Home » Try Out Tes Intelegensia Umum Berbasis CAT ke-10

Try Out Tes Intelegensia Umum Berbasis CAT ke-10

Selamat datang di Try Out Tes Intelegensia Umum Berbasis CAT ke-10

Nama Lengkap
Nomor Handphone
Id Line
Alamat Email
Asal Sekolah
Kota Asal
1.

SINONIM
EPIGON = ....

2.

ANTONIM
ARBITRER x ....

3.

ANALOGI
RISET : DATA = ....

4.

PARAGRAF
Bacalah paragraf di bawah ini!
Perlu dijelaskan sebagai aparatus komunikasi, bahasa memiliki rupa-rupa keterbatasan dan ketidaksempurnaan. Banyak kekuranglengkapan yang melekat erat di dalam sosok bahasa itu sendiri, yang pada gilirannya justru akan mencuatkan aneka kesalahpahaman. Sebab pertama dari kekuranglengkapan dan ketidaksempurnaan bahasa adalah ihwal penandaan atau penyimbolan unsur-unsur kebahasaan. Penandaan komponen-komponen bahasa tersebut lazimnya dilakukan secara konvensional maupun inkonvensional.
Gagasan utama paragraf di atas adalah ....

5.

Bacalah paragraf berikut!
Realitas kemiskinan tidaklah sederhana. Apakah kriteria yang tepat untuk kemiskinan dan siapakah yang termasuk di dalamnya? Hal itu tidak dapat dijawab hanya dari sederet angka tentang seberapa besar jumlah orang yang tingkat biaya konsumsinya tidak mencapai garis kemiskinan. Kenyataan yang ada justru jauh lebih sulit. Biro Pusat Statistika DKI Jakarta sendiri memberikan indikator penduduk miskin, yakni penduduk dengan rumah berlantai tanah, luas rumah kurang dari 8 M2, pola makan tidak berganti-ganti, dan tidak mampu membeli pakaian baru. Badan Pusat Statistik (nasional) mendefinisikan garis kemiskinan dari besarnya rupiah yang dibelanjakan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi setara dengan 2.100 kalori per kapita per hari, ditambah kebutuhan pokok lainnya, seperti sandang, perumahan, kesehatan, dan pendidikan. Sementara itu, Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP) mendefinisikannya sebagai orang yang bekerja dengan pendapatan dua dolar AS atau sekitar Rp 17.000,00 per hari.
Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf di atas adalah ....

6.

BILANGAN, AKAR DAN PECAHAN
a dan b merupakan bilangan bulat positif. Jika a dibagi 6 sisa 3, dan b dibagi 6 sisa 1, maka berapakah sisanya jika a*b dibagi 3?

7.

Tentukan nilai pecahan dari angka desimal: 0,90909090909090 ....

8.

9.

PERBANDINGAN & PENGUKURAN
Citra mengerjakan tugas pemetaan untuk wilayah Jabodetabek. Ia akan menggunakan skala 1:250.000 dalam peta tersebut. Berapakah panjang garis lurus yang bisa ditarik antara kota Jakarta dengan Bogor, jika jarak sebenarnya antar dua kota tersebut adalah 55 Km?

10.

Suatu konser musik berbayar di pedesaan dihadiri oleh sejumlah penonton. Harga tiket penonton dewasa adalah Rp 20.000,00 sementara harga tiket anak-anak adalah Rp 7.500,00. Jika panitia penjualan mendapatkan uang senilai RP 2.500.000,00 dari hasil penjualan tiket secara keseluruhan, maka berapakah banyaknya penonton anak-anak jika jumlah penonton dewasa adalah sebanyak 40% dari total penonton?

11.

Agustin dan Arya terpisah sejau 260 Km, dan mereka ingin bertemu di kota Q. Kecepatan mobil yang ditempuh Agustin adalah 80 Km/jam dan ia berangkat pada pukul 08.00. sementara Arya menggunakan Porsche nya menggunakan kecepatan 120 Km/jam dimana ia berangkat lebih lambat 20 menit dari Agustin. Jika mereka berdua sampai di kota Q pada saat yang bersamaan, berapakah selisih jarak yang sudah ditempuh Arya dan Agustin?

12.

Pemerintah pusat melakukan penyaluran bantuan untuk korban kabut asap di provinsi Riau berupa: baju bekas sebanyak 12 kodi, mie instan sebanyak 15 lusin, dan peralatan mandi sebanyak 250 gross. Berapa banyak kah total item barang yang diberikan Pemerintah Pusat?

13.

BANGUN DATAR DAN RUANG
Sebuah kubus besar memiliki volume sebesar 512 cm³. Berapa banyak kubus kecil dengan panjang sisi 4 cm bisa dimasukan ke dalam kubus besar tersebut?

14.

Jika jari-jari lingkaran besar adalah: 10 Cm, jari-jari lingkaran a adalah: 2 Cm dan lingkaran b adalah 4 cm, maka berapakah keliling segitiga?

15.

Suatu agar-agar berbentuk balok dengan ukuran 33 Cm x 6 Cm x 12 Cm yang akan dipotong - potong sehingga berbentuk kubus. Berapa banyak agar-agar berbentuk kubus dengan ukuran terbesar yang bisa dibuat?

16.

Sebuah halaman rumah berbentuk lingkaran, dengan diameter 20 m. Di tengah halaman tersebut terdapat kolam berbentuk persegi panjang dengan ukuran 9 x 6 meter. Di bagian luar kolam ditanami rumput dengan biaya penanaman Rp 15.000,00 per m2. Tentukan biaya penanaman rumput yang diperlukan!

17.

BARISAN DAN DERET
50%, 4/3, 3/12, 3/2, 3/24,6, ....

18.

O, T, S, R, W, ....

19.

½, 0, -1/4, -2/5, -1/2, ....

20.

Sebuah bangku penonton di sebuah stadion daerah ditata sedemikian rupa sehingga setiap deret ke belakang akan memiliki perbedaan sebanyak 20 kursi. Jika barisan paling depan berjumlah 50 penonton dan ada 70 baris ke belakang, berapakah kapasitas dari stadion daerah tersebut?

21.

LOGIKA POSISI
Untuk soal nomor 21 s.d. 23, gunakan informasi di bawah ini:
Ada 3 karyawati di sebuah perusahaan, mereka adalah Alice, Beatrice, dan Chintia. Diantara mereka ada 2 orang sangat cerdas, 2 orang sangat cantik, 2 orang sangat artistic dan 2 orang sangat kaya. Setiap karyawati hanya dan harus mempunyai sifat diatas sebanyak 3 sifat.
Ketentuan lebih lanjut sebagai berikut:
-Dari Alice diketahui, bila dia sangat cantik, maka dia sangat kaya;
-Dari Beatrice dan Chintia diketahui bila dia sangat cantik, maka dia tidak artistic;
-Dari Alice dan Chintia diketahui bila dia sangat kaya maka dia sangat artistic;
-Dari Alice dan Beatrice diketahui bila dia sangat cantik, maka dia tidak cerdas;
-Beatrice dan Chintia sangat cerdas.

Manakah diantara ketiga orang tersebut yang sangat miskin?

22.

Manakah diantara ketiga mereka yang paling bodoh?

23.

Sifat yang dimiliki oleh Alice adalah?

24.

LOGIKA MATEMATIKA & SILOGISME
Semua strawberry memiliki rasa manis. Semua yang manis disukai oleh anak-anak. Jadi, ....

25.

Pengurus partai seharusnya bersifat jujur. Sebagian menteri pernah menjadi pengurus partai, kesimpulannya adalah ....

26.

Semua wanita ingin menikah dengan pasangan yang dicintainya agar bahagia. Sebagian wanita terpaksa menikah dengan orang yang tidak dicintainya. Astrina baru saja menikah dan ia bahagia. Maka, ....

27.

Semua mahasiswa sudah menggunakan email. Sebagian pengguna email mengakses emailnya dari smartphone. Sayangnya, sebagian kecil mahasiswa yang menggunakan smartphone.

28.

HIMPUNAN DAN PELUANG
Di dalam sebuah ruangan kerja, ada 120 orang. Jumlah pria yang ada di ruangan tersebut adalah 50, 28 diantaranya berambut lurus. Jika jumlah orang berambut lurus seluruhnya ada 80 orang, berapa banyak wanita yang tidak berambut lurus?

29.

Andika mengambil sebuah keranjang berisi 15 buah mangga, yang mana 10 diantaranya belum matang. Kemudian ia mengambil 5 buah mangga. Peluang paling sedikit mendapatkan mangga yang matang adalah ....

30.

Di sebuah kelas terdapat 40 siswa dengan hoby kebanyakan adalah traveling dan photography. Akan tetapi ada juga yang menyukai selain keduanya, yakni sebanyak 4 orang. Jika yang hoby traveling ada 22 dan yang suka photography ada 21, berapakah penyuka hoby keduanya?


Sebelum mengumpulkan jawaban, pastikan data diri yang kamu masukan benar!



Tinggalkan Balasan