PANDUAN TRY OUT ONLINE

PERSIAPAN MASUK SEKOLAH KEDINASAN, CPNS-ASN, DAN PKN STAN
Judul                       : Try Out Online persiapan Tes Sekolah Kedinasan, CPNS-ASN, dan PKN STAN
Penulis                    : Tri Wiranto
Web Developer       : Seibu Tomasua
Desain Cover          : Tri Wiranto
Hak Cipta                : PT Bebas Inti Cendekia
Cetakan Pertama    : 1 November 2018
Panduan Try Out Online Persiapan Masuk Sekolah Kedinasan, CPNS-ASN, dan PKN STAN/Tri Wiranto; Web Developer Seibu Tomasua; Cet: Jakarta: PT Bebas Inti Cendekia, 2018

 

Pasal 72

1.       Barang siapa dengan sengaja dan tanpa hak melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 49 ayat (1) dan ayat (2) dipidana dengan pidana penjara masing-masing paling singkat 1 (satu) bulan dan/atau denda paling sedikit Rp 1.000.000,00 (satu juta rupiah), atau pidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah).

2.       Barangsiapa dengan sengaja menyiarkan, memamerkan, mengedarkan, atau menjual kepada umum suatu Ciptaan atau barang hasil pelanggaran Hak Cipta atau Hak Terkait sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).

ALAMAT BIMBEL BEBAS:

Jakarta : OXFORD COURSE INDONESIA CEMPAKA PUTIH, Jl. Cempaka Putih Tengah II, No. 1 Blok B4 , Cempaka Putih Permai, Jakarta Pusat | HP 0813-1475-1544 ELC EDUCATION JAKARTA Jl. Sultan Iskandar Muda no 18-G Jakarta Selatan, Tel (021)7233-001 | Tangerang Selatan : BIMBEL QUIN BINTARO Ruko Graha Matercela Jl Bintaro Utama Sektor 3A Blok E No 83, HP 0821-1276-0651 | Surabaya : ELC EDUCATION SURABAYA CITRALAND Jl Puri Widya Kencana Ruko Blok K6/9 Surabaya, HP 082-300-010101 | Makassar : ELC EDUCATION MAKASSAR Jl Lamaddukelleng No.60, Losari, Ujung Pandang Makassar, HP 085-100-007-007 | Pontianak : RUMAH BELAJAR Q LEARNING Jl Sulawesi Nomor 20 Pontianak, HP 0896-9322-4392 | Balikpapan : ELC EDUCATION BALIKPAPAN Jl MT Haryono Nomor 02 Balikpapan, HP 081-34-7272-777 | Samarinda : ELC EDUCATION SAMARINDA Jl Pahlawan Blok F Nomor 5C Samarinda, HP 081-333-607080 | Palu : DIRECT ENGLISH PALU Komplek Ruko Graha Towua Blok C 15&16, Jalan Towua 94 Palu, HP 0813-5135-8885 | Manado : ELC EDUCATION MANADO Jl Sam Ratulangi No. 47 Manado, HP 0821-8879-2555 | Madiun : BIMBEL BEBAS MADIUN Jl S. Parman No 64 Madiun, HP 0813-3425-8832

KATA PENGANTAR

Sistem try out online telah dikembangkan oleh bimbel bebas dibawah naungan PT Bebas Inti Cendekia sejak 2015 dan kini telah memasuki tahap pengembangan aplikasi dengan server milik sendiri. Dalam perjalanan pengembangan sistem try out online ini, bimbel bebas bekerja sama dengan web developer, web desainer, dan android developer.

Jakarta

Tim Penulis

FITUR PENTING DAN SUSUNAN BUKU

Mempersiapkan diri menghadapi penerimaan mahasiswa baru sekolah kedinasan dan penerimaan CPNS tidak melulu tentang latihan mengerjakan soal saja. Perlu pemahaman materi untuk dapat mengerjakan soal dengan cepat dan tepat

  1. PEMBAGIAN WAKTU DAN CARA BELAJAR
    Kebanyakan dari kita sangat kesulitan untuk membagi waktu untuk belajar, apalagi materi seleksi kompetensi dasar sangat banyak dan tidak dapat dibaca hanya sekali saja. Maka dari itu sangat penting bagi Anda untuk mengatur waktu yang terbatas untuk dapat belajar secara efektif.
  1. INFORMASI PENDAFTARAN CPNS
    Beberapa artikel yang penting untuk diketahui sejak dini kami rangkum dan kami susun menjadi suatu bab terpisah yang akan memperkaya wawasan Anda tentang pendaftaran CPNS. Perlu diketahui bahwa tidak jarang pendaftar menemui permasalahan yang terjadi pada saat pendaftaran. Jika Anda sudah mengerti cara mengatasinya maka Anda akan menghemat banyak waktu dan tenaga ketika menemui permasalahan tersebut sehingga waktu Anda dapat Anda gunakan untuk latihan soal.
  1. PEMBAGIAN WAKTU DAN CARA BELAJAR
    Kebanyakan dari kita sangat kesulitan untuk membagi waktu untuk belajar, apalagi materi seleksi kompetensi dasar sangat banyak dan tidak dapat dibaca hanya sekali saja. Maka dari itu sangat penting bagi Anda untuk mengatur waktu yang terbatas untuk dapat belajar secara efektif.
  1. TIPS MENGHADAPI SELEKSI KOMPETENSI DASAR
    Seleksi kompetensi dasar bukan merupakan tes yang sangat susah. Pada dasarnya kita telah belajar materi seleksi kompetensi dasar sejak di jenjang sekolah menengah atas bahkan sejak di bangku sekolah menengah pertama. Tips menghadapi seleksi kompetensi dasar dapat Anda gunakan untuk menghadapi pesaing Anda yang juga sama-sama mempersiapkan diri.
  1. PRE TEST DAN POST TEST ONLINE
    Pre test adalah tes awal yang kami rancang untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dan pengetahuan Anda tentang suatu materi. Setelah Anda mengetahui berapa skor Anda, maka Anda dapat mempelajari materi yang ada di dalam modul. Selanjutnya Anda akan mengerjakan soal post test. Anda dapat membandingkan nilai pre test dan post test Anda. Kebanyakan dari kita akan mengalami peningkatan nilai yang sangat siginifikan apabila kita mempelajari materi yang ada di dalam modul dengan baik dan benar.
  1. LINK ARTIKEL SEPUTAR SEKOLAH KEDINASAN DAN PENERIMAAN CPNS
    Link artikel seputar sekolah kedinasan dan penerimaan CPNS berguna bagi Anda untuk mengetahui lebih dalam sekolah kedinasan yang ingin Anda daftar. Link mengenai penerimaan CPNS berguna bagi Anda untuk mengetahui dan memahami lebih dalam kementerian/lembaga yang ingin Anda daftar.
  1. PREDIKSI TES SELEKSI KOMPETENSI DASAR
    Total ada lima soal prediksi seleksi kompetensi dasar. Dua paket soal pertama kami beri nama pre try out dan post try out. Tiga paket soal lainnya kami beri nama prediksi 3, prediksi 4, dan prediksi 5.

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR

FITUR PENTING DAN SUSUNAN BUKU

DAFTAR ISI

PEMBAGIAN WAKTU DAN CARA BELAJAR

TIPS SAAT UJIAN TERTULIS SPMB PKN STAN

TIPS TES KESEHATAN

TIPS MENGHADAPI UJI KEBUGARAN

TIPS MENGHADAPI PSIKOTES

PRE TEST DAN POST TEST ONLINE

LINK-LINK ARTIKEL SEPUTAR SEKOLAH KEDINASAN DAN CPNS-ASN

PANDUAN MENGGUNAKAN toska

LOGIN

DASHBOARD

MENU PROFIL

MENU SOAL

MENU RANKING

MENU TEMAN

MENU PAKET

MENU PENUKARAN POIN

SIMULASI

PETUNJUK UMUM

FAQ

BANTUAN

LINK E-BOOK TPA DAN SOAL-BAHAS

PEMBAGIAN WAKTU DAN CARA BELAJAR

Banyak sekali kesulitan yang akan dihadapi teman–teman yang ingin masuk sekolah kedinasan atau menjadi CPNS, dan kita harus mempersiapkanya sedini mungkin, agar persiapan yang kita lakukan benar-benar matang.

Banyak yang bilang soal Seleksi Kompetensi Dasar itu sulit. Memang benar peryataan itu! maka belajarlah dengan cara yang Cerdas. Hal ini sangat berguna pada saat proses belajar untuk menyelesaikan beberapa kesulitan yang teman–teman akan alami sebelum melaksanakan seleksi kompetensi dasar.

  1. WAKTU
    Waktu adalah uang! maka, janganlah bermain–main dengan waktu Anda. Dalam belajar terdapat waktu yang paling baik untuk menghitung, menghafal, dan menganalisa. Memang banyak pendapat yang berbeda akan hal ini. Akan tetapi dari segi pengetahuan dan perilaku Rasulullah dan sahabatnya, dapat kami simpulkan bahwa:
  1. Waktu terbaik untuk menghafal adalah waktu sahur yaitu antara jam 3 sampai jam 4.30 pagi. mengapa? Karena pada saat itulah Allah SWT menurunkan rahmatnya untuk setiap insan dengan hawa dan suasana yang menyejukkan hati dan badan, sedikitnya gangguan dari luar, dan badan yg kembali segar dari aktifitas kemarin akan sangat membantu kita untuk berkonsentrasi menghafal ilmu. Maka pada saat inilah kita menghafal rumus, trik cepat mengerjakan, dan kata–kata bahasa indonesia dari materi seleksi kompetensi dasar.
  2. Waktu terbaik untuk membahas soal suatu permasalahan/menghitung/diskusi adalah di awal hari. Hal ini dikarenakan pada awal hari energi dan semangat yang kita miliki telah sampai pada puncaknya dan dengan begitu akan mudah bagi kita untuk berpikir jernih untuk menyelesaikan soal-soal permasalahan. Ditambah lagi dengan udara yang sejuk dan cahaya matahari yang mulai terang akan lebih membantu kita dalam berpikir. Nah, pada saat inilah kita mengerjakan soal-soal try out seleksi kompetensi dasar.
  3. Waktu terbaik untuk menulis atau mencatat adalah sore hari. Hal ini dikarenakan pada saat ini energi kita sudah terkuras, dan semangat belajar kita biasanya akan menurun. Oleh karena itu, cukupkan dengan mencatat hal-hal yang penting dalam mengerjakan tes tertulis. Contohnya untuk soal matematika. Jika terdapat soal yang akan lama waktu pengerjaannya dan telah ada trik pengerjaan soal tersebut, maka catatlah dengan penjelasannya yang sekiranya membuat kita akan ingat apa yang sudah kita catat.
  4. Waktu terbaik untuk menelaah dan mengulang pelajaran adalah malam hari. Dengan keadaan sedikit gangguan dalam belajar dan sudah tidak ada lagi pekerjaan yang harus dikerjakan, membuat pada waktu inilah yang tepat untuk kembali mengingat apa yang sudah dipelajari.
  1. CARA BELAJAR CERDAS
    Selain mengenali waktu belajar yang baik kita perlu membuat suasana belajar juga baik. Pertama–pertama hal yang perlu dilakukan saat belajar adalah memilih tempat yang baik. Untuk masalah ini banyak tempat yang menurut kita baik untuk di jadikan tempat belajar. Tetapi perlu ada pertimbangan bahwa di tempat tersebut tidak terdapat gangguan-gangguan yang melalaikan kita dari belajar, dan usahakan sediakan pada tempat belajar (meja dan kursi/tempat duduk lain). Dengan posisi belajar yang baik diharapkan akan membantu kita dalam belajar. Kedua, Belajarlah dengan suasana yang menyenangkan. Bisa saja seorang lebih senang bila belajar sambil mendengarkan musik/lantunan al-qur’an, sementara beberapa orang lebih suka belajar di suasana yang tenang.

TIPS SAAT UJIAN TERTULIS SPMB PKN STAN

Tes tertulis SPMB PKN STAN adalah tes yang paling sulit dalam SPMB, pada tes ini sebagian besar calon mahasiswa tersisihkan lebih dari ¾ dari semua pendaftar. Oleh karena itu banyak yang harus dipersiapkan di jauh hari sebelum tes berlangsung, seperti pendalaman materi, menjaga kondisi kesehatan, berdoa. dan hal yang paling menentukan adalah hari pelaksanaan tes tertulis tersebut.

Seperti yang kita ketahui pesaing kita dalam masuk PKN STAN sangat banyak dan berkompetensi tinggi, kebanyakan akan merasa tidak percaya diri, walaupun sudah belajar siang malam selama 1 bulan. setidaknya inilah fakta yang terjadi pada prakteknya. faktor inilah yang sering membuat kita gagal dalam  Tes tertulis SPMB PKN STAN.

Melemahnya mental kita, dapat kita kurangi dengan beberapa cara. secara garis besarnya ada 2, yaitu: 1. doa dan silaturahmi, 2. Kesiapan kita pada hari H pelaksanaan tes  tertulis.

  1. DOA DAN SILATURAHMI
    Kecilnya peluang kita untuk masuk PKN STAN seharusnya membuat kita tertunduk dan memahami, bahwa Allah–lah (Tuhan) yang menentukan kita lulus atau gugur . maka setidaknya perbanyaklah Ibadah, sedekah, berdoa, dan silaturahmi  kepada semua anggota keluarga serta teman–teman yang kita miliki, jadi pada satu minggu menjelang tes dimulai  berkelilinglah untuk meminta doa, restu ke sanak saudara dan teman–teman yang kita kenal. bila tidak bisa setidaknya Ibu dan Ayah. Karena dengan bekal itulah rahmat dan ridho Allah (Tuhan) datang. dan khusus bagi yang muslim lakukanlah Sholat Tahajud, diteruskan dengan sholat Witir, sholat Shubuh berjama’ah di masjid, datanglah lebih awal untuk belajar dan luangkan waktu sebelum tes dimulai untuk melakukan sholat dhuha. dengan melakukan hal tersebut, setidaknya akan membekas pada hati kita kesejukan dan ketenangan saat Ujian berlangsung.
  1. CARA MENGHADAPI UJIAN PADA HARI PELAKSANAAN
    Sebetulnya Banyak cara yang mampu menolong kita untuk memenangkan persaingan. tetapi dapat saya ketahui hal–hal yang memang penting untuk dilakukan yaitu:
  1. Persiapkan segala peralatan dan kebutuhan!
    Persiapkan dengan benar segala yang dibutuhkan saat ujian, seperti BPU, KTP atau identitas lainya.
  1. Berikan kesan tenang, senang dan tebarkan psywar pada saingan-saingan  saat tes!
    Rasa tenang dan senang dalam mengerjakan ujian tertulis sangat membantu kita, karena tanpanya kita akan gagal dalam tes walau sepintar apa pun kita. contohnya seperti ini=kita cepat dan mampu mengerjakan soal dengan baik, tetapi karena kita terlalu terburu–buru dan tidank tenang dalam mengerjakan membuat kita memilih jawaban yang salah, walaupun seharusnya jawaban kita sudah benar. satu contoh lagi, kita terlalu terburu – buru dalam mengerjakan soal tanpa melakukan cek, dan pada saat setelah mengerjakan kita langsung mengisinya pada lembar jawab komputer, setelah ada waktu luang  untuk cek ulang ternyata jawabanya salah, Nah jadi susah sendiri jadinya.

sudah jelas memberikan kesan senang dan tenang sangat di butuhkan dalam ujian ini. tetapi akan banyak yang bertanya, apa sih Psywar itu? untuk apa? Bagaimana cara melakukanya? Psywar adalah sebuah ekspresi dan tindakan kita untuk menyerang segi psykologis pesaing dengan menandakan bahwa kita dapat mengerjakan tugasnya dengan mudah, serta menantang  kepada seluruh  isi ruangan, dan yakin bahwa kita pasti lulus. Mengapa dibutuhkan dan bagaimana melakukanya? pada saat ujian berlangsung jangan pernah menunjukkan ekspresi bingung dan kesulitan, walaupun sebenarnya memang tidak bisa mengerjakan, justru seharusnya tunjukkanlah ekspresi bisa dan mudah. Dengan Psywar secara otomatis akan membangun mental kita dan menurunkan kepercayaan diri lawan pada satu ruangan. cukup simpel untuk melakukanya, cukup dengan senyum, tertawa kecil tanda mudah, menggoyang–menggoyangkan kepala, dan tindakan lainya. Hal ini akan membuat mereka bingung, tidak fokus, dan kaget. Bayangkan anda dalam tes merasa kesulitan sementara ada orang disamping anda melakukan Psywar tersebut, anda pasti berfikir dan berkata dalam hati “waah kacau, sainganku soal sulit begini masih tenang santai saja! bakal sulit lulus tes nih, kalau semuanya pintar kayak dia“. maka dari itu lakukan Psywar saat ujian berlangsung. Intinya pada saat tes, kita perlu menyerang para pesaing kita melalui psykologisnya. Dengan begitu maka kita dapat meninggikan peluang kita untuk Lulus dalam SPMB

  1. Pengerjaan Soal
    Kerjakanlah soal yang anda anggap paling mudah dahulu! ingat dalam tes tertulis ini  terdapat sistem nilai mati yaitu:
Jenis Ujian Waktu Jumlah

Soal

Penilaian Ambang

Batas

Seleksi Kemampuan Dasar
Tes Wawasan

Kebangsaan

90

menit

35 Salah: 0, benar: 5, tidak

meniawab: 0

75
Tes Intelegensia Umum 30 Salah: 0, benar: 5, tidak

meniawab: 0

80

 

Tes Karakteristik Pribadi 35 Nilai terendah: 1,

tertinggi: 5, tidak

meniawab: 0

143
Tes Potensi Akademik 40

menit

45 Salah: -1, benar: 4, tidak

menjawab: 0

67
Tes Bahasa Inggris 20

menit

30 Salah: -1, benar: 4, tidak

menjawab: 0

30

Maka usahakanlah kejar nilai mati dahulu. setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda–beda. ada yang pandai dalam berhitung, mudah menghafal, cepat memahami masalah dalam soal, dll.

TIPS TES KESEHATAN

Mengapa tes kesehatan penting untuk diperhatikan? Karena tes ini menentukan layak atau tidaknya kalian untuk lanjut ke tes kebugaran. Ada banyak item yang dinilai dalam tes kesehatan, yaitu: tinggi badan, berat badan, buta warna, tekanan darah, nadi, varises, kulit, mata, gigi dan mulut, THT, jantung, paru-paru, perut, hati atau limpa, kelenjar getah bening, anggota gerak, haemorhoid, serta sikap dan kelakuan sewaktu diperiksa.

Nah dari sekian banyak yang disebutkan di atas ada yang harus digaris bawahi karena tidak ada toleransi untuk hal ini, apa saja itu:

  1. TEKANAN DARAH
    Dinyatakan gagal apabila tekanan darah sistolik  160 dan tekanan darah diastolik   100
  1. DENYUT NADI
    Dinyatakan gagal apabila berlebih (takikardi) dengan  120/menit
  1. JANTUNG

Dinyatakan gagal apabila irama jantung tidak beraturan atau ada bunyi tambahan yang dapat menganggu aktivitas berlari

  1. PARU-PARU
    Dinyatakan gagal apabila terdapat kelainan tingkat akut ronchi-wheezing
  1. ANGGOTA GERAK TUBUH
    Dinyatakan gagal apabila tidak sempurna/utuh yang dapat menghambat aktivitas sehari-hari
  1. HAEMORHOID
    Dinyatakan gagal apabila terdapat kelainan haemorhoid (wasir) tingkat berat. Hal ini hanya dicek apabila terdapat kecurigaan dokter, kalu tidak ya tidak akan diperiksa.

Ada catatan nih, misalnya ditemukan beberapa hal di atas ketika pemeriksaan maka tidak langsung dinyatakan gagal. Melainkan disuruh istirahat dulu kira-kira 30 menit kemudian dilakukan pemeriksaan ulang. Kalau tetap sama berarti dengan sangat berat hari dinyatakan tidak direkomendasikan untuk melanjutkan ke tes kebugaran.

Tapi jangan takut ya adik-adik karena itu kemungkinan gagal itu kecil sekali terjadinya, biasanya sih gampang-gampang aja buat lolos dan direkomendasikan lanjut mengikuti tes kebugaran. Nah saran dari Bimbel Bebas bagi Anda yang hendak melaksanakan tes kesehatan adalah melakukan terlebih dahulu pemeriksaan kesehatan/medical check up ke klinik/puskesmas terdekat. Supaya kalau ada kelainan bisa disembuhkan terlebih dahulu sebelum hari H TKK.

TIPS MENGHADAPI UJI KEBUGARAN

Ketika kita telah lulus tes tulis, jangan dikira itu merupakan jaminan dapat menjadi mahasiswa sekolah kedinasan ataupun CPNS. Beberapa instansi mengharuskan Anda melalui langkah menghadapi uji kebugaran terlebih dahulu. Langkah menghadapi uji kebugaran dilakukan dalam waktu satu hari. Peserta akan melakukan Tes kesehatan terlebih dahulu sebelum melakukan langkah menghadapi uji kebugaran. Dari kedua tes tersebut, uji kebugaranlah yang banyak menggugurkan peserta. Tidak adanya pandangan tentang apa yang dilakukan pada langkah menghadapi uji kebugaran, dan ketidaktahuan tentang hal-hal apa saja yang masuk dalam penilaian saat tes adalah hal yang sering menggagalkan peserta. Dalam artikel ini kami akan berbagi apa saja langkah-langkah untuk mengatasi uji kebugaran. Pada uji kebugaran terdapat dua tes yaitu: lari keliling lapangan selama 12 menit dan lari angka 8 atau shuttle run.

  1. LANGKAH MENGHADAPI UJI KEBUGARAN PKN STAN PERTAMA
    Pada langkah menghadapi uji kebugaran kali ini, panjang lintasan/keliling lapangan pada setiap daerah tes berbeda-beda, keliling lapangan untuk tes ini adalah 350 meter sampai 400 meter. Pada tes berlari mengelilingi lapangan dalam 12 menit terdapat hal yang sangat penting untuk kita lakukan yaitu: selama 12 menit berlari, kita harus terus menjaga tempo kecepatan lari kita dan jangan sampai berjalan atau bahkan berhenti. Faktor terpenting dalam tes ini adalah semangat dan tekad kita. Maka lebih baik bagi kita untuk melakukan lari kecil terlebih dahulu pada awal mula berlari dan naikkan temponya, dari lari kecil ke semakin cepat. Hal yang ikut menentukan adalah rasa percaya diri kita. Dalam tes ini bila kita merasa gugup, jantung kita lebih banyak berdetak dan membuat tempo pernafasan kita tidak stabil, hal ini paling riskan dan banyak terjadi pada awal memulai lari. Sehingga kita sudah kehabisan nafas sejak awal tes dan tidak dapat melanjutkanya dengan berlari lagi, maka Jangan pernah gugup!, lakukanlah dengan tenang, aturlah pernapasan dengan sebaik mungkin. Selain penilaian dari semangat kita, pengawas juga akan menilai kita dari jarak yang di tempuh. Memang belum benar-benar jelas tentang jarak minimal dalam tes ini , tetapi anggaplah jarak minimal yang harus ditempuh selama 12 menit adalah 6 kali putaran untuk panjang lintasan 400 meter atau 2,4 Km, maka berlatihlah dengan giat dan sungguh-sungguh. Sering-seringlah berlari mengelilingi lapangan terutama pada saat fajar atau pagi hari. pakailah jam tangan atau stopwacth sehingga dapat mengetahui banyaknya putaran yang sudah dilakukan dalam 12 menit. usahakan minimal 6 putaran dalam 12 menit saat berlatih, agar badan kita terbiasa dan tidak tegang saat tes.

Perlu diketahui bahwa saat kita berlari ada urutan tentang kelelahan yang kita alami dalam berlari:

  1. Bagian dari tubuh kita yang pertama kali mengalami kelelahan adalah kaki kita, tepatnya dari telapak kaki hingga ke lutut, otot kaki kita akan menegang dan jelas akan mengganggu pergerakan kita. Untuk mengatasi masalah ini diperlukan latihan-latihan beberapa hari sebelumnya, setidaknya dalam 5 hari sebelum tes dilaksanakan, lakukanlah lari keliling lapangan pada saat pagi hari dalam 4 hari, dan pergunakanlah waktu di hari terakhir untuk relaksasi, beristirahat, dan menjaga tubuh agar benar-benar fit saat tes lari nantinya. Untuk lebih baiknya kita banyak minum suplemen seperti madu dan obat herbal sehat lainya.
  2. Kedua adalah pernafasan kita yaitu akan terasa sakit pada bagian diafragma kita saat kita berlari, hal ini dapat kita cegah dengan berlari secara tenang, tidak gugup, dan bernafas dengan tempo yang teratur. Saat kita dalam kondisi berlari cobalah bernafas dengan mengambil oksigen dengan mulut dan mengeluarkan karbon dioksida melalui mulut pula. Dengan bernapas melalui mulut memungkinkan kita untuk mengambil oksigen lebih banyak dan membuang karbon dioksida lebih banyak juga, jika kita bernapas saat berlari menggunakan hidung akan membuat otot-otot wajah mengencang dan rahang cenderung mengepal atau mengeras. sedangkan bernapas melalui mulut dapat mendorong otot-otot wajah untuk rileks sehingga menciptakan ketenangan dan lebi santai dalam berlari. Selain cara itu, kita juga harus mengambil napas pendek dan dangkal agar lebih mudah mengatur napas. Dengan begitu setidaknya dapat memperlama ketahanan tubuh kita.
  3. Ketiga adalah terjadi rasa pening atau pusing. Hal ini terjadi karena disamping badan kita sudah kelelahan, kita juga sudah mengalami dehidrasi. Maka dari itu sebelum kita memulai tes pastikan bahwa kita sudah makan dan sudah minum dengan cukup. Tetapi jangan berlebihan! Berlari saat keadaan kembung/atau kekenyangan pasti akan mengganggu stabilitas tubuh kita. Untuk lebih aman makanlah suplemen, madu, dan obat herbal lainnya pada jauh hari.
  1. LANGKAH MENGHADAPI UJI KEBUGARAN PKN STAN KEDUA
    Berlari angka 8. Pada langkah menghadapi uji kebugaran ini peserta akan di sediakan lintasan berupa 2 tiang yang jaraknya sekitar 10 meter yang sudah ditancapkan ke tanah. pengawas akan memberikan instruksi-intruksi untuk melakukan putaran angka 8. intruksi yang biasanya diberikan adalah dengan berlari dari samping kanan tiang satu, menuju ke bagian kiri tiang dilakukan selama 3 putaran dengan lari sepat (sprint). Sejak memasuki putaran pertama maka lakukanlah sprint secepatnya. Berbeda dengan lari keliling lapangan, dalam tes lari angka 8 tidak menghabiskan banyak tenaga. maka dari itu, kerahkanlah segala kemampuan pada tes lari 12 menit. Perlu saya tekankan bahwa lolos tidaknya kita dalam ujian, sangat bergantung pada ketentuan Tuhan(Allah). Maka perbaikilah setiap sikap kita, perbanyaklah ibadah, perbaiki hubungan silaturahmi, dan mintalah restu dari kedua Orang tua.

TIPS MENGHADAPI PSIKOTES

Tes psikologi atau psikotes adalah bidang yang ditandai dengan penggunaan sampel perilaku untuk menilai konstruksi psikologis, seperti fungsi kognitif dan emosional, tentang individu tertentu. Istilah teknis untuk ilmu di balik tes psikologis adalah Psikometrik. Dengan sampel perilaku, berarti pengamatan dari tugas melakukan individu yang biasanya telah ditentukan sebelumnya, yang sering berarti nilai pada ujian. Respon ini sering dikompilasi ke dalam tabel statistik yang memungkinkan evaluator untuk membandingkan perilaku individu yang diuji terhadap tanggapan kelompok norma. Tes Psikologi juga meliputi tes kepribadian seseorang untuk mengetahui watak, mental, dan emosi seseorang di mana biasanya tes ini ditujukan untuk mengetahui bakat, minat yang cocok terhadap seseorang.

  1. Persiapan 30 menit 08.00-08.30
    1. Pemandu akan membacakan tata tertib selama tes berlangsung, kapan Anda boleh ke toilet, dan apa saja yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan.
    2. Anda akan diminta mematikan handphone, memakukkan ke dalam tas termasuk semua peralatan yang tidak diperlukan, dan meletakkan tas di depan, samping, atau belakang ruang ujian. Peralatan yang boleh berada di atas meja adalah sebagai berikut:
      1. Pulpen;
      2. Pulpen cadangan;
      3. Pensil 2B;
      4. Pensil 2B cadangan;
      5. Pensil HB;
      6. Pensil HB cadangan;
      7. Penghapus;
      8. Rautan;
      9. Bukti Peserta Ujian.
    3. Bawalah minum dan asupan makanan seperti susu dan madu. Bisa jadi pengawas ujian memperbolehkan peserta untuk makan dan minum selama ujian. Hal ini sangat Anda butuhkan dimana waktu ujian psikotes yang sangat lama (5 jam) membuat stamina Anda terkuras.
  2. Isi biodata + Kelebihan + Kekurangan 10 menit 08.30-08.40
    1. Pada tahap ini Anda diminta untuk menuliskan curriculum vitae Anda secara lengkap.
    2. Anda juga diminta untuk mengisi kapan Anda masuk SD, kapan Anda keluar SD, kapan Anda masuk SMP hingga pendidikan terakhir Anda.
    3. Anda diminta untuk mengisi riwayat organisasi. Tuliskan sedetail mungkin dari SMP jika memungkinkan.
    4. Anda diminta untuk mengisi analisis SWOT pada diri Anda.
    5. Lakukan latihan menulis biodata ini sebelum tes terutama mengenai riwayat organisasi dan kelebihan, kekurangan, peluang, serta ancaman yang ada pada diri Anda.
  3. Gambar Warteg 8 Kotak 10 menit 08.40-08.50
    1. Dari delapan kotak yang telah disediakan, pastikan ada minimal 2 atau 3 kotak dimana Anda menggambar makhluk hidup.
    2. Makhluk hidup yang Anda pilih bebas baik dari tumbuhan maupun hewan seperti bunga, pohon, jamur, burung, kupu-kupu, ataupun ubur-ubur.
    3. Anda akan diminta menuliskan urutan dari gambar Anda. Mana kotak yang paling awal Anda gambar hingga yang terakhir.
    4. Gambar secara detail objek yang Anda bayangkan, di akhir gambar Anda akan diminta menuliskan mana gambar yang paling sulit Anda gambar, mana gambar yang paling mudah Anda gambar, mana gambar yang paling Anda sukai.
    5. Lakukan latihan ini seseringmungkin dan pastisan Anda sudah memiliki imajinasi yang kuat pada saat psikotes.
  4. Gambar Pohon 10 menit 08.50-09.00
    1. Gambar pohon yang memiliki buah seperti pohon mangga, pohon sukun, pohon nangka, pohon apel, ataupun pohon rambutan.
    2. Gambar mulai dari akar, batang utama, ranting, buah, hingga daun.
    3. Gambar daun sedetail mungkin, walaupun sekilas nampak akan memakan waktu yang sangat lama, namun begitu kenyataannya Anda akan dapat menyelesaikan gambar tersebut dalam 10 menit.
    4. Beri garis pada pohon seakan pohon tersebut tidak mulus tetapi memiliki serat-serat lekukan sebagaimana pohon pada umumnya.
    5. Pastikan Anda mengetahui mana yang lebih besar antara buah dengan daun dari pohon yang Anda gambar. Misalnya antara daun mangga dan buah mangga, panjang daun adalah sama walaupun buah mangga lebih lebar daripada daun mangga. Kebanyakan dari kita menggambar buah jauh lebih besar dari pada daun mangga sehingga terlihat tida proporsional.
  5. Gambar Orang 10 menit 09.00-09.10
    1. Gambar orang yang sedang melakukan aktifitas
    2. Gambar merupakan refleksi siapa diri Anda, makan imajinasikan Anda sedang menggambar diri Anda sendiri.
    3. Gambar secara cepat, tegas, dan hindari melakukan kesalahan coretan.
    4. Gambar dengan detail sampai kepada aksesorir yang dipakai orang yang Anda gambar. Misalnya nametag, jam tangan, pulpen, pointer, laptop, maupun handphone.
    5. Berikan keterangan nama lengkap orang yang Anda gambar, usia orang yang Anda gambar (boleh berbeda dengan usia Anda saat tes), aktivitas dari orang yang Anda gambar.
    6. Sebelum tes, cobalah untuk menggambar sesering mungkin dengan gambar yang sama yang ada dalam imajinasi Anda, sehingga pada tes sebenarnya nanti Anda tidak perlu berpikir apa yang akan Anda gambar.
    7. Gambar Anda tidak perlu bagus, tetapi detail dan bersih dari bekas coretan.
  6. PAPI Costick 90 Soal 2 soal pilih salah satu 45 menit 09.10-09.55

Ada sembilan puluh (90) pasang soal, pilihlah satu dari setiap pasang tersebut yang Anda anggap paling baik. Bila tidak ada satupun dari sebuah pasangan pernyataan yan cocok, pilihlah yang Anda anggap paling mendefinisikan diri Anda. Isilah jawaban pada kolom yang sudah disediakan pada setiap pernyataan yang Anda pilih.

Contoh:
Saya adalah pekerja keras
Saya tidak mudah murung

Salam hal ini Anda memilih pernyataan “a”, karena pernyataan “a” merupakan gambaran diri Anda. Tetapi apabila pernyataan “b” lebih menggambarkan diri Anda, maka pilihlah pernyataan “b”

  1. DISC 16 soal 30 menit 09.55-10.25
    1. Tujuan dari tes ini adalah untuk mengetahui kepribadian Anda apakah termasuk Dominance, Influence, Steadiness dan Compliance.
    2. Format tes ini dapat berbeda-beda pada setiap instansi penyelenggara tes.
    3. Pilihlah pernyataan yang paling merefleksikan diri Anda.
  2. Istirahat 15 menit 10.25-10.40
  3. Pauli 60 menit 10.40-11.40
    1. Anda diminta untuk menjumlahkan angka atas dan bawah dan menuliskan jawaban berupa angka belakangnya saja pada area kosong ditengah-tengah angka tersebut.
    2. Berlatihlah dengan sering sehingga Anda dapat mengerjakan soal dengan cepat.
    3. Pastikan kecepatan pengerjaan Anda konsisten.
  4. TIK 450 Soal (Tes Informasi Kepribadian) 45 menit 11.40-12.25
    1. Tes Informasi Kepribadian ditujukan untuk mengetahui kepribadian Anda. Dalam tes ini akan disuguhkan beberapa pernyataan. Tugas Anda adalah memilih apakah Anda setuju atau tidak dengan pernyataan tersebut.
    2. Anda akan memilih antara Sangat Tidak Setuju, Tidak Setuju, Setuju, hingga Sangat Setuju.
    3. Pastikan Anda memngerjakan dengan cepat tanpa berpikir panjang karena jumlah soal yang sangat banyak dan waktu yang sangat terbatas.
    4. Pastikan Anda menjawab sesuai dengan kepribadian Anda karena soal dapat saja berulang. Apabila Anda mengerjakan sesuai dengan kepribadian Anda, Anda akan memilih jawaban dengan konsisten. Dalam artian walaupun soal berulang-ulang, jawaban yang Anda berikan terhadap pernyataan tersebut akan tetap sama.
  5. Realisasi 08.00-13.00 (35 menit persiapan dan spare untuk tahapan tes selanjutnya)
    1. Waktu, tahapan tes, jumlah soal, dan jenis tes dapat saja berbeda antara satu instansi dengan instansi lainnya. Kami menyajikan informasi psikotes yang umum dan paling banyak digunakan.
    2. Kebanyakan peserta menganggap psikotes merupakan tes yang tidak perlu dipelajari. Kenyataannya banyak peserta yang gagal pada tahapan ini karena memandang remeh tes ini.
    3. Anda tetap harus belajar terutama melatih kemampuan menggambar, kecepatan berhitung, serta membaca banyak artikel mengenai kepribadian seperti apa yang dibutuhkan dalam dunia kerja.
    4. Kami sengaja tidak mencantumkan keterangan waktu pada jam seperti WIB, WITA, maupun WIT karena tegantung dari lokasi psikotes peserta ujian.

PRE TEST DAN POST TEST ONLINE

TES WAWASAN KEBANGSAAN
No. JUDUL PRE POST
URL URL
1 Konsep dan Pengertian Negara dan Bangsa, serta Sistem http://gg.gg/5apr0 http://gg.gg/5apq3
2 Pancasila http://gg.gg/5aprc http://gg.gg/5apr4
3 Bendera dan Lambang Negara Indonesia http://gg.gg/5apsx http://gg.gg/5aprj
4 Undang-Undang Dasar 1945 http://gg.gg/5apsz http://gg.gg/5apt7
5 Masa Penjajahan Belanda http://gg.gg/5aptd http://gg.gg/5apta
6 Masa Penjajahan Jepang http://gg.gg/5apto http://gg.gg/5aptl
7 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia http://gg.gg/5apua http://gg.gg/5apty
8 Sistem Pemerintahan Indonesia Pasca Proklamasi Kemerdekaan I http://gg.gg/5apv4 http://gg.gg/5nxr2
9 Sistem Pemerintahan Indonesia Pasca Proklamasi Kemerdekaan http://gg.gg/5aq0y http://gg.gg/5aq16
10 Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Pasca http://gg.gg/5aq1b http://gg.gg/5aq1e
11 Konstitusi yang Berlaku di Indonesia http://gg.gg/5aq1i http://gg.gg/5aq1n
12 Perjanjian dan Organisasi Internasional http://gg.gg/5aq1q http://gg.gg/5aq1s
13 Revolusi-revolusi yang Terjadi di Dunia http://gg.gg/5aq1y
14 Review materi Tes Kompetensi Dasar http://gg.gg/5aq29 http://gg.gg/5aq2j

 

TES INTELEJENSIA UMUM
No. JUDUL PRE POST
URL URL
1 Sinonim, Antonim http://gg.gg/5aqc5 http://gg.gg/5aqc7
2 Analogi http://gg.gg/5aqca http://gg.gg/5aqcb
3 Wacana, Paragraf http://gg.gg/5aqcp http://gg.gg/5aqkt
4 Hitung Cepat: Akar dan Pangkat http://gg.gg/5ar4i http://gg.gg/5ard7
5 Operasi Bilangan dan Exponen http://gg.gg/5ardc http://gg.gg/5ardf
6 Hubungan X dan Y http://gg.gg/5ardl http://gg.gg/5ardn
7 Persamaan Linear dan Kuadrat http://gg.gg/5ardu http://gg.gg/5are6
8 Kecepatan http://gg.gg/5aref http://gg.gg/5arek
9 Pengukuran http://gg.gg/5arey http://gg.gg/5arf4
10 Rata-Rata http://gg.gg/5arf8 http://gg.gg/5arfb
11 Presentase http://gg.gg/5arfi http://gg.gg/5arfn
12 Rabat dan Laba http://gg.gg/5arft http://gg.gg/5arfw
13 Rasio (Selisih Uang, Umur, dan Partisi) http://gg.gg/5arg0 http://gg.gg/5arg1
14 Perbandingan lurus dan terbalik http://gg.gg/5arg5 http://gg.gg/5arg9
15 Pekerjaan yang dilakukan bersama http://gg.gg/5argc http://gg.gg/5nxm9
16 Himpunan dan Probabilitas http://gg.gg/5argm http://gg.gg/5argh
17 Silogisme http://gg.gg/5argt http://gg.gg/5argo
18 Garis dan Sudut http://gg.gg/5argw http://gg.gg/5arh2
19 Bangun Datar http://gg.gg/5arhb http://gg.gg/5arhg
20 Bangun Ruang http://gg.gg/5arh6 http://gg.gg/5arha

PANDUAN MENGGUNAKAN TOSKA

 

LOGIN

  1. Pertama silahkan buka di browser anda baik itu google chrome atau sejenisnya lalu masukan link ini http://to.bimbelbebas.com/

Maka ankan muncul tampilan seperti ini

  1. Lalu pilih tombol login Jika Anda sudah pernah mendaftar atau memiliki akun voucher paket platinum
  2. Jika Anda belum pernah mendaftar dan juga belum memiliki voucher paker platinum, maka klik tombol ini untuk membeli voucher try out online platinum atau Anda juga dapat klik register

Akan muncul gambar seperti ini

  1. Silahkan isi sesuai data Anda dan setelah di isi maka silahkan klik tombol register yang ada pada gambar tersebut
  2. Setelah Anda klik tombol register maka Anda langsung masuk kehalaman TO

DASHBOARD

  1. Skor

Di tampilan ini kita bisa meliat Scrore Hasil yang kita kerjakan

  1. Pada dashboard kita bisa melihat data hasil kita contoh ranking, total scrore dan lain-lain
  2. Skor Per Kategori
  3. Riwayat Try Out

Kita bisa melihat sampai Try out berapa.

  1. Jadwal
  2. Tagihan
  3. Pesanan

MENU PROFIL

  1. Di menu ini kita bisa melihat tampilan data pribadi kita, dari paket,Score, Rank, sampai ke Timlene kita bisa kita lihat di menu Profile.
  2. Untuk Mengubah foto profil kita hanya perlu mengklik gambar foto kita maka akan muncul tampilan seperti ini.
  3. Maka pilih tombol Choose File untuk memilih foto yang kita inginkan, setelah selesai meimilh maka silahkan tekan tombol Upload yang berwarna orange.
  4. Selain merubah foto profil, kita juga bisa merubah data-data kita seperti nama, email, password dan lain-lain.
  5. Caranya klik tab Setting pada gambar di bawah ini.
  6. Setelah di ubah maka silahkan simpan data yang tadi di ubah.

MENU SOAL

  1. di menu soal di sini lah kita bisa melihat soal untuk TO.bimbelbebas.
  2. Gambar di atas bisa kita lihat terdapat bnyak pilihan to. Silahkan pilih dari yang pertama lalu akan muncul tampilan seperti ini.
  3. Lalu lanjutkan klik pembahasan dan kita bisa melihat soalnya.
  4. Ini untuk melihat hasil akhir dari apa yang kita kerjakan.

MENU RANKING

  1. Di menu ini kita bisa melihat Ranking kita setiap Soal TO yang kita kerjakan.
  2. Klik salah satu soal TO nya maka kita akan meliahat hasil yang kita kerjakan.

MENU TEMAN

Kita bisa melihat teman-teman kita beserda datanya.

MENU PAKET

Terdapat 4 paket dan kita bebas untuk meilih.

MENU PENUKARAN POIN

  1. Di menu ini kita bisa menukarkan point yang kita dapat ke berbagau hadiah yang di sediakan.
  2. Cara untuk menukarkan point nya cukup mudah dengan cara klik tombol Claim atau Tukar pada hadiah yang di sediakan, dan lalu muncul tampilan seperti ini.
  3. Maka langsung klik tombol Tukar lagi.
  4. Dan akan muncul tampilan seperti ini.
  5. Dan barang berhasil di klaim atau tukar.

SIMULASI

Simulasi adalah suatu fitur yang bisa anda lihat video untuk mengerjakan Try Out nya.

PETUNJUK UMUM

Jika kita bingung tentang pembayaran silahkan cek fitur ini.

FAQ

Fitu ini mnnyediakan pertanyaan atau masalah yang biasa terjadi untuk pemesanan.

BANTUAN

  1. Fitur ini bisa mengirim keluhan atau permaslaahn kita dengan cara menekan tombol Kirim Tiket ke Admin
  2. Dengan itu tampilan nya seperti ini.
  3. Dan tinggal simpan.

LINK E-BOOK TPA DAN SOAL BAHAS