Kebanyakan Peserta USM PKN STAN Hanya Coba-CobaSPMB Politeknik Keuangan Negara STAN (SPMB PKN STAN) merupakan satu-satunya jalur penerimaan mahasiswa baru Politeknik Keuangan Negara STAN. Tidak seperti Universitas Negeri lain yang memiliki beberapa jalur penerimaan, Politeknik Keuangan Negara tidak memiliki sistem penerimaan melalui penilaian rapor maupun jalur mandiri. Itulah sebabnya setiap tahun begitu banyak lulusan SMA/sederajat yang sangat antusias mendaftar Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah Kementerian Keuangan ini.

Pengumuman Pelaksanaan SPMB Politeknik Keuangan Negara STAN tidak dapat diprediksikan. Hal ini dikarenakan kebijakan dari Kementerian Keuangan yang perlu memperoleh kesepakatan terlebih dahulu dengan Kementerian Reformasi Birokrasi dan Pemberdayaan Aparatur Negara atau disingkat Kemenpan RB. Kemenpan yang berhak menentukan jumlah penerimaan mahasiswa baru Politeknik Keuangan Negara STAN karena lulusan PKN STAN nantinya akan diangkat menjadi CPNS.

Di tahun 2015 misalnya, pendaftaran dibuka bulan agustus, tahun 2016 pendaftaran dibuka bilan maret, serta tahun 2017, 2018, dan 2019 di bulan mei. Jadi, kapan pastinya pembukaan penerimaan mahasiswa baru Politeknik Keuangan Negara STAN maka jawabannya adalah menunggu pengumuman resmi dari pihak PKN STAN.