» » Ini perbedaan Materi SKD 2020 dengan 2019

Ini perbedaan Materi SKD 2020 dengan 2019

Perbedaan SKD 2019 dengan 2020

Ini perbedaan SKD 2020 dengan 2019

Seleksi kompetensi dasar memiliki tiga subtes yang masing-masing memiliki pasing grade yang berbeda-beda. Berbeda antara subtes yang ada dan juga berbeda antara tahun 2020 dengan 2019. Jika pada 2019 aturan mengenai SKD masih mengacu pada Permen PANRB Nomor 36 Tahun 2018, maka untuk aturan mengenai SKD pada 2020 sudah mengacu berdasarkan Permen PANRB 23 Tahun 2019. Lantas apa saja perbedaannya?

Baca juga: PERBEDAAN NILAI MATI SELEKSI KOMPETENSI DASAR TAHUN INI DENGAN TAHUN SEBELUMNYA

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Berdasarkan Permen PANRB Nomor 36 Tahun 2018, Tes Wawasan Kebangsaan terdiri dari materi Nasionalisme, Integritas, Bela Negara, Pilar Negara, Bahasa Indonesia, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik indonesia. Sedangkan pada peraturan baru, Tes Wawasan kebangsaan terdiri dari materi Nasionalisme, Integritas, Bela Negara, Pilar Negara, dan Bahasa Indonesia. Pada kisi-kisi terbaru, materi mengenai Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Bhineka Tunggal Ika terdapat di dalam materi Pilar Negara.

Tes Intelegensi Umum (TIU)

Berdasarkan Permen PANRB Nomor 36 Tahun 2018, Tes Intelegensi Umum terdiri dari Kemampuan Verbal, Kemampuan Numerik, Kemampuan Berpikir Logis, Kemampuan Berpikir Analitis, Dan Kemampuan Figural. Sedangkan berdasarkan Permen PANRB 23 Tahun 2019, Tes Intelegensi Umum terdiri dari Kemampuan Verbal, Kemampuan Numerik, serta Kemampuan Figural. Pada kisi-kisi terbaru, materi mengenai Kemampuan Berpikir Logis dan Kemampuan Berpikir Analitis terdapat di dalam Kemampuan Verbal.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Berdasarkan Permen PANRB Nomor 36 Tahun 2018, materi Tes Karakteristik Pribadi terdiri dari Integritas Diri, Semangat Berprestasi, Kreativitas dan Inovasi, Orientasi pada Pelayanan, Orientasi kepada Orang lain, Kemampuan Beradaptasi, Kemampuan Mengendalikan Diri, Kemampuan Bekerja Mandiri dan Tuntas, Kemauan dan Kemampuan belajar Berkelanjutan, Kemampuan Bekerja Sama dalam Kelompok, Kemampuan Menggerakkan dan Mengoordinasi Orang Lain, Pelayanan Publik, Teknologi Informasi dan Komuikasi, Profesionalisme, dan Jejaring Kerja. Sedangkan berdasarkan Permen PANRB Nomor 23 Tahun 2019, materi Tes Karakteristik Pribadi (TKP) terdiri dari Pelayanan Publik, Sosial Budaya, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Profesionalisme, dan Jejaring Kerja.

Baca juga: PERBEDAAN NILAI MATI SELEKSI KOMPETENSI DASAR TAHUN INI DENGAN TAHUN SEBELUMNYA

Follow bimbel bebas di sosmed

  1. […] Baca juga: Ini perbedaan Materi SKD 2020 dengan 2019 […]

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.