentu. Selain mngirimkan foto KTP & KK, pelaku jg minta transfer uang (dalam kasus ini Rp5 juta) utk pengurusan SK CPNS di Badan Kepegawaian Negara via transfer rek BCA di no 7131115672 a.n Jamod Richard.
Modus yang ujung-ujungnya sama juga dilakukan pelaku untuk melakukan tipu daya kepada aparatur Pemerintah Desa dengan iming-iming penyaluran anggaran khusus penanganan #Covid19 di desa sebesar Rp 650 juta dari pusat yang dalam pengurusannya memerlukan biaya operasional tertentu.

 

Follow bimbel bebas di sosmed

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.