Home » Try Out Tes Intelegensia Umum Berbasis CAT ke-13

Try Out Tes Intelegensia Umum Berbasis CAT ke-13

Selamat datang di Try Out Tes Intelegensia Umum Berbasis CAT ke-13

Nama Lengkap
Nomor Handphone
Id Line
Alamat Email
Asal Sekolah
Kota Asal
1.

SINONIM
Abonemen : ....

2.

Derek : ....

3.

ANTONIM
Daksina : ....

4.

Lazim : ....

5.

Mata : Air Mata = ....

6.

Awal : Akhir = ....

7.

PARAGRAF
Rencana Bank Sentral Amerika Serikat, Federal Reserve (the Fed), menaikkan suku bunga acuan Fed Funds Rate (FFR) pada pertengahan tahun ini diyakkini bakan menimbulkan tekanan yang cukup kuat terhadap ekonomi Indonesia.
Pemerintah sudah menyiapkan resep untuk meredam efek FFR tersebut. Deputi Koordinator Fiskal dan Moneter Kementerian Koordinator Perekonomian Bobby Hamzar Rafinus mengatakan, resep tersebut adalah paket ekonomi yang terdiri atas enam kebijakan yang belum lama ini diumumkan pemerintah.
Dijelaskan, masing-masing kebijakan yang ada di dalam paket tersebut mempunyai sasaran dan target masing-masing. Tax allowance, misalnya, kebijakan pemberian fasilitas pengurangan pajak penghasilan untuk perusahaan asing tersebut bertujuan supaya arus modal keluar yang dihasilkan dari laba dapat ditanamkan di Indonesia. Kemudian, pembebasan visa bagi 30 negara akan menarik valuta asing kedalam negeri.
Untuk jangka panjang, Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Enny Sri Hartati, mengusulkan agar pemerintah sebaiknya dapat segera membahas kembali penngesahan Rancangan Undang-Undang Jaring Pengaman Sistem Keuangan (JPSK). Menurutnya, JPSK penting agar ada payung hukum dan kepastian mengenai langkah-langkah antissipatif guna meminimalkan risiko global (Harian Republika, 1 April 2015).
Berdasarkan isinya, paragraf tersebut termasuk dalam jenis paragraf ....

8.

Obat kanker ternyata dapat membantu menyembuhkan penyakit alzheimer. Para ilmuwan dari Yale school of medicine berhasil mengembalikan memori dan hubungan diantara sel-sel otak dengan menyuntikkan obat kanker eksperimental pada tikus.
Penelitian terbaru itu melibatkan obat AZD05030 yang dikembangkan Astra Zeneca. Dalam penelitian sebelumnya, obat tersebut dinyatakan gagal mengobati tumor solid.
Namun, penelitian terbaru mengungkapkan, AZD05030 membantu kerusakan yang dipicu selama pembentukan plak amiloid-beta, salah satu ciri awal dari alzhemeir. Obat itu mampu memblokir aktivitas enzim FYN, yang menyebabkan hilangnya hubungan sinaptik antara sel-sel otak dan penyakit neurodegenratif. Temuan tersebut diterbitkan dalam jurnal Annals of Neurology (Counselheal/Fox/X-8, dalam harian Media Indonesia, 2 April 2015)
Judul yang tepat untuk paragraf di atas adalah ....

9.

BILANGAN, AKAR, PECAHAN
83 1/3% dari 4290 adalah ....

10.

Berapakah nilai akar pangkat tiga dari 97.336?

11.

45 x 55 + 85 x 75 - 35 x 45 = ....

12.

PERBANDINGAN & PENGUKURAN
Sebuah kapal akan menyeberang dari Merak menuju Bakauheni yang berjarak 96 Km. Pada kilometer ke 33, kapal mengalami kebocoran 10 Liter/menit. Untuk mengurangi masuknya air dalam kapal, digunakan pompa dengan kecepatan 300 Liter/jam. Kapal akan tenggelam jika air yang masuk mencapai 105 Liter. Berapa kecepatan minimum kapal agar tetap sampai pada tujuan?

13.

Sebotol sirup dapat dibuat 80 gelas minuman jika dilarutkan dalam air dengan perbandingan 2 bagian sirup dan 3 bagian air. Berapa gelas minuman yang diperoleh dari dua botol sirup jika perbandingan larutannya 1 bagian sirup dan 4 bagian air?

14.

Sebuah pabrik memiliki 3 buah mesin yaitu A, B, dan C. Jika A dan B bekerja, mesin tersebut dapat menghasilkan 1.200 ton produk. Jika B dan C bekerja, produk dapat menghasilkan 450 ton produk. Namun jika A, B, dan C bekerja produk yang dapat dihasilkan adalah 1.500 ton. Berpakah kapasitas produksi, apabila hanya mesin C yang bekerja?

15.

Jika perbandingan kelereng Andi dan Bedu adalah 6:5, sedangkan perbandingan kelereng Bedu dan Cantik adalah 4:3. Jika selisih kelereng Andi dan Cantik adalah 9. Berapakah banyak kelereng Bedu?

16.

BANGUN DATAR & RUANG
Sebuah tabung memiliki tinggi 3 cm dan jari-jari sama dengan sebuah bola yang memiliki luas permukaan 616 cm². Volume tabung tersebut adalah ... cm³

17.

Sebuah persegi panjang memiliki luas dua kali kelilingnya. Jika panjang persegi panjang tersebut 6 cm. Berapakah lebarnya?

18.

Sebuah kerucut jari-jarinya di diubah 1/3 kali semula sedangkan tingginya diubah 9 kali dari sebelumnya. Maka perubahan volume kerucut tersebut adalah ....

19.

1/4, 1/2, 5/4, 7/4, 5/2, ..., ....

20.

729 625 529 441 ....

21.

4, 5, 6, 6, 10, 4, 8, 20, 2 ..., ....

22.

2, 4, 12, 48, 240, ....

23.

LOGIKA POSISI
Soal untuk nomer 23 hingga 25
Dalam sebuah lahan parkir tersedia enam tempat parkir yang saling berjajar. Lima buah mobil berwarna abu-abu, biru, hijau, merah, dan hitam akan diparkir pada tempat tersebut dengan ketentuan sebagai berikut:
- Mobil hitam diparkir pada nomer 3.
- Mobil hijau diparkir disamping mobil biru.
- Mobil abu-abu tidak boleh diparkir disebelah mobil merah.

Jika mobil abu-abu diparkir pada nomer 1, maka tempat parkir yang kosong adalah ....

24.

berjajar. Lima buah mobil berwarna abu-abu, biru, hijau, merah, dan hitam akan diparkir pada tempat tersebut dengan ketentuan sebagai berikut:
- Mobil hitam diparkir pada nomer 3.
- Mobil hijau diparkir disamping mobil biru.
- Mobil abu-abu tidak boleh diparkir disebelah mobil merah.

Jika mobil merah dipakrkir pada nomer 2, bagian mana yang kosong?

25.

berjajar. Lima buah mobil berwarna abu-abu, biru, hijau, merah, dan hitam akan diparkir pada tempat tersebut dengan ketentuan sebagai berikut:
- Mobil hitam diparkir pada nomer 3.
- Mobil hijau diparkir disamping mobil biru.
- Mobil abu-abu tidak boleh diparkir disebelah mobil merah.

Jika terdapat satu mobil lagi, yaitu mobil putih yang menepati nomer 3, sedangkan mobil hitam menepati nomer 5. Maka kemungkinan yang tepat dari masing-masing mobil adalah ....

26.

LOGIKA MATEMATIKA & PENARIKAN KESIMPULAN
Setiap siswa yang suka menulis juga suka membaca. Semua siswa yang suka menggambar juga suka membaca. Sebagian siswa yang suka menulis juga suka menggambar.

27.

Semua batuan yang terbentuk pada suhu dan tekanan yang tinggi tidak mudah pecah. Permata merupakan batuan yang terbentuk pada suhu dan tekanan yuang tinggi.

28.

HIMPUNAN & PELUANG
Dari kota A menuju kota B dapat dilayani dengan menggunakan 3 bis dan dari B ke C dapat dilayani menggunakan 4 bis. Ali pergi menuju kota C dari kota A dan kembali lagi ke kota yang sama. Jika saat kembali dari C ke A Ali tidak menggunakan bis yang sama, maka banyak cara yang ditempuh Ali adalah ... cara

29.

Dari 1, 2, 3, 4, 5 banyak cara yang dibuat untuk menyusun empat angka dengan angka awal 3 dan boleh berulang adalah ....

30.

Sebuah kantung berisi 55 kelereng hitam, 60 kelereng putih, dan beberapa kelereng abu-abu. Jika diambil satu kelereng dari kantung tersebut, kemungkinan terambilnya kelereng abu-abu adalah 25/48. Banyaknya kelereng abu-abu adalah ....


Sebelum mengumpulkan jawaban, pastikan data diri yang kamu masukan benar!



Tinggalkan Balasan