Home » Artikel » Pelaksanaan UTBK ditunda

Pelaksanaan UTBK ditunda

Perubahan Jadwal Pelaksanaan UTBK 2020

Siapa nih yang nggak nyesek, udah belajar buat TKA bikin catetan berlembar-lembar eh ternyata yang diujikan cuma TPS aja hehe.. Btw men-temen nggak ada salahnya juga kalian belajar TKA dengan begitu kalian bisa mempelajari materi yang sebelumnya belum pernah kalian pelajari. Well, karena pendaftaran UTBK ditunda kalian bisa lebih mempersiapkan diri untuk menghadapi tes TPS yang akan diujikan pada UTBK nanti. Masih ada kira-kira waktu 3 bulan untuk fokus belajar TPS.

Seperti yang sudah kalian tahu, pelaksanaan UTBK yang semula dijadwalkan bulan April sampai Mei kini harus ditunda sampai dengan bulan Juli. Tidak hanya jadwal saja namun sistem pelaksanaannya pun juga dirubah.

Sumber: https://ltmpt.ac.id/

Berdasarkan surat edaran yang diterbitkan di laman resmi LTMPT dijelaskan bahwa UTBK tahun ini akan dilaksanakan bulan Juli 2020 dan hanya ada 1 materi yang diujikan yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS). Dalam tes ini, calon mahasiswa akan diukur pada kemampuan kognitif, logika atau nalar dan pemahaman umum. Selain pengurangan materi tes, UTBK tahun ini setiap peserta hanya diijinkan maksimal mengambil satu kali tes saja. Waah berarti kalian harus belajar yang rajin nihh..

Yang menariknya juga tahun ini pendaftaran UTBK dan SBMPTN dilakukan secara bersamaan, perserta harus memilih lokasi test pusat UTBK dan memilih PTN dan program studi tujuan. maksudnya disini adalah peserta langsung menentukan PTN dan program studi tujuan sebelum pelaksanaan UTBK berlangsung, jadi kalian tidak perlu menunggu hasil pengumuman nilai baru mendaftar ke PTN tujuan namun kalian harus mendaftarkannya diawal dan kemudian menunggu hasil diterima atau tidaknya di PTN setelah pelaksanaan UTBK berakhir.

Itu dia sedikit informasi yang bisa mimin sampaikan semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.