» » PKN STAN masih jadi Sekolah Kedinasan Terfavorit di Indonesia

PKN STAN masih jadi Sekolah Kedinasan Terfavorit di Indonesia

diterbitkan pada Artikel | 0

Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) merupakan Sekolah Kedinasan Terfavorit di Indonesia. PKN STAN berada di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia. PKN STAN didirikan dengan dasar hukum Keputusan Presiden RI No.45 Tahun 1974 juncto Keputusan Presiden RI No.12 Tahun 1967 serta dengan landasan hukum Peraturan Menteri Keuangan RI No.1/PMK/1977 tanggal 18 Februari 1977.

Sekolah Kedinasan Terfavorit PKN STAN

Pada penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2018 PKN STAN masih mendominasi sebagai Sekolah Kedinasan Terfavorit di Indonesia. Masih tingginya peminat PKN STAN bisa dikarenakan pola pikir masyarakat yang menilai bahwa kelak lulusan STAN akan bekerja dengan mudah dan mendapat gaji yang cukup tinggi. Program studi yang diselenggarakan oleh PKN STAN untuk lulusan SMA, Madrasah Aliyah dan SMK adalah sebagai berikut :
• Program Studi Diploma III / IV Akuntansi
• Program Studi Diploma I / III Pajak
• Program Studi Diploma III Penilai / Pajak Bumi dan Bangunan
• Program Studi Diploma I / III Kepabeanan dan Cukai
• Program Studi Diploma I / III Kebendaharaan Negara
• Program Studi Diploma III Manajemen Aset
Sedangkan program studi non-reguler yang diselenggarakan oleh PKN STAN adalah :
• Program Studi Diploma IV Akuntansi
• Program Studi Diploma III Akuntansi dengan Kurikulum Khusus
• Program Studi Diploma III Pajak dengan Kurikulum Khusus

Untuk Program Studi Diploma I lama pendidikannya satu tahun (dua semester), bertempat di Kampus PKN STAN Jakarta dan di Balai Diklat Keuangan yang terdapat di delapan daerah, yaitu di Medan, Palembang, Yogyakarta, Malang, Balikpapan, Makassar, Cimahi dan Manado. Untuk Prodgram Studi Diploma III lama pendidikannya tiga tahun (enam semester), bertempat hanya di Kampus PKN STAN Jakarta.Selama pendidikan, mahasiswa tidak dipungut biaya pendidikan dan tidak diasramakan. Pendidikan PKN STAN memakai sistem ikatan dinas sebagaimana ditegaskan kembali dalam Keputusan Menteri Keuangan RI No.289/KMK.014/2004 tanggal 14 Juni 2004 tentang Ketentuan Ikatan Dinas bagi Mahasiswa Program Diploma Bidang Keuangan di Lingkungan Departemen Keuangan RI.

Setelah lulus dari PKN STAN,para alumni PKN STAN kan mengikuti Test Kemampuan Dasar (TKD) yang diselengarakan oleh BKN dengan kesempatan maksimal 3 kali test,kemudian jika lulus TKD maka para lulusan Politeknik Keuangan Negara STAN akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan ditempatkan di instansi-instansi dalam lingkungan Kementerian Keuangan RI dan instansi-instansi pemerintah lainnya, baik di pusat maupun di daerah, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Lulusan PKN STAN juga bisa bekerja di kantor-kantor pusat Kementerian Keuangan seperti di dua lembaga tersebut. Statusnya tetap PNS hanya saja susunan kerja serta tanggung jawabnya berbeda dari yang di Direktorat Jenderal. Intinya, semua lulusan PKN STAN akan bisa diterima kerja di semua bagian Kementerian Keuangan. Namun, Sri Mulyani juga telah memberi pengumuman bahwa sekarang siswa-siswi PKN STAN akan mendapat kesempatan bekerja di kementerian lain.

Ada 10 Kementerian/Lembaga yang akan menerima lulusan PKN STAN, di antaranya:
1. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)
2. Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP)
3. Kemeterian Perhubungan
4. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
5. Kementerian Pertahanan
6. Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
7. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman
8. Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas)
9. Badan Narkotika Nasional
10. Badan Ekonomi Kreatif

Pantas saja PKN STAN masih menjadi Sekolah Kedinasan terfavorit di Indonesia !.
Semakin mantap mau melanjutkan pendidikan di PKN STAN?
Siap-siap ya, karena persaingan dan seleksi untuk bisa masuk ke PKN STAN ini tidak mudah dan perlu perjuangan ekstra!..SEMANGAT !!

 

Tinggalkan Balasan