Home » Soal Post Test TPA Wacana Paragraf

Soal Post Test TPA Wacana Paragraf

Selamat datang di Post Test TPA Wacana Paragraf

Nama Lengkap
Nomor Handphone
Id Line
Alamat Email
Asal Sekolah
Kota Asal
1.

Wacana paragraf
Green House, sebuah tempat tinggal di kawasan hijau Jakarta. Kawasan ini memiliki daya tarik khusus bagi penggemar seni. Mereka yang menyukai kehidupan alami dan seni, inilah tempatnya. Banyak seniman yang tampak di rumah mereka menggelar kemampuan seni seperti melukis, latihan drama di kebun, bahkan menari di panggung rumah. Justru inilah daya tarik yang muncul. Setiap orang ingin melihat keunikan ini.
Unsur intrinsik yang menonjol dalam penggalan cerpen ini adalah ....

2.

Dengan tambahan medali emas dari Taufik,Indonesia untuk sementara mengoleksi dua emas. Bahkan emas Taufik mungkin emas terakhir kontingen RI di Asian Games kali ini. Dari tahun ke tahun atau dari waktu ke waktu prestasi olah raga di Indonesia di berbagai kejuaraan seperti Asian Games tetap berada diurutan kelas kambing. Tidak sebanding dengan jumlah penduduk yang berjumlah lebih dari 200 juta jiwa.
Kalimat kritikan untuk ilustrasi di atas adalah ....

3.

Bacalah paragraf di bawah untuk menjawab soalno 3 dan 4!
Metode penelitian merupakan cara ilmiah yang digunakan untuk mendapatkan data dengan tujuan tertentu. Cara ilmiah berarti kegiatan itu dilandasi oleh metode keilmuan. Menurut Jujun Suriasumantri, metode keilmuan ini merupakan gabungan antara pendekatan rasional dan empiris. Pendekatan rasional memberikan kerangka berpikir yang koheren dan logis. Pendekatan empiris memberikan kerangka pengujian dalam memastikan suatu kebenaran. Dengan cara yang ilmiah, diharapakan data yang akan diperoleh data yang objektif, valid, dan reliabel. Objektf berarti semua orang akan memberikan penafsiran yang sama; valid berarti adanya ketepatan antara data yang terkumpul oleh peneliti dengan data yang trejadi pada objek yang sesungguhnya; dan reliabel berarti adanya ketepatan atau konsistensi data yang diambil dari waktu ke waktu.
Hal yang tidak sesuai dengan bacaan di atas adalah ....

4.

Topik yang mendasari alinea pertama adalah ....

5.

Ketua Pusat Studi Lingkungan (PSL) Univer-sitas Haheoleo, Kendari Ir. Abdul Manan, M. Sc. mengatakan dalam setiap program pengelolaan dan penyehatan lingkungan perlu ditanamkan pendidikan lingkungan sejak dini. ”Baik pendidikan formal maupun nonformal sangat berpengaruh besar dalam pengelolaan lingkungan karena hanya dengan masyarakat terpelajar, masalah lingkungan dapat dipecahkan dengan masyarakat terpelajar, masalah lingkungan dapat dipecahkan dengan bijaksana. katanya kepada Antara di Kendari.
Gagasan pokok paragraf di atas adalah ....

6.

Bacalah paragraf berikut!
Saat ini, menurut ahli kependudukan, tingkat pertumbuhan secara nasional memang hanya 1,98 % per tahun. (2) Namun, angka itu harus tetap diwaspadai. (3) Alasannya, usaha menurunkan ting-kat pertumbuhan saat ini belum mantap, apalagi terdapat variasi pertumbuhan penduduk di berbagai daerah. (4) Mungkin ada yang jauh di atas rata-rata. (5) Kalimantan Timur, misalnya, mencapai 4,4 % per tahun, pulau Sumatera 2,67. Sementara daerah-daerah yang program KB-nya berhasil seperti pulau Jawa hanya 1,6%.

Yang bukan opini dalam paragraf di atas adalah kalimat nomor ....

7.

Bacalah paragraf deskripsi berikut!
Pernahkah Anda melihat Badak bercula satu? Culanya terdapat di atas moncong melengkung seperti gading Gajah. Postur tubuhnya lebih pendek daripada Kerbau. Kakinya pendek, begitu pula ekornya...

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf deskripsi tersebut adalah ....

8.

SMP AL IKHLAS akan membangun lapangan basket. Padahal sudah tidak ada lagi lahan ko-song di SMP AL IKHLAS. Satu-satunya tempat yang dimungkinkan menjadi lapangan basket adalah taman sekolah. Taman itu letaknya di depan deretan kelas. Oleh para siswa, taman itu dijadikan tempat bersantai saat istirahat tiba. Guru-guru dan siswa juga seringkali melakukan kegiatan pembelajaran di sana. Kepala sekolah telah memutuskan untuk mengubah taman itu menjadi lapangan basket tanpa pertimbangan dari guru dan siswa.
Kritikan yang tepat terhadap sikap kepala sekolah adalah ....

9.

Penanganan masalah penyalahgunaan narkoba tidak dilakukan dengan tuntas. Banyak peristiwa narkoba yang hilang begitu saja tanpa diketahui proses hukum berikutnya. Satu peristiwa yang mengoyak hati masyarakat adalah vonis 20 tahun penjara terhadap terdakwa pemilik hampir 1 ton narkoba yang ditemukan di Teluk Naga. Semestinya vonis yang dijatuhkan kepada pemilik pabrik narkoba tersebut adalah hukuman mati atau seumur hidup.
Informasi yang bertentangan pada kutipan berita tersebut adalah ....

10.

Tajuk rencana berikut untuk menjawab soal nomor 10, Bacalah dengan cermat!
Awak angkutan bus kota rupanya tidak mau ketinggalan dengan menjulangnya harga sembako. Mereka ada yang menaikkan tarif bus kota reguler dari Rp. 300,00 per penumpang. Bagi masyarakat kecil, uang Rp 200,00 untuk tambahan ongkos bus kota memang akan mempengaruhi biaya hidup mereka. Bila bolak-balik berarti sehari harus menambah Rp 400,00 per hari. Bila sebulan Rp 10.000,00 tambahnya.
Awak angkutan juga pusing menghadapi naiknya harga beras, gula, minyak goreng, dan kebutuhan lainnya. Belum lagi tuntutan biaya sekolah anak, padahal penghasilannya tetap. Persoalannya adalah penumpang bus reguler tentu orang berkantong serba pas. Bisa jadi serba kurang, sehingga tambahan pengeluaran Rp 10.000,00 per bulan bisa bikin pusing. Maka apapun alasan awak angkutan, menaikkan tarif di luar aturan sulit dibenarkan. Mereka harus menyadari kondisinya sekarang, sama-sama kerepotan untuk memenuhi hidup sehari-hari, sopir susah, rakyat kecil pun susah.

Kalimat utama yang terdapat pada paragraf pertama adalah ....


Sebelum mengumpulkan jawaban, pastikan data diri yang kamu masukan benar!



Tinggalkan Balasan