» » Tips bertahan di kampus Ali Wardhana

Tips bertahan di kampus Ali Wardhana

diterbitkan pada Artikel, Tips dan Trik | 0

Bicara tentang perkuliahan di kampus ini ada satu momok yang membuat sebagian mahasiswa sedikit was-was, D.O(Drop Out). Yaps, bener banget kampus ini terkenal dengan kejamnya aturan drop out yang tidak pandang bulu.

Jadi selama kuliah selain harus mematuhi semua aturan yang ada, mahasiswa juga dituntut untuk menjaga nilai indeks prestasi (IP) untuk tetap di atas 2,75. Lalu bagaimana jika tidak bisa? Pastinya sudah langsung kena drop out dari pihak kampus.

Tips bertahan di kampus Ali Wardhana (PKN STAN)

Untuk kalian yang ingin bercita-cita masuk di kampus ini, atau untuk para maba-miba yang masih bingung harus ngapain, langsung saja check it out.

Nah, berikut akan saya share pengalaman kuliah, bagaimana cara menjaga IP kalian tetap diatas 2,75.

1.   Hindari absen yang tidak terlalu penting.

      Keaktifan selama kuliah akan menjadi pertimbangan dosen dalam menentukan nilai, jadi kalau absen hanya karena malas mending jangan ya gaes.

      Adapun Syarat minimal pertemuan tiap semester adalah 80% dari total SKS, kalau kurang dari itu, maka tidak diperkenankan untuk mengikuti UAS. Dan kalau tidak mengikuti UAS sama saja dengan DO.

2.   Aktif dalam pembelajaran dikelas.

      Dalam perkuliahan akan menjadi poin tersendiri untuk mahasiswa yang aktif dalam menyampaikan ide atau gagasan mereka, seperti bertanya, berdiskusi dan menjawab pertanyaan langsung dari dosen.

      Selain itu, akan mendapat nilai keaktifan yang baik. Karena penentuan nilai akhir ada sekitar 25% – 35% untuk keaktifan. Jadi jangan sungkan untuk bertanya atau malu-malu saat mengemukakan pendapat ya gaes, lumayan buat nambah nilai kamu.

3.   Menyelesaikan tugas sebelum deadline.

      Selama kuliah kalian akan diberikan tugas atau PR seperti halnya di SMA. Alangkah baiknya tugas-tugas yang diberikan diselesaikan tepat waktu untuk mencerminkan kedisiplinan kalian dalam belajar.

      Adapun keuntungan dari menyelesaikan tugas sebelum deadline adalah kalian bisa mengerjakan dengan santai dan teliti serta menghindari menumpuknya tugas yang lain.

4.   Aktif dalam tentir/belajar bersama.

      Dalam beberapa mata kuliah kadang ada satu atau beberapa materi yang susah kita pelajari sendiri, untuk itu penting sekali buat kalian mengikuti tentir-tentir yang ada, baik dari tentir organisasi daerah kalian ataupun dari tentir kelas.

      Biasanya akan dibentuk tentir kalau mendekati UTS dan UAS. So, jangan abaikan kesempatan ini untuk belajar dan sharing ilmu bersama-sama.

5.   Ramah dan santun pada dosen.

      Seperti waktu SMA, dosen juga sama dengan guru yang harus kita hormati dan memiliki perasaan. Bertindak baik dan ramah akan membawa pada kebaikan untuk kita sendiri.

      Selain itu, dosen lah yang mempunyai wewenang penuh atas nilai kalian. Jadi jangan membuat masalah dengan dosen ya gaes, kalaupun pernah salah segera minta maaf.

6.   Patuhi setiap peraturan kedisiplinan yang ada.

      Salah satu pelanggaran disiplin yang sering men-DO mahasiswa adalah menyontek. Di kampus ini jangan harap kalian bisa bertahan mendapatkan nilai bagus dengan cara menyontek. Karena balasan dari pelanggaran ini mutlak langsung DO tanpa peringatan. So, patuhi semua peraturan atau harus angkat koper dari kampus ini.

      Untuk penjelasan lebih detail silahkan buka Aturan Drop Out PKN STAN

Cek di Instagram @bimbelbebas karena banyak banget info terbaru dan tips n trick tentang PKN STAN loh! Tersedia juga program bimbel lengkap dan terjangkau. Go follow @bimbelbebas sekarang juga!

https://www.instagram.com/bimbelbebas/

Leave a Reply