» » SOAL MERAGUKAN, JAWAB ATAU KOSONGKAN?

SOAL MERAGUKAN, JAWAB ATAU KOSONGKAN?

diterbitkan pada Artikel, Berita Terbaru | 0

Halo Sobat BeBAS, bagaimana hasil tryout kalian? Sudahkah memenuhi harapan? Atau setidaknya lolos nilai mati? Pada postingan ini kakak mau sedikit membahas bagaimana menghadapi soal TPA/TBI yang meragukan. Jadi buat kalian yang tryoutnya belum sesuai harapan atau bahkan belum lolos nilai mati, ada baiknya baca tulisan ini sampai habis.

Menghadapi Soal Tipe HOST

Nah sudah menjadi rahasia umum kalau soal PMB PKN STAN itu susah-susah gampang, bukan gampang-gampang susah, whehe. Kalau kata kids jaman now sih tipe soalnya HOST, high order thinking skill. Banyak soal mudah yang sengaja dibuat menjebak atau meragukan, tidak sedikit pula soal yang memang susah. Bagaimana menghadapinya? kuy lanjut.

Jadi untuk menghadapi soal tipe HOST ini, selain harus sering latihan kalian juga wajib punya strategi pengerjaan. Ngomongin soal strategi pengerjaan, bagaimana menghadapi soal meragukan, Apakah harus dijawab atau dikosongkan saja? Jawabannya adalah R E L A T I F. Tergantung kamu tipe orang yang lebih banyak taunya, atau lebih banyak ngga taunya.

Kalau kamu tipe orang yang lebih banyak taunya lebih baik kalau kamu kosongkan saja soal yang susah dan meragukan itu. Sebagai contoh, misal kamu sudah yakin benar 50 nomor TPA, 25 nomor TBI. Maka kamu otomatis lolos nilai mati dengan skor 300. Jika ada 20 nomor soal TPA, dan 10 nomor TBI yang susah tapi nekat kamu jawab dan salah semua, maka skormu akan berkurang menjadi 270, meskipun ada sedikit peluang lebih tinggi. Tapi yang namanya hidup kan, cari aman saja penting lolos, yekannn whehe.

Sebaliknya, jika kamu tipe orang yang lebih banyak ngga taunya, lebih baik kamu isi saja soal susah dan meragukan tersebut. Misalkan, kamu cuma yakin benar 30 nomor TPA dan 15 nomor TBI. Maka otomatis kamu tidak lolos nilai mati. Jika ada 20 nomor soal TPA dan 10 nomor TBI yang meragukan, tapi nekat kamu jawab dan benar semua, maka kamu jadi lolos nilai mati dengan perolehan skor 300, meskipun salah setengahnya pun kamu tetap masih mengntongi skor 225. Sekali-kali boleh lah jadi spekulan, whehe.

Cek di Instagram @bimbelbebas karena banyak banget info terbaru dan tips n trick tentang PKN STAN loh! Tersedia juga program bimbel lengkap dan terjangkau. Go follow @bimbelbebas sekarang juga!

https://www.instagram.com/bimbelbebas/

Leave a Reply